Memasukan data per kategori ke pos masing-masing

  1. 3 tahun lalu

    Halo teman2, sebelumnya salam kenal

    ada hal yang mau saya tanyakan nih.. apakah bisa jika saya menginginkan data tertentu untuk langsung masuk ke sheet yang sesuai dengan nama tertentu.. jika pakai vlookup kan harus menggunakan data unik sedangkan yg saya butuhkan ada lah misal suplier a akan masuk langsung ke sheet a, b akan langsung ke b dan seterusnya.. terimakasih sebelumnya

  2. Caton

    20 Agu 2021 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin

    @raibarong ...

    Kalau pertanyaannya bisa atau tidaknya, tergantung bagaimana maksud atau tujuan dari proses yang Anda sendiri ingin capai, maunya pake formula atau diotomasi menggunakan macro VBA.

    Kalau menggunakan Excel formula, saya yakin kemungkinannya bisa namun dengan batasan teknis tertentu. Misalkan saja :

    — Sheet pertama (asumsikan sebagai sheet INPUT) dibuat tabel induk untuk data induk yang akan diinput.
    — Pada sheet kedua (asumsikan sebagai sheet SUPPLIER ABC), tabel transaksi hanya akan menampilkan data dari tabel induk pada sheet INPUT dengan kriteria nama pemasok = SUPPLIER ABC.
    — Pada sheet ketiga (asumsikan sebagai sheet SUPPLIER XYZ), tabel transaksi hanya akan menampilkan data dari tabel induk pada sheet INPUT dengan kriteria nama pemasok = SUPPLIER XYZ.

    Relasi data seperti di atas masih dimungkinkan disusun dengan menggunakan formula Excel.

    Namun oleh karena tidak semua proses otomasi bisa dilakukan menggunakan formula Excel, paling tidak (kemungkinan) harus ada tabel bantu atau nama range yang harus disiapkan. Meskipun demikian, pilihan otomasinya tetap terbatas, setidaknya tetap ada hal-hal tertentu yang secara teknis bersifat tetap sesuai aturannya. Misalkan saja, Anda tidak bisa membuat Excel memindahkan nilai yang Anda input pada sel A1 pada Sheet1 ke sel Z1 pada sheet yang sama atau ke sheet berbeda, dan kemudian mengkosongkan sel A1 yang telah diinput tersebut secara otomatis. Hal-hal seperti ini yang biasanya diotomasi melalui macro VBA, misalkan dengan menggunakan form untuk menginput data. Di forum ini ada banyak contoh yang bisa dipelajari.

    Demikian.

  3. sudah saya coba, tapi jadinya beraaaaat sekali hehe.. saya akan cari di forum untuk VBAnya.. terimakasih @Caton

  4. Caton

    27 Agu 2021 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin

    @raibarong ...

    Kalau saja ada contoh yang dilampirkan terkait apa yang sudah Anda coba, mungkin bisa diketahui masalahnya dimana dan solusi apa yang bisa diterapkan...

    Demikian.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!