Memindahkan Data ke sheet lain

  1. 7 tahun lalu

    Selamat pagi, new user nih
    Mau tanya, gmn caranya memindahkan data dari sheet master ke sheet lain sesuai kriteria, hampir sama sprti di filter/sort tapi lgsug di pindahkan k sheet lain tanpa copy manual

    mohon bantuannya terima kasih

  2. Menggunakan filter dan hasil datanya bisa tercopy ke sheet lain bisa menggunakan advanced filter @Irsan Widi ;Prasetyo

  3. Caton

    1 Sep 2017 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin

    Coba dipelajari file yang saya lampirkan berikut. Ada dua cara yang menurut saya bisa dilakukan. Pertama menggunakan formula dengan kolom bantu untuk menyusun ulang indeks baris hasil dari filter data (catatan: bila jumlah baris datanya banyak/ribuan, dapat membuat proses menjadi sangat lambat), dan satu lagi menggunakan macro. Karena tidak ada lampiran bagaimana bentuk tabel data yang akan difilter, jadi saya gunakan tabel data versi saya. Semoga bisa dijadikan solusi...

  4. 6 tahun lalu

    Terima kasih mas @Caton @Zolydck solusinya, maaf nih baru reply lg, nanti coba dipahami dulu pelan2 karena saya belom tau bgt ttg macro excel hehe

  5. Ijin belajar file nya om @Caton
    mungkin ada yg bisa sy pake di case saya

  6. Caton

    4 Okt 2017 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin

    @mbozonese ... Silahkan bro, ini diskusi terbuka, jadi filenya juga bebas untuk digunakan ;)

  7. izin unduh filenya ya master excel @Caton ...

  8. izin belajar filenya mas caton..... tetapi saya jadi ada pertanyaaan nih mas... bisa ngak apabila setiap hasil autofilter di simpan ke sheet baru/sheet yang berbeda sesuai dengan kriteria autofilter. akan tetapi datanya masih link ke file induk....

    terima kasih sebelumya....

  9. Caton

    6 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin

    Silahkan mas @Nafis2006... ;) File tersebut memang untuk dipelajari, dimodifikasi dan digunakan sesuai kebutuhan.

    Mengenai hal yang ditanyakan, saya yakin maksud mas @Nafis2006 adalah menampilkan hasil filter pada workbook berbeda khan?! Karena jika hanya antar sheet, file terlampir di atas memang dimaksudkan untuk itu... :)

    Untuk sheet TES - FORMULA, tidak masalah jika berbeda workbook (file), selama file sumber datanya masih terkait. Coba saja salin (copy) atau pindahkan (move) sheet TES - FORMULA ke workbook berbeda, kemudian lakukan filter pada file sumber datanya, dan lihat hasilnya pada sheet TES - FORMULA tersebut. Silahkan dicoba... ;)

  10. Betul mas caton, saya sudah coba copy sheet TES-FORMULA hasil dari autofilter tersebut... tetapi semua hasil copy sheet nya menampilkan autofilter sesuai kriteria yang sama.
    apakah bisa dicopy dengan berbeda menjadi beberapa sheet.
    contohnya: copy sheet yang 1 menampilkan hasil autofilter kriteria coloum PRIORITY " HIGH".
    copy sheet yang 2 menampilkan hasil autofilter kriteria coloum PRIORITY " critical".
    copy sheet yang 3 menampilkan hasil autofilter coloum PRIORITY " medium".
    sehingga tidak tercopy semua row yang ada.

    terima kasih sebelumnya.

  11. Caton

    6 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin

    Ya gak bisa dong... :) Khan proses filternya dilakukan secara manual pada sheet MASTER. Formulasi yang digunakan pada sheet TES - FORMULA khan hanya untuk menyusun kembali baris data berdasarkan nilai indeks pada kolom bantu (HELPER) pada sheet MASTER.

    Proses sebagaimana yang mas @Nafis2006 maksudkan baiknya dilakukan menggunakan tabel/kolom bantu bagi masing-masing sheet target, jadi tidak mengandalkan proses filter manual pada sumber datanya (sheet MASTER misalnya). Mungkin file yang saya lampirkan pada diskusi ini bisa dijadikan gambaran. Meskipun pada diskusi tersebut proses filter masih dilakukan pada sheet sumber datanya (sheet DATA) dengan acuan kriteria dari sheet target (sheet TES), namun dengan beberapa modifikasi maka dapat dibuatkan hasil filter per sheet... ;)

  12. Caton

    6 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin

    Atau mas @Nafis2006 pelajari file terlampir sebagai contoh... ;)

  13. terima kasih banyak mas caton atas penjelasannya..... met sukses selalu yah..

  14. Caton

    7 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin

    Oke mas bro... sukses selalu juga untuk mas bro... ;)

  15. Mas caton..... saya masih coba belajar dari file ini, terlampir saya sampaikan file yang sudah saya gabungkan. tetapi sepertinya masih ada errornya.. mohon dibantu dan saya mau minta tolong untuk menghilangkan "0" apabila tidak ada datanya.

    mohon petunjuk
    terima kasih

  16. Caton

    7 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin

    Coba mas @Nafis2006 periksa kembali file terlampir. Saat ini saya hanya mencoba memperbaiki kesalahan penyusunan indeks baris datanya saja. Oleh karena ada beberapa baris yang sepertinya merupakan Header Group dari data dibawahnya (contoh: PIPA DRAIN CHILLER (PVC AW)), maka harus ditandai (kolom HLP pada tabel MASTER) agar tidak dimunculkan pada saat difilter dengan formula pada sheet lainnya. Sedangkan untuk menghilangkan nilai 0 jika data tidak ada, mas bisa gunakan Custom Cell Formatting menggunakan Conditional Formatting... ;)

  17. terimakasih banyak mas atas bantuannya......

  18. Mas Caton...... saya coba tambah datanya kemudian copy sheet lagi untuk kategory yang lain kok tidak muncul yah.... masih dari file yang sama.

    terima kasih

  19. Caton

    8 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin

    Coba periksa pada kolom B di sheet kategori, apakah ada nilai indeks yang muncul. Jika tidak ada, periksa apakah teks pada sel H2 (dropdown list) sama dengan teks pada kolom F di sheet MASTER. Mungkin ada spasi atau karakter lainnya pada salah satu range yang saya sebutkan. Atau upload saja filenya... ;)

  20. Mas Caton..... filenya masih sama dengan yang sudah diperbaiki diatas mas....
    saya upload kembali mas...

    terima kasih banyak

  21. Newer ›
 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!