Menentukan Keterangan Karyawan Hadir pada setiap tanggal.

  1. tahun lalu

    Selamat malam para master.... Salam kenal saya maja setiawan dari bekasi

  2. Selamat malam para master ....mohon bantuan nya menyelesaikan permasalahan yang saya hadapi.
    Pada study kasus ini di lembar kerja Ms,Excel Saya buat 3 Sheet
    1. Sheet Master FINGER
    2.DB-Rekap Absensi Karyawan
    3.R1-Rekap Absensi Karyawan.

    Untuk no 1* Sheet master finger ini data yang di Export Ke Excel dari sister finger print karyawan.
    Yang menjadi pertanyaan saya adalah :
    Bagaimana cara nya menampilkan "H" pada sheet R1-Rekap absensi karyawan ??

    "H" adalah Hadir.
    Berikut saya lampirkan file nya ....

    Terima kasih master

  3. saya kesulitan mengolah data, karena data yang di master finger hanya mengandung 2 hari.. terlebih patokan hadir itu berdasarkan hasil di colom O (gabungan) atau kita mengecek ulang?
    tentu akan lebih mudah jika hanya mengambil data berdasarkan NIK,TGL, dan Hasil Gabungan.. tetapi itu datanya tidak sesuai..hehe

  4. Caton

    3 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.596 Poin

    Untuk kriteria pengambilan data, seperti kata mas @Zolydck, baiknya data dikalkulasikan berdasarkan kolom NIK, kolom TANGGAL dan HASIL GABUNGAN. Namun, yang perlu diperhatikan adalah data pada sheet MASTER FINGER. Beberapa hal yang perlu dilakukan terhadap sheet MASTER FINGER antara lain:

    + Untuk kolom TANGGAL, tipe nilainya lebih baik dikonversikan dahulu dari format TEXT menjadi format DATE. Atau dibuatkan kolom tambahan untuk mengubah tipe nilainya dari teks menjadi bilangan (angka). Hal ini akan menghemat bentuk formula yang akan disusun.

    + Hapus baris-baris kosong yang tidak terpakai. Sort dahulu datanya secara Ascending (misalnya pada kolom NIK), kemudian lihat dibaris terakhir apakah ada baris-baris kosong. Meski tidak harus, namun disarankan. Formulasi yang saya gunakan pada file terlampir memanfaatkan Dynamic Named Range dengan proses kalkulasi terhadap baris data yang terisi.

    + Yang paling penting, adalah nilai-nilai pada kolom H, I, J dan kolom K, serta formulasi pada kolom M, N dan kolom O. Misalkan pada sel M2, dengan formulasi:

    =IF($H2<=8;"H";"TH")

    akan bermasalah ketika sel H2 kosong, karena Excel menetapkan nilai sel kosong sebagai 0 ketika sel kosong tersebut direferensikan ke dalam formula. Jelas 0 < 8. Sehingga formulasi pada sel M2 tersebut akan bernilai TRUE. Nilai dari sel M2 otomatis akan mempengaruhi nilai pada sel O2 dikarenakan nilai pada sel M2 digunakan dalam formulasi pada sel O2. Dan sebagaimana halnya pada kolom TANGGAL, lebih baik tipe nilai pada kolom H, I, J dan kolom K diubah menjadi tipe/format TIME (tidak mesti, namun disarankan).

    + Sebaiknya kurangi baris data yang ditampilkan pada sheet DB-Rekap Absensi Karyawan. Bisa dengan cara membuat proses tampilan data otomatis hanya per departemen, atau memisahkan data per departemen menjadi per sheet atau bahkan per file (workbook). Pada sheet MASTER FINGER, dengan data 2 hari saja sudah sebanyak itu, bagaimana dengan data satu bulan? Jika seluruh sel pada range F8:AK410 pada sheet DB-Rekap Absensi Karyawan diisi formulanya, akan membuat proses kalkulasi berjalan (sangat) lambat...

    Sebagai permulaan, saya lampirkan contoh formulasinya pada sheet DB-Rekap Absensi Karyawan. Silahkan didiskusikan kembali jika perlu... ;)

  5. Terima kasih master atas masukan nya@Caton @Zolydck ... Saya akan pelajari dan dalami terlebih dahulu. Selanjutnya saya akan coba buat masing masing departemen di satu sheet yang berbeda.

  6. Caton

    4 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.596 Poin

    Sama-sama mas @Maja Setiawan... Saya bukan master, hanya mencoba membantu saja. Silahkan diskusikan kembali jika ada kendala, semoga saya atau rekan-rekan lain dapat membantu... ;)

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!