Input data berdasarkan data tertentu VBA

  1. 11 bulan yang lalu

    Selamat Siang
    maap master semua, mau tannya kalo mau iput ata beda sheet (sheet1 buat Input, Sheet2 tempat simpannya) pake makro ada buttonnya gmana ya?? tp input datanya berdasarkan pilihan (contohnya nama)
    soalnya saya baru mau belajar baca dari punya orang kurang ngerti, tp saya udah bikin excelnya cuma vb nya masih belum di isi
    saya lampirkan data nya
    mohon pencerahannya
    terimakasih

  2. ini filenya

    Tanya.xlsx

  3. Caton

    30 Okt 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin

    Ada banyak cara untuk melakukan proses sebagaimana yang mas @Andri Wahani inginkan, baik dengan menggunakan tombol per baris data (sebagaimana yang mas @Andri Wahani inginkan), maupun hanya dengan menggunakan satu tombol saja.

    Yang kerap saya temukan, jika menggunakan satu tombol per baris (baik dengan Button Control maupun dengan Shape Object), prosedur untuk menangani prosesnya dibuat sebanyak tombol yang dibuat dengan nama prosedur berupa indeks tombolnya, misalkan untuk tombol ke-1 prosedurnya SimpanData1, tombol ke-2 prosedurnya SimpanData2 dan seterusnya. Saya merasa hal tersebut tidaklah efektif. Apalagi jika jumlah barisnya bersifat dinamis dan banyak, proses menyusun kode VBA-nya akan sangat merepotkan.

    Namun jika memang ingin menyusun proses penyimpanan data per baris data dengan menggunakan satu tombol untuk setiap barisnya, yang perlu dipikirkan adalah bagaimana seluruh tombol tersebut dapat diproses hanya dengan satu prosedur saja.

    Untuk membantu mas @Andri Wahani memahami proses menyimpan atau menyalin data antar sheet sesuai indeks baris data, coba dipelajari dari file terlampir. Saya buatkan dua sheet untuk input (sheet TES-A dan sheet TES-B) dan satu sheet untuk datanya. Pada sheet TES-A, proses menyimpan data menggunakan tombol per baris data dengan satu prosedur untuk memproses penyimpanan, dan pada sheet TES-B proses penyimpanan dilakukan setelah proses input selesai menggunakan satu tombol. Pada tabel input di sheet TES-B, kolom X digunakan sebagai penanda (status) jika terjadi perubahan disetiap baris pada kolom NILAI. Selain dengan kolom bantu tersebut, bisa juga menggunakan Array untuk menyimpan status edit dari baris data. Namun untuk sementara ini, cukup menggunakan kolom bantu (yang bisa disembunyikan) sebagai penyimpan status edit dari baris data.

    Silahkan dicoba dan dipelajari. Jika ada kendala, silahkan didiskusikan kembali... ;)

  4. Makasih masta,

    saya coba untuk pahami dlu, makasih untuk bantuannya :D

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!