Mengambil angka tanpa pengaruhi angka yang lain

  1. tahun lalu

    Salam sejahtera Master2,

    Tolong bantuannya untuk contoh soal saya. dimana saya punya tabel perhitungan dan tabel referensi, di dalam tabel perhitungan pada row RM Avaiable menarik angka pada tabel referensi yang setiap hari berubah-ubah dengan kriteria tanggal yang sama. Bagaimana caranya angka tidak berubah, meskipun tanggal terupdate dan data referensinya berubah.

    thanks

  2. Caton

    25 Okt 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.569 Poin

    Maksudnya nilai pada range F14:AJ14? Sepertinya gak bisa mas @Marcos ... Pada range tersebut jelas isinya formula, yang artinya akan terkalkulasi baik secara otomatis maupun secara manual. Kalau mau dibuat nilainya statis, tentunya isi dari range tersebut harus berupa nilai langsung.

    Solusi untuk update data pada range tersebut, menurut saya sih gunakan macro untuk mengambil datanya dari file sumbernya lalu menyimpan datanya pada range tersebut... Itu pendapat saya, mungkin ada rekan-rekan lain yang punya solusinya, silahkan dishare... ;)

  3. kalau dimaksud nilai statis itu seperti apa ya mas? maaf masih newbie.

  4. Caton

    30 Okt 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.569 Poin

    Maaf mas @Marcos ... mungkin penjelasan saya di atas membingungkan. Atau mas @Marcos lagi bercanda nih.... :D

    Maksud saya begini. Jika yang nilai pada range F14:AJ14 merupakan nilai yang diinput secara manual, atau merupakan hasil salinan nilai (Paste as Value), maka tentunya nilai pada range tersebut tidak akan terpengaruh pada saat terjadi perubahan data pada range lainnya, misalnya pada range F5:AJ5 (baris Actual SO) ataupun pada range F4:AJ4 (baris tanggal). Oleh karenanya nilai pada pada range F14:AJ14 bersifat statis.

    Berbeda keadaannya dengan kondisi pada file yang mas lampirkan, pada range F14:AJ14 berisi formula dimana salah satu sel referensinya adalah nilai pada sel dibaris ke-5 (baris Actual SO). Misalkan saja pada sel F14, formulanya:

    =IF(F$5='X:\Andre - Inventory Control\ ...

    Terlihat ada referensi ke sel F5 khan? Nah, sel F5 sendiri berisi formula. Artinya, jika terjadi proses kalkulasi pada sel F5, otomatis akan mempengaruhi nilai pada sel F14. Lalu untuk pertanyaan:

    Bagaimana caranya angka tidak berubah, meskipun tanggal terupdate dan data referensinya berubah.

    Saya memprediksikan hal tersebut tidak akan bisa, oleh karena nilai-nilai pada range F14:AJ14 didapat dari hasil formulasi. Saya nyatakan sebagai prediksi oleh karena saya kesulitan menganalisa alur proses kalkulasi dari formula yang digunakan dikarenakan formula pada range tersebut menggunakan referensi ke file lain (yang tidak terlampir). Demikian prediksi saya... :)

    Solusi yang terpikirkan oleh saya adalah dengan menyimpan data pada range F14:AJ14 tersebut secara manual, misalkan dibuat dahulu formulanya pada sheet berbeda kemudian dicopy dan di Paste As Value pada range tersebut. Atau dicoba menggunakan macro untuk mendapatkan dan menyimpan nilainya ke range tersebut, meskipun kelihatannya bakalan rumit karena formulasi asalnya menggunakan Array Formula.

    Demikian yang bisa saya jelaskan. Mudah-mudahan tidak bertambah bingung... :D Saya berharap ada rekan-rekan lain yang bisa memberikan solusi... ;)

  5. kalau pakai formula, datanya pasti berubah kalau data acuannya berubah.. kalau mau ga berubah ya diisi manual/statis @Marcos
    atau solusi lain seperti yang mas @Caton jelaskan..

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!