Absensi

  1. 11 bulan yang lalu

    Mohon Bantuanya

    1. Bagaimana rumusnya kalo saya ingin mengetahui berapa kali keterlambatan dalam satu bulan
    2. Bagaimana rumusnya kalo saya ingin mengetahui berapa menit keterlambatan dalam satu bulan

    Ada 3 shift.
    Shift 1 masuk jam 07:00
    Shift 2 masuk jam 08:00
    shift 3 masuk jam 12:00

  2. memakai Pengurangan seperti
    Shift 1 - JAm Keterlambatan

  3. @Elrond terimakasih untuk memudahkan berikut contoh formatnya

  4. Caton

    3 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin

    Terlampir contoh solusi yang dapat saya berikan untuk pertanyaan mas @Rusmanto di atas. Coba diperiksa kembali apakah sudah sesuai. Beberapa catatan sebelum formulasinya akan diterapkan:

    1) Hal pertama yang menyulitkan dari tabel data yang mas @Rusmanto gunakan adalah tidak adanya data acuan untuk mengetahui apakah setiap baris data absensi tersebut masuk kelompok SHIFT atau termasuk kelompok NON SHIFT. Jika sistem perhitungan keterlambatannya sama untuk semua kelompok, hal tersebut mungkin tidak akan menjadi masalah. Oleh karena itu, pada kolom D saya menambahkan nilai 1 (untuk kelompok SHIFT) dan nilai 0 (untuk kelompok NON SHIFT). Pastikan kolom D berisi nilai 1 atau 0 untuk membedakan kalkulasi karyawan SHIFT dan NON SHIFT. Pada file terlampir, kolom D saya gunakan sebagai kolom bantu formulasi.

    2) Tipe nilai range jam absensi (Masuk/Keluar) harus bertipe numerik (angka). Pada file yang mas lampirkan, saya menemukan beberapa data jam absensi (Masuk/Keluar) masih bertipe teks, contohnya pada sel G12. Agar hasil formulasi pada kolom BS dan BT menjadi tepat, pastikan semua tipe nilai data jam absensi adalah numerik (format selnya terserah, bisa General atau sebaiknya format TIME).

    3) Formulasi pada kolom BS dan BT menggunakan Array Formula (baca di sini atau di sini ), sehingga yang perlu diperhatikan adalah setelah melakukan pengeditan formula, tekan kombinasi tombol CTRL+SHIFT+ENTER secara bersamaan. Menekan tombol ENTER saja akan membuat Excel menampilkan nilai kesalahan (biasanya #Value atau #N/A). Dan perhatikan juga, bila digunakan dengan data yang besar/banyak, Array Formula mungkin akan dapat membuat proses kalkulasi menjadi lambat (tergantung spesifikasi PC-nya juga).

    Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat membantu mas @Rusmanto. Silahkan diskusikan kembali jika menemui masalah atau kendala... ;)

  5. satu lagi yang terlewatkan bahwa untuk karyawan shift setiap hari sabtu khususnya yang shift 2 masuk jam 13:05.. karena ada pengurangn jam di hari sabtu

  6. Caton

    4 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin
    Di sunting 11 bulan yang lalu oleh Caton

    Silahkan dikoreksi kembali file terlampir. Update dengan tambahan kriteria: Hari Sabtu dan Shift 2 = 12.05 + 1 jam... ;)

  7. OK terimakasih semoga sukses selalu

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!