GAGAL LOOKUP GAN

  1. tahun lalu

    Pake Lookup, Vlookup dan Hlookup gagal
    apa saya salah bikin rumus atau memang salah milih rumus
    file terlampir pertanyaan yang di blok kuning
    makasih

  2. Caton

    20 Okt 2017 Terverifikasi Indonesia + 13.255 Poin

    Pertanyaan mbak @Novi:

    di kolom A15 itu saya lookup gan tapi gagal terus. B FOODY H 350 itu kalo di sheet dabes No 100. nah gimana caranya si Cell A5 ini ngikutin nomor yang ada di dabes, hasilnya akan tapil di Cell A15

    Masalah mbak @Novi ini hampir serupa dengan masalahnya mas @Ache ... :) Hanya saja, untuk masalah mbak @Novi ini saya punya sedikit catatan sebagai saran.

    Hasil pada sel A5 sheet BARCODE menggunakan fungsi INDEX dengan rujukan indeks kolom ke sel F3 sheet DABES. Dengan fungsi yang sama (tentunya dengan sedikit modifikasi), pada dasarnya kita sudah bisa menghasilkan nilai yang diinginkan untuk sel A15 sheet BARCODE.

    Kuncinya khan ada pada indeks nilai yang dihasilkan oleh kontrol ComboBox yang ada pada sheet BARCODE. Menurut saya, properti Cell Link dari kontrol ComboBox tersebut tidak perlu diletakkan pada sheet DABES. Letakkan saja pada sheet BARCODE, misalkan untuk kontrol ComboBox pertama properti Cell Link-nya diletakkan pada sel J1, untuk kontrol ComboBox kedua properti Cell Link-nya diletakkan pada sel J3 dan untuk kontrol ComboBox ketiga properti Cell Link-nya diletakkan pada sel J5.

    Asumsikan, properti Cell Link dari setiap kontrol ComboBox pada sheet BARCODE diletakkan sesuai saran saya di atas, maka untuk sel A5 dan A15, masing-masing formulanya bisa dibuat menjadi:

    =INDEX(Table1;$J$3;3)
    =INDEX(Table1;$J$3;1)

    Oleh karena tabel rujukan pada sheet DABES sudah berupa Table Object, maka kita rujuk langsung argumen Array pada fungsi INDEX tersebut ke objek Table1. Oleh karena kontrol ComboBox menghasilkan nilai indeks sesuai dengan baris daftar datanya, maka nilai tersebut pada dasarnya sudah bersifat unik dan lebih tepat digunakan daripada menggunakan nilai pada sel A5 sebagai rujukan nilai yang akan dicari.

    Namun sekiranya mbak @Novi memang masih ingin menggunakan fungsi VLOOKUP, maka ganti fungsi VLOOKUP dengan fungsi LOOKUP, oleh karena fungsi VLOOKUP atau HLOOKUP tidak bisa digunakan apabila kolom pertama dari range atau tabel acuan tidak berisi nilai yang akan dicari. Coba formula berikut:

    =LOOKUP($A$5;Table1[ITEM];Table1[NO])

    Demikian solusi, saran dan penjelasan yang bisa berikan... ;)

  3. hehehe, sesaat setelah saya komen di diskusi sebelah saya sudah nemuin solusinya mas @Caton hehe
    tapi makasih atas sharingnya, saya ngerasa mulai ada perkembangan di excell
    sekali lagi makasih

  4. Caton

    20 Okt 2017 Terverifikasi Indonesia + 13.255 Poin
    Di sunting tahun lalu oleh Caton

    Hehe... :) iya mbak, saya yakin mbak sudah dapat menemukan solusi untuk masalah mbak @Novi sebelum saya membuat komentar didiskusi ini. Adapun komentar saya di atas tepatnya berupa saran perbaikan formulasi pada sheet BARCODE, oleh karena saya melihat ada beberapa hal yang kurang efisien... ;)

  5. ia mas caton makasih
    kalo boleh tanya lagi mas
    di cell A1 tertulis 21.21 kalau saya ingin mengganti karakter "titik" menjadi 0 maka saya akan
    =REPLACE(A1,3,1,0) hasilnya jadi 12050
    akan jadi masalah ketika didepan koma hanya 1 angka misal 2.15
    solusi terbaik bagaimana ya mas?

  6. Di sunting tahun lalu oleh NOVI

    saya coba pake find masih gagal ya
    =REPLACE(FIND(A1,".",),3,2,0)
    atau dibalik ya find dulu baru replace

  7. udah ketemu mas @Caton ternyata pake substitute ya hehe
    emang butuh pengalaman dan wawasan sih ya

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!