Cara Mempersingkat pemilahan data kuesioner

  1. 11 bulan yang lalu

    Dear Para Master EXCEL, saya ada permasalahan mengenai pembuatan rekapitulasi evaluasi secara online dimana saat data di sedot dari form kuesioner online (google form) dalam bentuk excel (file terlampir). Saat akan dibuatkan rekapnya saya hrs melalui beberapa tahap sebelum tampil di sheet rekapitulasi. langkah pertama saya lakukan filter berdasarkan nama MOT pada file (Form Evaluasi Penilaian Fasilitator oleh Peserta Jabfung Bidan Ahli (Responses).xlsx), kemudian saya filter lagi berdasarkan nama materinya, kemudian pada sheet tsb sama saya lakukan blok pada kolom yang ada nilainya (kolom: 1. Penguasan materi s/d 10. Cara menjawab pertanyaan peserta) baru saya pindahkan ke file rekap evaluasinya sesuai nomor materinya. nah dari situ akan keluar nilai rata2 yang akan ditampilkan di form rekapitulasi, jadi poin yang diharapkan apakah ada jalan pintas agar dari file database yang didapat langsung bisa mengeluarkan nilai rata2 permateri tanpa harus dilakukan pemilahan seperti diatas. Terima Kasih MOHON PENCERAHAN dari para SUHU sekalian.

  2. Caton

    20 Okt 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin

    @Ayusthea... Sayangnya file yang dimaksud tidak muncul... ;)

  3. maaf gan, padahal pas awal psoting sdh saya upload sekalian filenya, sebentar saya upload lagi filenya

  4. silahkan gan..., mohon bantuan dan pencerahannya...

  5. Caton

    25 Okt 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin

    Coba diperiksa file terlampir, prosesnya dengan formula. Masih berupa konsep, karenanya mungkin masih perlu banyak penyesuaian. Beberapa catatan:

    + Untuk sementara ini, pada sheet REKAPITULASI#1, hanya sel yang berwarna kuning yang saya ketahui memiliki relevansi data dengan file sumbernya. Setelah saya periksa semua sheet, kesimpulan saya hanya sheet 1, 2, 3, 4 dan 5 saja yang datanya cocok dengan data pada file sumber. Dalam hal ini, range F27:F31 pada sheet REKAPITULASI#1 tersebut, mengambil nilai acuan ke sheet 1, 2, 3, 4 dan 5. Sedangkan nilai pada range lainnya yang mengambil nilai acuan ke sheet selain sheet 1, 2, 3, 4 dan 5, saya tidak tahu sumber datanya.

    + Data pada range E8:P28 pada sheet FILTER, merupakan hasil filter dengan formulasi atas 2 kriteria, yakni nilai Master Of Traning (pada sel D2) dan nilai Materi Pelatihan pada masing-masing baris dari range C8:C28 pada sheet FILTER. Relevansinya dengan file sumber, Master Of Traning untuk data pada kolom F dan Materi Pelatihan untuk data pada kolom D pada file sumber. Coba gunakan filter pada kedua kolom tersebut (pada file sumber) untuk membandingkan hasilnya pada sheet FILTER dan sheet REKAPITULASI#1.

    + Bila sumber data akan diganti dengan file berbeda (misalkan data MOT-nya berbeda file), maka ganti sumber datanya dengan cara klik menu Edit Links pada ribbon Data > Connections. Syaratnya, layout dari tabel data harus sama. Jika tidak ada masalah, maka secara otomatis nilai-nilai pada sheet FILTER akan diperbaharui oleh Excel. Untuk mencobanya, saya berikan dua contoh file (DATA1.XLSX dan DATA2.XLSX) dengan masing-masing data MOT berbeda. Pada sheet FILTER, jika nilai pada range E8:P28 tidak muncul, coba ubah nilai pada sel D2 (saya menggunakan Dropdown Validation List).

    Silahkan dipelajari dahulu caranya. Jika ada kendala dan kekurangan, silahkan didiskusikan kembali... ;)

  6. Terima Kasih Mas Bro, atas pencerahannya. ...saya pelajari dahulu ya mas Bro...

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!