Printah All Print (Spiner)

  1. 11 bulan yang lalu

    Ceritanya saya mau buat button print dan perintah untuk print semua.. tapi pakai spin button.. apakah bisa ?

  2. Caton

    20 Okt 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin

    Maaf mas @Yubelmawa (atau mas @Yubel), sepertinya sulit untuk menjawab pertanyaan yang mas tanyakan di atas... ^_^; Biasanya, otomasi proses cetak seperti yang dimaksud membutuhkan macro. Dengan macro, sebuah Shape Object pun bisa digunakan sebagai Button atau tombol untuk mencetak.

    Secara teori, kita bisa saja menggunakan Spin Button untuk memicu proses cetak. Logikanya, setiap kali terjadi perubahan indeks pada kontrol Spin Button, maka prosedur untuk mencetak akan dipanggil atau dipicu. Hanya saja perlu diperhatikan, pada Excel terdapat 2 macam kontrol Spin Button, yakni Spin Button Form Control dan Spin Button ActiveX Control. Keduanya memiliki kesamaan tujuan namun berbeda dalam proses penanganannya. Secara pribadi, saya rasa menggunakan Spin Button untuk memicu proses cetak kurang (atau bahkan) efisien. Baiknya gunakan UserForm seperti pada diskusi sebelumnya.

    Jika mas @Yubelmawa ingin proses mencetak yang berbeda dengan diskusi sebelumnya, ada baiknya mas paparkan dengan jelas tujuan dan proses yang diinginkan, disertai file pendukung. Mungkin banyak rekan-rekan di forum ini yang dapat membantu, jika informasi yang diberikan memadai... :)

  3. ini pak Catoh contoh filenya...
    Mohon Bantuannyanya ya master...
    Kalau untuk rumus macro mintol donk dapat dijelaskan atau ditulis penjalasan pengunaan bahasa programnya, tapi kalu tidak ada ngak apa2.. hehehehe
    Terima Kasih sebelmunya

  4. Caton

    24 Okt 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin

    @yubelmawa Ceritanya saya mau buat button print dan perintah untuk print semua.. tapi pakai spin button.. apakah bisa ?

    Saya masih tidak dapat menangkap maksud dari perintah untuk print semua dengan menggunakan kontrol Spin Button di atas... ^_^; Setau saya, makna print semua adalah mencetak semua data. Kalau mas @Yubelmawa simak kembali penjelasan saya sebelumnya, tentunya mas paham bahwa kontrol Spin Button sebenarnya tidak dibutuhkan untuk sekedar mencetak seluruh data... :)

    Jadi saya anggap saja maksudnya adalah mencetak data sesuai indeks data yang dipilih. Agar lebih paham yang saya maksudkan, silahkan dilihat pada file terlampir, masing-masing sheet diatur dengan proses cetak berbeda. Jika tidak sesuai, sebagaimana yang saya telah sampaikan sebelumnya, tolong dijelaskan dengan memadai... :)

  5. pilihan yang sheet"test3".. mencetak seluruh data
    jadi yg saya maksud... ketika button print di tekan.. maka secara otomatis akan mengprint semua data per indeks....
    sori pak caton saya masih salah dalam penjelasan sebelumnya...
    Tolong ya...

  6. Caton

    25 Okt 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin

    Pada sheet TES3, kalo tombol PRINT diklik, khan sudah seluruh data dicetak ke printer? Sudah dicoba belum? Nantinya, setelah tombol PRINT diklik, akan muncul dialog yang menanyakan apakah seluruh data akan dicetak, ini hanya untuk sekedar memastikan saja (klo mau tanpa dialog, hapus saja baris kodenya).

    Apakah masih ada masalah atau bukan demikian yang diinginkan mas @Yubelmawa ... :)

  7. terima kasih..
    sdh bisa.....

  8. Caton

    30 Okt 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin

    Sama-sama pak @yubelmawa ... silahkan diskusikan kembali jika ada kendala... ;)

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!