cetak barcode

  1. 12 bulan yang lalu

    bingung mendeskripsikannya, tapi rincian kasus saya sertakan di sheet excel
    colek mas @Caton

  2. tghfox

    29 Sep 2017 Terverifikasi Bekasi Barat + 436 Poin

    silahkan dicoba
    script generator macro didapat dri link sbb

    https://github*com/JonasHeidelberg/barcode-vba-macro-only/blob/master/barcody*bas

  3. Caton

    29 Sep 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin

    Ada banyak versi VBA Code yang dapat mbak @Novi gunakan untuk mencetak beberapa data sekaligus, umumnya melalui perulangan (LOOP). Saya coba bantu dengan VBA Code pada Module2. Ada 3 prosedur yang dapat digunakan. Semuanya mengarah kepada Private Procedure yang sama, hanya saja perbedaan antara ketiga prosedur adalah cara mengambil (membaca) range sumber datanya. Untuk mudahnya, buat sebuah tombol pada worksheet, kemudian terapkan (assign) macro ke salah satu prosedur kepada tombol tersebut (Ingat, gunakan salah satu prosedur saja... :)) File terlampir...

    Mengenai QR Code yang lambat, mbak @Novi bisa gunakan dan kembangkan solusi dari mas @tghfox di atas. Solusi lainnya, gunakan ActiveX Control yang bisa membuat Barcode/QR Code seperti QR Maker Control atau DLSoft QR Code Control. Hanya saja, umumnya Trial Version gitu (untuk kedua ActiveX tersebut, sudah saya coba dan sejauh ini tidak ada masalah saat digunakan di VBA, dan belum muncul yang aneh-aneh meskipun masih trial ;)...).

  4. terimakasih mas @Caton & @tghfox
    sudah sudah mulai berhasil mamadupadankan keduanya
    kalo boleh saya bertanya
    ketika barcode itu di scan maka akan muncul 1 kalimat misa;
    CCLA TENDERLOIN 14.56 100000 dimana CCLA adalah kode, tenderloin adalah item, 14.56 adalah dan 100000 adalah harga
    yang ingin saya tanyakan adalah metode apa yang dipakai agar ketika di scan akan langsung terpisah ke kolom masing-masing
    kode akan ke kolom kode nama item akan ke kolom item dan harga akan ke kolom harga
    terimakasih, semoga pertanyaan saya ini mudah dipahami

  5. Caton

    3 Okt 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin

    Teorinya, kita bisa saja menggunakan fungsi SPLIT untuk mengubah teks CCLA TENDERLOIN 14.56 100000 menjadi sebuah array yang kemudian bisa kita jadikan argumen untuk mengisi nilai sebuah range. Sebagai gambaran:

    vBuffer = Split(ScannedText, Chr(32))
    Sheet1.Range("A1:D1").Value = vBuffer

    Pada baris pertama dari kode VBA di atas, jika variabel ScannedText = "CCLA TENDERLOIN 14.56 100000", maka variabel vBuffer akan terisi array {"CCLA", "TENDERLOIN", "14.56", "100000"}. Pada baris kode kedua, range A1:D1 pada Sheet1 kemudian akan terisi dengan masing-masing item string yang ada pada variabel vBuffer hasil dari proses baris kode pertama.

    Namun sayangnya, kode VBA di atas akan bermasalah apabila jumlah kata pada variabel ScannedText bersifat dinamis, misalnya CCLA TENDERLOIN PRIME 14.56 100000, maka jumlah item pada variabel vBuffer yang dihasilkan oleh fungsi SPLIT akan menjadi 5 item, yakni {"CCLA", "TENDERLOIN", "PRIME", "14.56", "100000"}, dan baris kedua dari kode VBA di atas hanya akan mengisi 4 item pertama saja (yakni hanya sampai item 14.56 saja).

    Kemungkinan masalah menggunakan fungsi SPLIT tersebut timbul karena karakter pembatas (delimiter character) yang digunakan untuk memisahkan teks menggunakan karakter yang umum digunakan yakni karakter spasi. Penggunaan fungsi SPLIT dapat diandalkan jika karakter pembatas yang digunakan bukan merupakan karakter yang umum digunakan dalam teks, misalnya menggunakan karakter pipa (|) atau karakter-karakter non alphanumeric.

    Solusi menurut saya sih bisa berbeda-beda, tergantung bagaimana kita menentukan proses yang akan dilakukan terhadap teks hasil scan barcode tersebut. Misalkan saja, pada contoh yang saya buat dalam file terlampir, saya asumsikan dan saya tentukan (1)> bagian kata dari teks yang jumlah katanya bersifat dinamis adalah NAMA item, (2)> jumlah kata minimum dalam teks yang akan diproses adalah 4 kata, (3)> antara suku kata KODE dan NAMA dipisahkan oleh spasi. Jika KODE terdiri dari dua suku kata, maka suku kata kedua akan diproses sebagai NAMA, (4)> antara suku kata NAMA dan BERAT dipisahkan oleh spasi dimana posisi suku kata BERAT akan diperiksa dari pola karakternya, yakni harus dimulai dengan angka sebanyak 1 sampai 3 karakter angka, kemudian diikuti oleh tanda titik atau tanda koma, kemudian diikuti karakter angka sebanyak 1 atau 2 karakter angka. Oleh karena proses untuk memeriksa pola suku kata BERAT ini cukup merepotkan jika menggunakan proses pengulangan (LOOP/FOR), maka solusinya saya gunakan macro Regular Expression (RegExp) dari VBScript dan (5)> antara suku kata BERAT dan HARGA, dipisahkan oleh karakter spasi.

    Lalu bagaimana proses yang harus dilakukan saat scan barcode dilakukan? Untuk hal ini, saya tidak tahu pasti karena setahu saya metodenya tergantung pada perangkat dan software Barcode Scanner yang digunakan. Namun, jika hasil proses scan bisa langsung masuk ke Excel — misalnya seperti demo pada video ini , maka kita bisa menggunakan prosedur Worksheet_Change untuk memproses teks tersebut. Contohnya bisa dicoba pada Sheet Tes.

    Silahkan dicoba dan dimodifikasi sesuai kebutuhan... ;)

  6. 6 bulan yang lalu

    Slam kenal sebelumnya ,,, Hanya hanya ingin Mengambil barcode dari 2 kolom bos? bagaimana caranya...ini mau saya Buat untuk barcode hotspot wifi..terimakasih

  7. Caton

    28 Mar 2018 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin

    @Tri Sutrisno ...

    Yang ditanyakan apa bos... :) Mengambil Barcode dari 2 kolom mana? Bentuk Barcode yang dihasilkan bagaimana? Coba buat diskusi baru dan lampirkan pula contoh pekerjaannya. Jelaskan apa yang diinginkan, jika bisa, berikan contoh target hasil yang diharapkan...

    Demikian.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!