Memindahkan Data ke sheet lain

  1. ‹ Older
  2. 6 tahun lalu

    Mas Caton...... saya coba tambah datanya kemudian copy sheet lagi untuk kategory yang lain kok tidak muncul yah.... masih dari file yang sama.

    terima kasih

  3. Caton

    8 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin

    Coba periksa pada kolom B di sheet kategori, apakah ada nilai indeks yang muncul. Jika tidak ada, periksa apakah teks pada sel H2 (dropdown list) sama dengan teks pada kolom F di sheet MASTER. Mungkin ada spasi atau karakter lainnya pada salah satu range yang saya sebutkan. Atau upload saja filenya... ;)

  4. Mas Caton..... filenya masih sama dengan yang sudah diperbaiki diatas mas....
    saya upload kembali mas...

    terima kasih banyak

  5. Caton

    8 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin

    Ternyata datanya nambah terus ya mas @Nafis2006 ... :D Sebenarnya, tabel pada sheet kategori itu hanya disusun untuk menampilkan sekitar 200 baris data saja. Oleh karenanya, ketika data pada tabel MASTER bertambah, otomatis baris data di atas 200 tidak dapat ditampilkan. Terlampir file yang sudah diperbaiki, siap untuk 5000 baris indeks data (kolom B dan kolom C), sedangkan untuk tabel kategori saya batasi menjadi 500 baris saja (kolom E sampai kolom X, terlalu banyak nanti bisa memberatkan proses, kecuali memang ada data per grup yang melebih 500 baris data)....

    Demikian mas @Nafis2006, file terlampir... ;)

  6. Wah.... mas caton filenya sudah bisa.... memang datanya tambah terus...nih he..he..he

    terima kasih banyak

  7. mas caton, trims sdh boleh bergabung. saya mau bertanya ini, cara menambah jumlah kolom di filter per kriteria per sheet. kalau contoh diatas jumlahnya 1000 nomor. saya ingin menambah menjadi 5000 nmr. dan ingin menambah kolom kesampingnya.. sblmya disampaikan byk terima kasih.....JAYA

  8. Caton

    5 Mei 2018 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin

    @Jaya...

    Selamat bergabung... :)

    Pada contoh kasus mas Nafis di atas, pada dasarnya tidak masalah jika jumlah baris data pada sheet MASTER lebih dari 1000 baris data, karena kunci indeks barisnya ada pada masing-masing sheet target (misalkan sheet VALVE). Pada sheet VALVE, jika mas @Jaya perhatikan isi kolom B dan kolom C, maka sampai baris ke-5006 itu ada formulanya. Formula pada kedua kolom inilah yang menjadi kunci untuk pencarian datanya. Idealnya, formula pada kedua kolom tersebut harus berbanding lurus dengan jumlah baris data pada sheet MASTER oleh karena pengujian kategori barang yang dianalisa (sel H2) dilakukan baris per baris. Setiap kali kondisi terpenuhi, maka pada kolom B akan berisi nilai indeks baris dari tabel data pada sheet MASTER yang berkesesuaian. Sedangkan kolom C merupakan hasil sortir dari kolom B untuk menghindari baris kosong (blank row), sehingga hasil akhir menjadi tersusun lebih rapi.

    Saya sarankan, sebaiknya mas @Jaya lampirkan saja file yang mas kerjakan, karena saya pribadi tidak paham maksud dari menambah kolom ke samping sebagaimana yang mas sampaikan.

    Demikian.

  9. iya mas,, terima kasih atas saran dan perhatian nya... ini saya lampirkan contoh filenya..............semoga kebaikannya mendapatkan balasan amal baik dari Allah.. Amiinn

  10. Caton

    5 Mei 2018 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin
    Di sunting 6 tahun lalu oleh Caton

    Mas @Jaya...

    Terlampir solusinya. Pada dasarnya, formula yang saya susun memanfaatkan nama range dinamis, yakni db.Update, yang merupakan nama range untuk kolom UPDATE (kolom L) pada sheet EDIT. Kali ini, saya menggunakan fungsi AGGREGATE untuk mendapatkan indeks baris atas kriteria yang diinginkan, sehingga hanya dibutuhkan 1 kolom tambahan sebagai kolom bantu. Kriteria pencarian data cukup disesuaikan pada notasi (db.Update="AKTIF") dari formula berikut:

    =IFERROR(AGGREGATE(15;6;ROW(db.Update)/(db.Update="AKTIF");ROW($A1))-5;"")

    Sesuaikan notasi AKTIF dengan data yang akan dicari, misalkan PINDAH, TKI dan sebagainya. Pada file terlampir, saya berikan contoh solusi untuk dua sheet pertama saja. Sisanya silahkan mas @Jaya coba sendiri ya... :)

    Jika saya boleh menyarankan, sebaiknya tabel data (baik tabel data pada sheet EDIT sebagai masternya, maupun tabel-tabel hasil pada sheet lainnya), tidak memiliki terlalu banyak baris kosong. Misalkan saja, pada sheet EDIT nantinya ada penambahan data (asumsikan > 5000 baris), maka untuk menyesuaikan data pada sheet hasil (misalkan pada sheet AKTIF), yang perlu mas @Jaya lakukan adalah cukup menyalin baris terakhir yang menampilkan hasil menjadi beberapa baris baru sampai hasil pada baris yang ditempelkan kosong (misalkan 5 baris baris kosong, lihat contoh yang saya lampirkan). Saya sarankan hal ini agar tidak membuat proses kalkulasi menjadi lama, karena meskipun hasilnya kosong, namun pada dasarnya formula yang ada pada baris tersebut tetap diproses.

    Demikian contoh yang dapat saya berikan, semoga Allah Ta'ala melimpahkan kebaikan yang semisal, dan menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat bagi mas @Jaya pula. Aamiin.

  11. Matur nuwun mas Caton, file sudah saya coba dan berhasil dengan baik.....sekali lagi terima kasih......
    ini mas ada yg terlewatkan.. untuk menggabungkan dua atau tiga kategori jadi satu gimana... Misal (Pindah digabung dengan Meninggal) sehingga kategori pindah/meninggal muncul dalam 1 sheet.......Sekali lagi trims atas ilmunya. semoga selalu bermanfaat dan membawa keberkahan...Aminn

  12. Caton

    5 Mei 2018 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin

    @Jaya...

    Sama-sama mas. Mengenai yang ditanyakan, bisa menggunakan operasi logika OR (yakni dengan menggunakan operator + atau tanda tambah, bukan fungsi OR). Misalkan:

    =IFERROR(AGGREGATE(15;6;ROW(db.Update)/((db.Update="MATI")+(db.Update="PINDAH"));ROW($A1))-5;"")

    Tambahkan notasi (db.Update="KRITERIA") pada bagian ((db.Update="MATI")+(db.Update="PINDAH")) untuk kriteria-kriteria yang akan digabungkan.

    Demikian.

  13. thank's mas ,,, berhasil...

  14. Tanya Masta,,,,di bagian Copy hasil dari filter yang dari master saat di hasilnya tidak sampe keseluruhan dan masih ada yang tidak ke filter mohon bantuannnya maaf failenya saya edit sesuikan

  15. Caton

    26 Jul 2018 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin
    Di sunting 6 tahun lalu oleh Caton

    Mas @cahyono sidiq ...

    ... hasilnya tidak sampe keseluruhan dan masih ada yang tidak ke filter ...

    Saya menduga masalahnya ada pada nama range yang digunakan. Perhatikan gambar berikut:

    Screenshoot001.png

    Untuk menampilkan jendela di atas, gunakan kombinasi tombol CONTROL F3, atau klik menu Name Manager pada ribbon Formulas. Pada jendela tersebut terlihat range dari setiap nama range tidak mencakup seluruh range data yang mas susun. Alhasil tidak seluruh data yang tersalin (tercopy). Solusinya, untuk setiap nama-nama range tersebut, ubah acuan dari range datanya menjadi:

    Helper.Index = DATABASE!$N$5:$N$3395
    Table.Master = DATABASE!$A$5:$L$3395
    Table.Target = 'BY NAME FILTER'!$A$4:$L$3394

    gambarannya seperti berikut:

    Name Manager.gif

    Oia, saran saya sih, gunakan saja Tabel Object agar tidak repot mengganti (mengubah) acuan dari setiap nama range tersebut. Atau (mungkin) bisa juga menggunakan Dynamic Named Range. Namun saran ini sifatnya opsional, gak mutlak... :)

    ... maaf failenya saya edit sesuikan ...

    File yang sudah dibagikan di forum ini bebas untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan mas, kecuali ada catatan dari pengunggahnya. Bila tidak mau filenya dilampirkan secara publik, maka dapat menggunakan fasilitas Private Message (Diskusi Pribadi). Dan (saran lagi), buat saja diskusi baru agar tidak menambah panjang diskusi yang sudah selesai.

    Saya kira demikian yang saya ketahui dan saya pahami. Diskusikan saja kembali jika ada kendala atau jika tidak sesuai dengan yang ditanyakan... :)

  16. @Caton ..... Luar Biasa Terimakasih Sekali @Caton Semoga Bermanfaat, Saya Baru di dunia Excel dan VBA untuk pengolahan data,
    Kalo Fungsi yang saya gunakan di Tabel Vlookupnya apa sudah benar mas @Caton ? Mohon Koreksinya....
    dan Untuk Dinamic Named Range Caranya bagaimna apa sudah ada di pembahasan sebelumnya?

  17. Caton

    26 Jul 2018 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin
    Di sunting 6 tahun lalu oleh Caton

    Sama-sama mas @cahyono sidiq. Untuk fungsi VLOOKUP yang mas gunakan, sepertinya sudah tepat. Sedangkan untuk nama range dinamis, sudah banyak bahasannya di forum ini. Pada dasarnya, untuk cara membuatnya hampir sama dengan penjelasan saya di atas. Hanya saja, dalam hal ini isian untuk kolom Refers To menggunakan formula guna menentukan range datanya. Biasanya digunakan fungsi OFFSET atau INDIRECT. Contoh, untuk nama range Table.Master pada kolom Refers To diisi formula:

    =OFFSET(DATABASE!$A$4;1;0;COUNTIF(DATABASE!$A:$A;">0");12)

    dan contoh untuk nama range Helper.Index pada kolom Refers To diisi dengan formula:

    =INDIRECT("DATABASE!$N$5:$N$"&COUNTA(DATABASE!$N$5:$N$10000)+4)

    Intinya seperti itu. Perhatikan perbedaan tanda pemisahnya. Jika sistem Windows mas Cahyono menggunakan Regional Settings US/UK, maka ubah tanda titik koma dalam formula tersebut menjadi koma.

    Demikian, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

  18. Sip Terimakasih @Caton Akan saya coba langsung praktekkan,,,,,

  19. Maaf @Caton Untuk Kolom Refres To ini disebalah mana yah Maaf saya new saya coba cari ko nda ketemu yah?

  20. Caton

    26 Jul 2018 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin
    Di sunting 6 tahun lalu oleh Caton

    Mas @cahyono sidiq ...

    [1]. Pertama buka dahulu jendela Name Manager. Biasanya, menunya ada pada ribbon Formulas » Name Manager. Atau dengan menekan shortcut CONTROL F3. Maka, akan muncul jendela Name Manager yang terlihat ± seperti berikut:

    -image-

    [2]. Pada jendela Name Manager, jika akan membuat nama range baru, klik tombol New sehingga muncul jendela New Name seperti di bawah ini. Perhatikan kolom di dekat kursor mouse. Itu kolom acuan atau Refers To ...

    Screenshoot003.png

    Isi kolom tersebut dengan acuan yang diinginkan, bisa secara manual dengan cara diketik, atau gunakan tombol range pointer yang berada pada pojok kanan kolom tersebut untuk menentukan (menseleksi) range yang diinginkan.

    [3]. Jika ingin mengubah nama range yang sudah dibuat, pada jendela Name Manager, klik nama range yang dimaksud kemudian arahkan kursor ke kolom di bawah daftar nama range yang berlabel Refers To dan klik pada kolom tersebut. Selanjutnya, seperti poin ke-2 di atas, ubah secara manual atau gunakan tombol range pointer.

    -image-

    Selain itu, bisa juga dengan cara mengklik nama range yang akan diedit, lalu klik tombol Edit. Selanjutnya serupa dengan langkah pada poin ke-2 di atas.

    [3]. Jika ingin menghapus nama range, klik nama range yang dimaksud, kemudian klik tombol Delete.

    ------------
    Mas juga bisa melihat video tentang cara membuat nama range dinamis pada diskusi Range Dinamis di Excel yang disampaikan oleh mas @Aries ...

    Demikian, semoga dapat dipahami.

  21. Sip banget.....Terimakasih Sekali Atas penjelasannya @Caton dan Mas @Aries .....Atas Vidionya...

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!