Bagaimana menggunakan fungsi conditional formating

  1. tahun lalu
    Di sunting tahun lalu oleh Fika56

    Dengan hormat,
    Mohon bantuannya bapak/ibu..
    Saya ada sebuah data exel, saya ingin memberi warna tertentu dengan fungsi conditional formating.
    Di Kolom DEPT. =

    1. Kolom warna abu-abu (saya fill sendiri) tidak akan saya isi tanggal.
    2. Kolom warna ungu (saya fill sendiri) adalah kolom yang akan diisi tanggal tertentu.
    3. Kolom warna orenge (saya fill sendiri) adalah kolom yang akan saya isi tanggal tertentu dan tulisan.

    Dan kolom 'Due Date' adalah Tanggal Acuan dari Kolom DEPT.

    Yang saya inginkan adalah ketika saya mengisi tanggal di kolom warna ungu, kolom tersebut berubah warna menjadi warna merah (ketika tanggal yang disikan melebihi tanggal acuan) dan berubah warna putih (ketika tanggal yang diisikan sama dengan atau sebelum tanggal acuan).
    Dan kolom berwarna orenge ketika disi tanggal dan tulisan tidak berubah warna.. dan kolom abu-abu juga tidak berubah warna.

    Saya sudah coba pakai conditional formating (greater than, less than, dan use a formula to determine which cells to format) gagal.

    Mohon bantuannya kalau ada yg punya solusi. Terimakasih..

  2. Caton

    27 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.569 Poin

    Dicoba file terlampir mbak @Fika56... Oleh karena tidak ada lampiran file dari mbak, saya coba dengan contoh pada file yang saya lampirkan. Mudah-mudahan dapat dijadikan solusi... :)

  3. maaf saya kurang paham.. maklum pemula.
    ini file saya . terimakasih ms..

  4. Caton

    29 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.569 Poin

    Wah... kalau demikian contoh datanya, ribet juga ya... :D Menurut saya, ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama, pake macro dan kedua, pake kolom tambahan. Contoh dari kedua cara tersebut dapat dilihat dan dicoba pada file terlampir. Kalau gak mau ribet mengubah bentuk tabel, coba gunakan macro... tapi kalo gak mau pake macro, ya coba cara kedua... ;)

  5. baru on.. trimakasih ms @caton akan saya coba dan belajar. .

  6. dari mana saya hrus belajar macro ya..hehe
    baru sekali ini dengernya..
    apkah ada pnjelasannya ms @Caton ? terimakasih

  7. Caton

    30 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.569 Poin

    Dari mana ya.... :) Banyak jalan menuju macro Excel mbak @Fika56... :D Bisa belajar dari buku dan internet, atau bisa juga dengan mengambil kursus... :) Untuk latihan awal, bisa dengan mengaktifkan dan mencoba macro recording yang sudah tersedia pada Excel, dan pelajari baris kode program yang disusun oleh Excel. Yang sederhana saja dahulu...

    Mengenai macro sendiri, (jika tidak salah) adalah merupakan kumpulan satu atau lebih instruksi yang disusun menggunakan bahasa pemrograman tertentu bertujuan untuk mengotomasi sebuah pekerjaan. Dalam aplikasi Ms. Office, dialek atau bahasa pemrograman yang digunakan untuk menyusun sebuah macro disebut VBA atau VisualBasic for Application.

    Pada Excel, macro sangat bermanfaat saat digunakan untuk melakukan sebuah proses berulang, atau proses-proses yang tidak biasa (bisa karena tidak ada fungsi bawaan Excel, atau juga karena kasus-kasus tertentu yang tidak bisa diselesaikan menggunakan fungsi-fungsi formulatif dari Excel). Semisalnya pada kasus mbak @Fika56, bisa saja masalahnya diselesaikan dengan fungsi atau fitur bawaan Excel (misalnya dengan menambahkan kolom tambahan tersebut) dan bisa juga diselesaikan melalui macro.

    Contoh lain, misalkan pada diskusi ini, dimana sulit menerapkan fungsi NOW untuk membuat nilai waktu tetap statis pada sebuah sel, karena fungsi NOW sendiri merupakan sebuah fungsi yang sifatnya otomatis akan terkalkulasi apabila terjadi proses kalkulasi pada sebuah sheet dimana fungsi NOW tersebut berada. Dengan macro, kita bisa mengatasi hal tersebut (asalkan logika pemrogramannya tepat)...

    Untuk paham apa dan bagaimana macro pada Excel, mbak @Fika56 bisa belajar dari buku-buku tentang VBA Excel, atau beberapa ebook yang pernah dibagikan oleh mas @Fujiansyah92 yang bisa unduh di sini. Dan tentunya mencoba dan tetap mencoba... Mungkin demikian dahulu yang bisa saya jelaskan... ;)

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!