conflicts name a cell or range

  1. tahun lalu

    Dear para master......
    Comment terlampir selalu muncul (conflicts name a cell or range) apabila saya menggabungkan sheet, dah harus menekan "yes" berulang2... byk sekali
    untuk menghilangkannya bagaimana yah

    terima kasih....

    comment.png

  2. Caton

    26 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.596 Poin

    Mas @Nafis2006... sepertinya pada satu atau beberapa formula ada nama range yang bermasalah. AHU150 sendiri merupakan nama range internal yang digunakan oleh Excel untuk merujuk ke kolom AHU baris 150. Mungkin dapat diperiksa dahulu apakah ada nama range tersebut atau ada formula yang merujuk ke nama range AHU150 tersebut. Jika ada, coba ubah dengan nama lain, misalkan AHU150X...

  3. ya betul mas caton..... tetapi nama cell tersebut sdh tidak terpakai.... kalau saya tekan "yes" ada banyak nama lagi yang lain muncul dan terus berulang saya tekan "yes". ini terjadi apabila saya copy paste sheet dari file lain.

    terima kasih

  4. Caton

    26 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.596 Poin

    Sebelum sheet dicopy, coba lihat di Name Manager (CTRL F3) apakah ada nama range yang bermasalah tersebut. Karena pada saat sebuah sheet disalin (dicopy), definisi nama-nama range otomatis juga tersalin meski tidak digunakan. Biasanya, kalau scope dari nama range tersebut hanya digunakan untuk sheet tersebut saja, maka tidak ada masalah. Berbeda jika scope dari sebuah nama range dibuat untuk Workbook, maka akan terjadi konflik nama.

    Mungkin bisa dicoba begini. Sebelum menyalin (mengcopy) sheet tersebut, coba hapus (Delete) dahulu atau ubah nama range yang bermasalah tersebut menjadi nama lain (mendingan dihapus saja sih. Jika tidak ingin dihapus, ubah dahulu namanya). Jika tidak berhasil, atau nama range yang bermasalah tersebut tidak terlihat, maka paling tidak harus menggunakan macro untuk menampilkan nama-nama range yang ada...

  5. siap mas caton...saya coba dahulu....

    terima kasih

  6. Dear mas caton....
    Saya sdh coba hapus semua name di name manager.....
    tetapi tetapi muncul..... apabila saya copy sheet file terlampir.
    apakah ada cara atau formula untuk membersihkan sheet dari nama range yang tidak perlu...

    terima kasih mohon pencerahan....

  7. Caton

    28 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.596 Poin

    Sebagaimana prediksi saya, nama-nama range yang bermasalah tersebut tidak terlihat (hidden). Solusinya gunakan macro untuk menampilkannya. Hasilnya seperti berikut:

    Name-Manager.png

    Pada file terlampir, saya buatkan tombol untuk mas @Nafis2006 coba (filenya masih asli, hanya saya tambahkan macro). Oleh karena menggunakan macro, file harus disimpan dalam format XLSM atau XLSB. Gunakan dahulu tombol Tampilkan Nama Range untuk menampilkan nama-nama range yang bermasalah (tersembunyi). Setelah itu coba lihat pada Name Manager (CTRL F3) apakah ada nama range yang bermasalah dan bisa dihapus atau dimodifikasi. Sedangkan tombol Hapus Nama Range memberikan pilihan apakah ingin menghapus nama range yang bermasalah atau seluruh nama range.

    Semoga terbantukan... ;)

  8. Sip berfungsi mas..... tetapi bagaimana agar macronya bisa berfungsi tetap untuk semua file xls apabila saya mau menginsert sheet yang lain agar tidak bermasalah........

    terima kasih atas bantuannya...... sukses selalu....

  9. Caton

    28 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.596 Poin

    Ya... file yang dimaksud harus disimpan ke dalam format Macro Enabled dahulu, kemudian salin macro dari file di atas agar suatu waktu bisa digunakan. Sebenarnya yang paling enak sih dibuatin Add-in... hanya saja saya belum sempat untuk membuatkannya... ;)

  10. makasih banyak mas caton....

    semoga sukses selalu.... dan diberi kemudahan dalam segala hal...

  11. Caton

    28 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.596 Poin

    Terima kasih mas @Nafis2006, semoga kemudahan dan kesuksesan juga bagi mas @Nafis2006. Jika nanti sempat, saya coba buatkan add-innya agar mudah digunakan... :)

  12. Caton

    29 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.596 Poin

    Saya coba buat Add-in untuk macro pada file sebelumnya, sebagaimana terlampir. Cara pakenya gampang saja, double click file add-in tersebut, dan di Excel lihat di tab Formula, grup menu Helper. Hanya saja, saya buat di Excel 2010, jadi belum tau apakah bisa di Excel 2007 (belum sempat nyoba). Mudah-mudahan gak masalah... :)

    add-in.png

    Jadi nanti mas @Nafis2006 bisa menggunakan dengan file-file lainnya yang bermasalah tanpa harus menyusun ulang macro-nya sebagaimana cara pertama.

  13. sangat terbantu sekali..... terima kasih mas caton

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!