Rumus menentukan banyaknya siswa memperoleh nilai pada rentang nilai tertentu

  1. tahun lalu

    Dengan hormat,
    Mohon bantuannya bapak/ibu, membuat rumus untuk menentukan banyaknya siswa yang memperoleh nilai pada rentang nilai tertentu.
    Untuk lebih jelasnya contoh file saya lampirkan. Terima kasih.

    Sama-sama pak @Suyadi... ;) Ini saya lampirkan file contoh sebagai tambahan dari formula sebelumnya, menggunakan fungsi SUMPRODUCT tanpa Array Formula. Semoga lebih mudah tanpa Array Formula :)

  2. Caton

    26 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 13.255 Poin

    Dicoba dengan menggunakan fungsi COUNTIFS atau fungsi SUMPRODUCT mas @Suyadi... Contoh terlampir.

  3. Terima kasih banyak pa Caton atas perhatian dan bantuannya,

  4. Caton

    27 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 13.255 Poin

    Sama-sama pak @Suyadi... silahkan dicoba dahulu. Jika ada masalah, mari kita diskusikan kembali :)

  5. Sangat jelas pa rumus yang pa Caton berikan. Ada dua masalah rumus yang saya juga tidak mengerti , sebagai sambungan pertanyaan kemarin pa. Moohon bantuannya. Maaf merepotkan, banyak bertanya kepada pa Caton. Terima kasih banyak pa.

  6. Caton

    27 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 13.255 Poin

    Hampir sama kok pak @Suyadi... hanya saja untuk fungsi COUNTIFS diganti menjadi SUMIFS, sedangkan untuk SUMPRODUCT hanya menambahkan range penjumlahannya saja. Contoh terlampir... :)

  7. Duh pak Caton, cepat sekali menyelesaikannya. Terima kasih sekali pa Caton atas bantuan dan perhatiannya, semoga amal baik bp diganti sesuatu yang baik oleh-Nya bagi kehidupan pa Caton sekluarga. Aamiin

  8. Caton

    27 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 13.255 Poin

    Allahumma Aamiin... semoga pak @Suyadi dan keluarga juga diberikan kebaikan yang sama.

  9. Aamiin...terima kasih pa.
    Ada pertanyaan saya yang salah kepada pa Caton, terkait nilai tertinggi, nilai terendah dan nilai rata-rata. Adakah rumus / cara lain untuk menentukan nilai tertinggi, terendah, dan rerata ?. Kalau rumus yang saya gunakan pada file terlampir, asa kurang praktis pa. Range pada rumus setiap kelas berbeda-beda, ataukah memang harus begitu pa Caton ?. Terima kasih..

  10. Caton

    28 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 13.255 Poin

    Sebelumnya, maaf ya pak @Suyadi... kalau siang sampai sore gak bisa fast respon... terlalu banyak interupsi... :D Untuk pertanyaannya, saya jawab melalui file terlampir ya. Sedangkan untuk pertanyaan yang ditanyakan melalui file, yang saya tahu, tidak bisa menggunakan fungsi SUMIFS karena konsepnya beda. Untuk mencari nilai maksimum, minimum dan rerata dengan satu atau lebih kriteria, maka dapat kita memanfaatkan fungsi MAX, MIN dan AVERAGE dengan dengan kalkulasi menggunakan Array Formula. Lihat contohnya pada file range N4:P4.... ;)

  11. Ya pa saya memahami kesibukan pa Caton, sudah saya buka file dari pa Caton. Terima kasih banyak pa Caton atas bantuannya. Rumus pada file pa Caton itu yang saya mau.

  12. Ya pa saya memahami kesibukan pa Caton, sudah saya buka file dari pa Caton. Terima kasih banyak pa Caton atas bantuannya. Rumus pada file pa Caton itu yang saya mau.

  13. Caton

    28 Agu 2017 Terverifikasi Jawaban Terpilih Indonesia + 13.255 Poin

    Sama-sama pak @Suyadi... ;) Ini saya lampirkan file contoh sebagai tambahan dari formula sebelumnya, menggunakan fungsi SUMPRODUCT tanpa Array Formula. Semoga lebih mudah tanpa Array Formula :)

  14. Alhamdulillah pa Caton, tambah ilmu sedikit sedikit tentang rumus exel dari bp. Jangan bosan ya pa Caton, jika suatu saat ada masalah rumus yang saya tidak tau bagaimana cara membuatnya insya Alloh pasti akan bertanya lagi. Your work is noble, pa Caton. Sukses selalu buat pa Caton. Terima kasih pa.

  15. Caton

    29 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 13.255 Poin

    Alhamdulillah... InsyaAllah, jika saya mampu, akan saya coba bantu pak @Suyadi...

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!