Bagaimana Cara Mengatasi Tombol Close Excel Yang Tidak Berfungsi

  1. 12 bulan yang lalu

    Mohon pencerahannya para Exceler...
    Saya membuat sebuah aplikasi untuk pencatatan kondisi siswa mulai dari prestasi dan pelanggaran.
    Pada masing2 userform sdh saya tambahi dengan beberapa prosedur agar ketika tombol close pada userform memberikan pernyataan bahwa data belum di simpan.
    Permasalahannya adalah : ketika kembali ke sheet menu, tombol close bawaan exec tidak dapat saya gunakan alias tidak ada respon sama sekali.. mohon bantuan untuk memecahkan masalah tersebut. Terima kasih sebelumnya.
    NB : Mohon maaf sebelumnya, saya baru belajar VBA Excel jadi programnya acak2an...

  2. Caton

    24 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.420 Poin

    Maksudnya, tombol close (tombol X) pada jendela Excel atau pada Userform-nya. Atau apakah mas @Fadjar menggunakan fungsi Windows API dalam baris program VBA-nya? Atau baiknya diupload saja filenya untuk diperiksa bersama... :)

  3. Ok Mas Caton...
    saya tidak tahu apakah menggunakan fungsi windows API apa tidak.. maaf sebelumnya saya hanya coba mengadopsi dari berbagai macro2 yang saya dapatkan dari internet..
    Ini filenya mas.. terima kasih.Aplikasi_data_Kesiswaan.xlsm

  4. Mas Caton yang joosss..
    yang saya maksud tombol (x) pada excelnya.. terima kasih yaaa...

  5. Caton

    24 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.420 Poin

    Hmm... sejauh ini saya coba tidak (belum) ada masalah... ;) Fungsi tombol Windows semua normal, termasuk ketika diminta menyimpan karena data belum disimpan (padahal saya tidak mengedit/menginpit apapun... :)), juga normal-normal saja. Bisa lebih spesifik tahapannya sebelum masalah terjadi mas @Fadjar?

  6. Dilaptop saya (saya menggunakan windows 8 dan office 2016). File baru saya copy ke laptop ini mas. (sebelumnya saya menggunakan office 2010), setelah saya jalankan aplikasinya (untuk coba2 barangkali ada yang error), kemudian saya tutup excelnya (menggunakan tombol (x)) koq tidak ada respon. Sampai saya mencoba utk mengatasinya dengan membuat tombol close sendiri.. hehe...
    Ini file hasil revisinya...
    mohon maaf ya mas @Caton
    Aplikasi_data_Kesiswaan - Copy.xlsm

  7. Caton

    24 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.420 Poin

    Apakah yang ditanyakan sebelumnya adalah munculnya dialog (seperti gambar terlampir) saat kita menutup aplikasi Windows menggunakan caption close button (X)?

    Corel001.png

    Kedua file yang dilampirkan berbeda, tepatnya pada event procedure Workbook_BeforeClose pada objek ThisWorkbook. Karenanya, pada saat menggunakan file yang pertama, saya tidak menemukan hal yang ditanyakan karena event procedure Workbook_BeforeClose tidak ada. Sedangkan saat menggunakan file kedua, jika menutup jendela Excel, maka yang muncul selalu dialog tersebut... Mungkin demikian masalah utamanya... :)

  8. Mas @Caton yang seep buangeetsss...
    Maaf kemaren langsung pulang dari kantor mas, jadi baru bisa balas sekarang..
    Permasalahan memang di file yg pertama. Ketika aplikasi dijalankan, kemudian kita buka sebuah form (misal: Data Siswa), kemudian kita tutup form tsb (sheet menu terpilih), maka saat kita tekan tombol close (x) bawaan excel tidak terjadi apa2 alias tidak ada respon. Makanya saya tambahkan tombol command (close) di file ke dua yg saya kirim itu.
    Nah yang saya inginkan tombol tambahan (close) tadi tidak perlu, cukup mengklik tombol close bawaan excel, karena saat kita menutup form data sdh disave. Demikian... ngapunten mohon pencerahannya.. hehe

  9. Caton

    25 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.420 Poin

    Mas @Fadjar yang oke banget... :D

    Hehe... oke. Saya masih tidak menemukan masalah pada file pertama yang dilampirkan. Saya coba buka dengan Excel 2010 dan WPS Spreadsheet, aplikasinya berjalan normal, termasuk setelah edit atau input, dan Excel ditutup melalui caption close button (X).

    Mungkin, untuk langkah pertama, pindahkan file tersebut ke sebuah folder khusus, lalu atur agar folder tersebut masuk ke dalam Trusted Location, contoh:

    Shoot-001.png

    tujuannya agar Excel gak bawel nanyain masalah Enabled Macro... :) Kemudian pada file tersebut tanbahkan baris berikut pada objek ThisWorkbook:

    Private Sub Workbook_BeforeClose(Cancel As Boolean)
        Application.DisplayAlerts = False
        ThisWorkbook.Save
    End Sub

    agar filenya langsung tersimpan dan ditutup tanpa banyak tanya... :D Ehm, ini masih perkiraan saja mas, jadi belum tentu tepat. Enakan sih di remote saja untuk melihat kasusnya... ;)

  10. Ok mas @Caton saya coba dulu yaaa....
    Ntar klo ada masalah lagi, jangan bosan2 ngajarin saya yg crewet ini hehe...
    oh ya.. klo boleh tanya masalah pribadi neh... mas @Caton belajar VBA nya otodidak apa kursus ya... koq pinter bangettsss... (#penasaran aja haha).
    Makasih sebelumnya...

  11. Caton

    25 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.420 Poin

    Dicoba dahulu ya mas @Fadjar. Akan saya bantu semampu saya... :) Hmm.. saya tidak pintar VBA, saya hanya bisa sedikit VBA. Belajar sendiri dari banyak sumber, terutama dari internet dan mencoba kasus-kasus yang ada di forum-forum diskusi adalah salah satu solusi menambah pengalaman (termasuk dari forum BeOrg ini). Trus, ya seperti mas @Fadjar... banyakin penasaran... :D Penasaran, ini kok bisa begini, itu kok bisa begitu, ini untuk apa, itu maksudnya apa... Haha... jadi curhat. Hadeuh....

  12. Ok.. mas @Caton
    Semoga mas @Caton dan mas2, mbak2 di forum BeOrg ini dan seluruh Exceler sukses selalu... aamiin..
    Makasiiiiiih...

  13. Caton

    25 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.420 Poin

    Eit... mas @Fadjar, kasusnya gimana? Udah beres belum? #penasaran aja... haha... :D

  14. hehe.. Belum nyoba mas..
    Ini masih buat userform6 yang belum selesai.. ini juga sekalian ngawasi murid2 yg lagi kerja bhakti buat karnaval utk hari minggu besok...
    Biar kelar dulu userform6 nya... klo gak kelar kan bisa error, coz kodingnya saya kopi dari userform lainnya hahaha...

  15. Ciiaatt.. haha, iya nih.. sebagai penonton penasaran juga endingnya happy ga? ehh solved ga..hehe

  16. mantep nih Pak @Fadjar ,.. ada Pak guru..hihi

  17. haha.. mas @Zolydck ...
    Maap... maap... nanti saya kabari mas.. don't worry yaaaa...

  18. Caton

    25 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.420 Poin

    Haha... berarti kita musti nungguin episode selanjutnya dong pak Guru.... :D

  19. oke Pak Guru, to be continue :D

  20. Hihiii... iya mas @Caton
    Saya berangkat dari masalah yang memusingkan utk urusan mencatat kondisi siswa klo pake excel manual.. coz datanya banyak bingitsss.. hahaha..

  21. Newer ›
 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!