VBA auto text di baris berikutnya

  1. tahun lalu

    Salam para master excel,
    saya punya case, bagaimana membuat script vba untuk mamasukan text baris otomatis setelah user memasukan transaksi.
    Didalam file :
    baris hijau : adalah entrian dari user dengan type PENERIMAAN
    baris merah : adalah automatic value yang didapatkan dari (jumlah nominal yg dimasukan oleh user * % yang ada di data master sesuai dengan jenis dananya masing2 ) text isian sama seperti di contoh

    dan ini hanya berlaku untuk type transaksi PENERIMAAN

  2. Caton

    14 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.596 Poin

    Contoh filenya tidak ada ya mas @Mumtaz... ?

  3. bukannya sdh saya upload yaa
    apa nda masuk yaa
    ini tak upload lagi

  4. Caton

    18 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.596 Poin

    Silahkan dicoba file terlampir, mas @Mumtaz... Maaf, filenya saya modifikasi untuk mengurangi ukuran file aslinya yang besar banget. Sebagai informasi, pada komputer yang saya gunakan, butuh waktu sekitar 15 detik untuk membuka file aslinya, dan hampir 20 menit bahkan lebih untuk menghapus baris kosong pada sheet Transaksi.... hehe... :)

    Jika boleh, saya sarankan untuk menghindari penggunaan Array Formula jika ada kemungkinan jumlah datanya bakalan besar. Contohnya untuk kolom B (NO TRANSAKSI), bisa menggunakan kolom bantu sebagai alternatif Array Formula.

    Kemudian, karena sudah menggunakan Table Object, saran saya hindari membuat baris kosong terlalu banyak. Table Object mempunyai kelebihan sendiri dibanding range biasa yang kita buat sebagai tabel, karena dapat mengisi formula, menyalin Data Validation, menyalin Conditional Formatting secara otomatis dari baris sebelumnya saat kita menambahkan baris baru (selama pengaturannya benar)...

    Secara pribadi, melihat kasusnya, lebih enak jika menggunakan jendela (form) khusus untuk mengisi transaksi. Sheet transaksi kemudian diproteksi untuk menghindari perubahan atau kesalahan input... Btw, semoga terbantukan dengan file terlampir... ;) Maaf jika tidak sesuai.

  5. Terimakasih mas @Caton atas bantuannya
    Tapi setelah saya coba kok keluar error yaa (seperti terlampir)
    Trus kalau bisa bisa dibantu dijelaskan scriptnya biar paham-paham sedikit dan bisa explorasi sendiri nanti..

  6. Caton

    21 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.596 Poin

    Maaf mas @Mumtaz... baru bisa balas. Mengenai hal yang ditanyakan, kemungkinan ada masalah dengan referensi VBA-nya. Coba buka VBA Editor (ALT-F11), lalu pilih menu Tools > References... Pada jendela References, lihat apakah ada tulisan Missing pada salah satu referensi yang dicentang. Jika ada, coba buang tanda centang pada referensi yang hilang tersebut. Klik Ok dan simpan dokumennya. Jika perlu, tutup terlebih dahulu dokumen tersebut. Kemudian masuk kembali ke VBE dan coba buka kembali jendela References, lalu pastikan referensi ke Visual Basic for Applications tercentang (dipilih). Jika tidak terlihat, scroll pilihan ke bawah dan cari referensi tersebut. Normalnya, setidaknya ada 4 atau 5 referensi yang terpilih... sebagai gambaran:

    Shoot003.png

    Jika referensi ke pustaka VBA tidak bermasalah, maka pada jendela VBE kita bisa menekan tombol F2 untuk melihat jendela literatur fungsi dan properti, termasuk yang ada di dalam pustaka VBA.

    Mengenai penjelasan baris program, untuk saat ini saya belum sempat. InsyaAllah nanti saya buat dan saya upload. Mohon maklum... ;)

  7. Alhamdulillah saya coba sdh bisa mas @Caton
    Tapi ada untuk transaksi yang automatisnya ada yang keliru postingannya.
    Seharusnya baris kedua itu kategori & sub kategorinya sama dengan transaksi bari pertama.
    Kalau u transaksi yang baris ke-3 insya Allah sudah betul mas..
    Jadi transaksi ke-2 itu dinamis sesuai dengan transaksi pertamanya

    @Caton Maaf mas @Mumtaz... baru bisa balas. Mengenai hal yang ditanyakan, kemungkinan ada masalah dengan referensi VBA-nya. Coba buka VBA Editor (ALT-F11), lalu pilih menu Tools > References... Pada jendela References, lihat apakah ada tulisan Missing pada salah satu referensi yang dicentang. Jika ada, coba buang tanda centang pada referensi yang hilang tersebut. Klik Ok dan simpan dokumennya. Jika perlu, tutup terlebih dahulu dokumen tersebut. Kemudian masuk kembali ke VBE dan coba buka kembali jendela References, lalu pastikan referensi ke Visual Basic for Applications tercentang (dipilih). Jika tidak terlihat, scroll pilihan ke bawah dan cari referensi tersebut. Normalnya, setidaknya ada 4 atau 5 referensi yang terpilih... sebagai gambaran:

    Jika referensi ke pustaka VBA tidak bermasalah, maka pada jendela VBE kita bisa menekan tombol F2 untuk melihat jendela literatur fungsi dan properti, termasuk yang ada di dalam pustaka VBA.

    Mengenai penjelasan baris program, untuk saat ini saya belum sempat. InsyaAllah nanti saya buat dan saya upload. Mohon maklum... ;)

  8. Caton

    22 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.596 Poin

    Alhamdulillah. Baik mas @Mumtaz, berikut saya lampirkan perbaikan seperti yang mas maksudkan. Silahkan diperiksa dahulu. Sudah saya berikan komentar umum dari setiap barisnya (secara umum saja ya, penjelasan tujuan dari baris kodenya saja).

  9. maturnuwun mas @Caton
    Segera tak coba, dan tak pelajari baris kodenya,
    Sukur2 bisa paham dan bisa menambahkan fungsi sendiri, tapi kalau masih bingung jangan bosen balasnya yaa mas @Caton

  10. Di sunting tahun lalu oleh mumtaz

    sdh sy coba dan sukses mas
    tapi kalau untuk kolom keterangan bisa pakai concat, biar lebih dinamis sesuai dengan kategori induk dan subnya.
    apa yg harus saya tambhkan di bari seperti terlampir mas ?

    Jadi keterangan
    HAK AMIL DARI - ZAKAT MAAL
    ## akan menyesuaikan sesuai dengan Kategori Induk & subnya

  11. saya coba seperti terlampir, sepertinya keliru

  12. SOLVED

    sudah ketemu mas tinggal di tambah tanda & saja
    Semoga barokah ilmunya mas @Caton

  13. Caton

    22 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.596 Poin

    Hehe... nah, mulai bisa khan tracing kesalahan VBA ;) Maaf, karena sedang ada kerjaan lain, jadi gak selalu bisa lihat diskusinya. Semoga diberikan ilmu yang berkah juga bagi mas @Mumtaz.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!