Cara menghitung jam kerja mingguan

  1. tahun lalu

    Pak Mohon bantuannya, sebelumnya saya pernah lihat untuk cara menghitung jam kerja yang diminta dari Pak Heru. Jika saya hanya perlu menghitung jam kerja normal dengan istirahat 1 jam per harinya. rumusnya mejadi bagaimana ya Pak ? sudah saya coba tapi False terus

    datanya terlampir

    thanks untuk bantuannya

  2. Caton

    29 Jul 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.574 Poin

    Tidak ada filenya pak? Jika yang mas @Salve maksud diskusi di sini, bukankah diskusi tersebut membahas jam kerja 8 jam plus perhitungan lembur, dan sudah solved? :) Atau kasusnya beda?

  3. Oh maaf Pak Caton, Padahal sebelum kirim sudah dilampirkan, saya juga baru ikut2an forum begini pas waktu kesulitan saya gogling ketemu yang hampir 'senasib', karena tidak pernah menghitung hal2 yang demikian dari pada salah.. saya tanya dulu mengenai fungsi IF itu. kalau di kasus saya, sebenarnya sederhana saya hanya perlu hitung jam kerja standar 8 jam dengan istirahat 1 jam. jadi begini :

    1. Senin-kamis saya masuk kerja pkl 07.25 pulang pukul 16.45 dan jumat masuk kerja pkl 07.45 pulang pukul 16.15
    2. Senin-Jumat masuk kerja pkl 07.45 pulang pkl 16.25 dan sabtu masuk pkl 07.45 pulang pkl 12.00
    3. tanpa ada perhitungan lembur

    rumus yang dipakai itu sudah benar atau belumnya, atau mohon koreksi atau penjelasannya supaya saya 'mudeng' hee [attachment: 597e88670d1fd]

  4. Caton

    31 Jul 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.574 Poin

    Maaf mas @Salve, saya baru bisa balas... :) Menurut pendapat saya, formula yang mas gunakan kurang tepat. Jika memang hasil yang diinginkan hanya sebatas perhitungan durasi jam kerja, dengan formula (Jam Masuk - Jam Pulang) - Durasi Istirahat,

  5. Caton

    31 Jul 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.574 Poin

    Haha... maaf, komentar terposting tanpa sengaja... ;) Jika memang hasil yang diinginkan hanya sebatas perhitungan durasi jam kerja, dengan formula (Jam Masuk - Jam Pulang) - Durasi Istirahat, maka mas @Salve bisa menggunakan salah satu formula berikut:

    =(G5-F5)*24-1
    =(G5-F5)-1/24

    Formula pertama digunakan jika ingin hasilnya dalam bentuk bilangan normal, sedangkan formula kedua dalam bentuk Time Value. Formula yang mas gunakan saat ini pada dasarnya bertujuan untuk menghitung total jam kerja normal (8 jam) ditambah jam lembur (1 jam pertama setelah jam kerja normal, dan durasi selanjutnya setelah 1 jam pertama).

    Apakah formula tersebut bisa digunakan? Bisa, namun apakah sesuai kebutuhan... ;) Bila memang mas @Salve ingin kelebihan durasi tetap dihitung berdasarkan perhitungan lembur, saya kira formula tersebut bisa dgunakan. Namun jika mas @Salve hanya ingin menghitung durasi antara Jam Masuk dan Jam Pulang dikurangi Durasi Istirahat, menurut saya formula yang saya utarakan di atas lebih ringkas... ;) Sebagai gambaran, bisa dilihat dari file terlampir.

  6. Pagi Pak Caton,

    ini sudah sangat mencerahkan.. ;) Trimakasih banyak untuk pelajarannya

    Regards,
    Salve

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!