Merubah angka ke teks bebas

  1. tahun lalu

    Salam kenal....
    Saya punya kolom
    1...2...3...4 yang mana kolom 4 adalah hasil dengan rumus dari kolom 1.2.3.yang saya tanyakan hasil dari kolom 4 dapatkah saya rubah menjadi kalimat ke kolom 5 sesui keinginan saya.bagaimanakah caranya.
    Terima kasih atas jawaban yg diberikan.

    Salam kenal mas @Ipunk ...

    Untuk pertanyaan yang ditanyakan, jawabannya mungkin bisa, mungkin juga tidak. Tentunya harus diketahui dahulu hasil pada kolom 4 itu berupa apa. Apakah berupa angka, teks atau senarai (Array)? Dan akan bagaimana nantinya kalimat pada kolom 5 disusun? Ataukah mas maunya membuat fungsi terbilang? Ada baiknya mas @Ipunk lampirkan file contoh kasusnya atau screen shootnya agar kasusnya bisa lebih jelas... :)

  2. Caton

    23 Jul 2017 Terverifikasi Jawaban Terpilih Indonesia + 10.420 Poin

    Salam kenal mas @Ipunk ...

    Untuk pertanyaan yang ditanyakan, jawabannya mungkin bisa, mungkin juga tidak. Tentunya harus diketahui dahulu hasil pada kolom 4 itu berupa apa. Apakah berupa angka, teks atau senarai (Array)? Dan akan bagaimana nantinya kalimat pada kolom 5 disusun? Ataukah mas maunya membuat fungsi terbilang? Ada baiknya mas @Ipunk lampirkan file contoh kasusnya atau screen shootnya agar kasusnya bisa lebih jelas... :)

  3. Hasil dari kolom 4 itu bisa angka 1.2...2.5 ...6.7 dst.disitu nantinya bisa dikodekan seperti pada spss 1.2 dikategorikan merah...2.5 dikategorikan biru.
    Nantinya di kolom 5 hasilnya melihat kolom 4 yg otomatis mengisi sendiri.seperti itu kira2 mas. Caton.terima kasih udah bantu jawab.masih pemula soalnya

  4. Caton

    23 Jul 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.420 Poin

    Begini mas @Ipunk, saya pribadi tidak tahu SPSS karena tidak pernah menggunakannya, sehingga tidak punya bayangan ^_^; ... Apakah kategori merah dan biru tersebut berupa kalimat (teks) atau benar-benar warna... :) Jika warna, solusinya mungkin bisa dengan menggunakan Conditional Formatting. Jika teks, mungkin butuh formula lebih atau bisa saja menggunakan macro. Jadi, dalam hal ini, secara pribadi saya hanya bisa mengatakan mungkin saja bisa diselesaikan.

    Sebagai contoh, jika ingin nilai dibawah 2.5 dikategorikan merah, nilai 2.5 sampai dengan 5 dikategorikan biru, dan nilai di atas 5 dikategorikan hijau, tinggal penyelesaiannya mau bagaimana. Misalnya di kolom 5 mau tampil warna saja, ya kita bisa gunakan fitur Conditional Formatting saja. Namun jika ingin berupa teks, mungkin yang digunakan cukup fungsi IF. Mau kedua-duanya, ya tinggal digabungkan saja... ;) Saya kira, dengan memberikan informasi yang lebih jelas, banyak rekan-rekan lain yang bisa segera membantu mas @Ipunk.

    Atau jika bisa, sebagaimana yang saya utarakan sebelumnya, alangkah baiknya ada contoh file atau screen shoot yang bisa jadi bahan untuk diselesaikan atau dicarikan solusinya. Berikan juga keterangan yang jelas, misalnya jika kriterianya begini hasilnya begitu... haha... :D

  5. saya berpikiran sama dengan mas@Caton , conditional formating untuk warna dicell dengan kondisi, dan if untuk kasih teks dari hasil dikolom 4.. lebih jelas kasih lampiran mas@Ipunk

  6. Maaf baru lihat penjelasannya om..maklum repot ... sepertinya maksudnya seperti jawaban diatas pake teks.15027265573001133419521.jpg maksudnya kaya gambar yg saya sertakan.

  7. Kalo pake if atau kondisional tutornya gimana ya om....

  8. Caton

    14 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.420 Poin

    Mas @Ipunk... Tadinya saya kira bagaimana kasusnya. Kalau ingin mendapatkan nilai antara dua nilai pada range atau tabel nilai tertentu dan mengembalikan nilai pada kolom lain pada baris yang sesuai dengan nilai input dalam range atau tabel yang sama, bisa menggunakan fungsi VLOOKUP, HLOOKUP atau INDEX+MATCH, atau CHOOSE+SUMPRODUCT, atau pakai fungsi IF saja... Agar mudah, coba lihat file terlampir... ;)

  9. seperti biasa mantap formulanya mas@Caton :D
    maaf sebelumnya, saya upload ulang filenya karena mas@Caton kelupaan conditional formatingnya..hehe
    Mas @Ipunk biar ga monoton, merah untuk kritis, kuning untuk bahaya, hijau untuk aman..

  10. Waduh makasih semuanya....masih saya pelajari ...... pusing hhh..... moga nanti bisa di aplikasikan.saya kira lebih mudah ternyata sulit juga (dalam hati bisa otomatis ter kode)....kalo di spss sblm kerja di lembarnya biasanya kita kode dulu untuk kriteria.jadi wktu ngisi form tinggal ketik kodenya langsung muncul hasilnya.semisal 1 bahaya....kalo di ketik langsung jadi teks bahaya gitu.... kalo pake cara diatas harus buat seperti itu ya om.

  11. Caton

    15 Agu 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.420 Poin

    @Ipunk ....kalo di spss sblm kerja di lembarnya biasanya kita kode dulu untuk kriteria.jadi wktu ngisi form tinggal ketik kodenya langsung muncul hasilnya.

    Hehe... ya buat atau ubah saja Tabel Referensi yang sesuai keinginan mas @Ipunk... :) Masukkan data atau nilai yang diinginkan, terus tentukan teks kriterianya. Susun kembali bentuk dan formula seperti tabel warna oranye pada file yang sudah saya lampirkan. Masukkan nilai pada kolom nilai, hasilnya keluar otomatis. Tinggal dipilih mau formula yang bagaimana... :)

    @Ipunk jadi wktu ngisi form tinggal ketik kodenya langsung muncul hasilnya.semisal 1 bahaya....kalo di ketik langsung jadi teks bahaya gitu....

    Mau yang sekali ketik langsung keluar kriteria, ya mungkin pake macro saja... hehe... :D

    @Ipunk kalo pake cara diatas harus buat seperti itu ya om.

    Kita khan diskusi seputar Excel, bukan SPSS. Di Excel, kalkulasinya khan diotomasi melalui formula, dan tentu formulanya itu harus dibuat. :S Kalo fungsi-fungsi utamanya sih sudah dibikinin sama Micro.... jadi gak usah dipikirin lagi... hahaha... kecuali mau bikin fungsi sendiri pake macro ;)

  12. 12 bulan yang lalu

    Iya om bahas nya excel..spss cuma untuk bandingan..maunya gitu....ya maklum sekedar bisa2 doang ni sayanya....makasih penjelasannya...masih tahap belajar tutor diatas :D

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!