formula IF

  1. tahun lalu

    Dear All
    Selamat Pagi dan salam kenal .
    Saya ada pertanyaan mengenai rumus IF pada excel, kebetulan saya sedang membuat aplikasi payroll dari excel , , saya mempunyai du file excel yaitu file payroll dan file absensi, di file payroll rumusnya sudah saya buat, file absensi itu manual, karena absen di tempat sy masih manual, khususnya orang lapangan, yg saya tanyakan adalah bagaimana caranya file payrol tersebut terkoneksi dengan file absensi, contohnya apabila di absensi kodenya H(hadir) maka di payrol jd angka 1 ( yg nantinya ada perkalian di payrol), saaat ini rumusannya sudah saya buat tetapi saya harus copy satu2 (perorang) dan pertanggal, bisa gak ya rumus tersebut bisa tercopy atau mungkin rekan2 ada rumus laen mohon share kesaya.. berikut saya kirimkan contohnya (yg saya blok warna merah).

    Demikian Terimakasih

  2. contoh filenya blum diupload mas@ddwiyant

  3. ohh iya ,, ngapunten kelalen mas,, mohon sarannya . terimakasih

  4. itu saya kasih id biar gampang manggil datanya mas@ddwiyant , yang saya ubah hanya present yang diambil dari data absen, untuk yang lain bisa diatur sendiri.. trus ada yang H,A,C,L itu apa ya? aku kasih H=1,A=0,C=1,L=0 sesuai rumus yang saya ganti mas@ddwiyant ..

  5. biar link datanya nyambung, payrol ditempatkan satu folder sama absen ya mas @ddwiyant

  6. Terimakasih banyak ya mas @Zolydck atas arahannya, saya coba dulu , nanti kalau saya ada masalah saya mohon izin tanya lagi.. hehe.... Barrakallahufikkum Mas

  7. Untuk H,A,C,L itu mas, H=hadir, A=ABSEN, C=CUTI,L=LIBUR,, mas saya udah coba buka, nah yang saya agak bingung lagi, langkah selanjutnya gimana mas apakah data absennya saya copy sheet ke data yang sampeyan kirim atau bagaimana ya mas, mohon arahannya.

  8. hadeww ...Bingung saya mas,,, ini saya kirimkan data saya asli bukan contoh,, mohon arahannya, ?

  9. oo, data filenya mas@ddwiyant itukan dibuat tiap karyawan per sheet (itu kurang efektif), maka seperti contoh saya tadi menggunakan acuan no karyawan. maka datanya berubah otomatis dengan syarat mempunyai database data lengkap seperti absensi tadi.. untuk arahan lengkap Mas @ddwiyant bingung dimana?

  10. Ok mas,, satu lg mas,, untuk ngelink data payroll dan data absen ,contohnya si A tgl 3 juli dalam data absen kita input H (hadir) kalau bisakan di payrolnya otomatis di coloum present berubah jadi "1" begitu jg kalau kitainput A(alpha) maka akan berubah menjadi "0", saat ini rumusnyakan sudah saya buat ya mas, tapi saya harus satu2 merubahnya , nah bisa gak ya bisa copy formula gitu..

  11. menurutku itu sudah otomatis mas@ddwiyant , tapi kalo yang dimaksud beda sepertinya harus lebih detail penjelasan/ remote jarak jauh..

  12. gimana caranya ya mas... dasar akunya agak telmi banget sama excel, jadinya bingung..hehe...

  13. coba diklik panahnya Mas@ddwiyant

  14. Caton

    21 Jul 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.382 Poin

    Mas @Ddwiyant ...

    Menurut saya, apa yang mas @Zolydck (colek ah... :D) buat sudah benar, seperti gambar di atas saya :D Jika yang bikin bingung itu formulanya, mungkin perlu dipelajari kembali mengenai fungsi OFFSET, atau bisa didiskusikan kembali. Saya sendiri mencoba dengan pendekatan lain, yakni menggunakan nama range. Sebagai gambaran:

    name-manager.png

    Mungkin lebih mudah jika lihat contoh file terlampir. Sama saja dengan mas @Zolydck buat, hanya saja untuk mengubah indeks datanya, pada kolom E5 sheet Payroll file Tes-Payroll.xlsx saya menggunakan fitur Validation List. Tinggal pilih nama dari dropdown list-nya.

    Jika terkendala formula, didiskusikan saja formula yang membuat mas bingung... ;)

  15. Dear Mas @Zolydck iya terimakasih sebelumnya, tanda panahnya sudah saya klik memang muncul pernama tetapi yang mas kirim kesaya kan hanya payrollnya, jd setelah saya klik panah di coloum present "#VALUE# saya mau copy paste formula sampeyan bingung ...hehe,,, walah kacau jg saya ini... sory lho mas ngerepotin...

    Dear Mas Caton, terimakasih atas sarannya,, cb saya buka dulu dan saya pelajari saran dari sampeyan.... padahal sepertinya saya jg bingung ,,, weh piye penake ini, sepertinya harus kursus sama sampeyan berdua nih...

  16. iya, maaf saya masih belajar juga.. saya upload file payrollnya karena cuma itu yang saya ubah.. lalu untuk hasil "#value# dikarenakan formulanya link ke file excel yang lain(data absen) maka file tersebut harus dibuka dulu agar formula jalan.. tetapi sepertinya bisa diperbaiki tanpa harus buka file yang diluar dengan nama range seperti yang dijelaskan mas @Caton

  17. Caton

    22 Jul 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.382 Poin

    Hasilnya sudah bagus kok mas @Zolydck ... ;) Punya saya, masalahnya ada pada Validation List-nya. Karena jika file absennya tertutup, maka dropdown list-nya jadi mandeg. Solusinya ganti dengan kontrol Spin Button seperti mas @Zolydck gunakan...

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!