Membuat perintah print

  1. 7 tahun lalu

    Mohon maaf bapak /ibu, karena keterbatasan ilmu excel saya banyak bertanya.
    Bagaimana cara membuat perintah print pada sebuah sheet ( DATA PD), sehingga kita dapat ngeprint dari halaman 1 sampai dengan 7 misalnya. Hasil print halaman 1 sampai dengan 7,datanya sesuai dengan nomor urut yang diambil dari sheet lain ( KET DIRI PD).
    Contoh file saya lampirkan
    Terima kasih atas perhatiannya.

  2. Caton

    16 Jul 2017 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin

    Yang saya pahami dari pertanyaan dan isi file yang mas lampirkan adalah mas @Suyadi ingin dapat mencetak data pada sheet DATA PD melalui sheet KET DIRI PD, salah satu atau seluruh data yang ada pada sheet DATA PD.

    Sebagai bahan latihan, saya buatkan beberapa contoh pada file terlampir. Jika proses mencetak ingin dilakukan secara manual (non macro/VBA Code), bisa dilihat dan dicoba pada sheet Cetak_KDPD, dimana range Print_Area dibuat dinamis menggunakan formula. Tinggal ubah pilihan pada dropdown Pilihan Cetak, maka range Print_Area akan berubah otomatis. Untuk mencetak satu halaman/data saja, cukup pilih pilihan pertama. Sedangkan pilihan kedua baik digunakan untuk mencetak banyak halaman/data.

    Jika ingin menggunakan kode VBA, pada sheet DATA PD dan sheet Cetak_KDPD ada tombol cetak yang bisa dipelajari skrip kodenya. Sebagai informasi, untuk tombol Cetak Langsung Dari Sheet Ini, sebelum diklik, pilih dahulu baris data yang akan dicetak. Maaf, tidak semua baris kode yang saya berikan penjelasan.

    Silahkan dicoba dan dimodifikasi. Jika ada masalah, silahkan didiskusikan kembali... :)

  3. Terima kasih banyak pa Caton atas penjelasan/bantuannya juga contoh filenya.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!