Sortir Data

  1. tahun lalu

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih karena dibantu menyelesaikan laporan excel ini.

    anggap di sheet 2 adalah data utama dan sheet 1 adalah data penunjang.
    yang ingin saya tanyakan, bila ada nama atau NIK di sheet 2 yang muncul di sheet 1 maka kolom F di sheet 2 akan muncul keterangan sudah, begitu pula sebaliknya.
    saya mencoba menggunakan sort tapi gagal, mohon maaf karena ini hanya contoh saja, sedangkan data sebenarnya ada puluhan ribu.
    mohon bantuan dari master-master excel di forum ini.

    Untuk formulanya saya yakin mas @Fajar juga bisa. Sering mencoba dan belajar dari kasus-kasus Excel... :D Mengenai angka, ini memang kekurangan Excel ketika menangani angka lebih dari 15 digit. Salah satu artikel yang membahas hal ini, beserta jalan keluarnya bisa dibaca di artikel Memperbaiki Angka yang Berubah Otomatis Menjadi Nol atau Berakhiran Tanda Plus di Excel . Perbaiki perbedaan antara kedua sheet agar hasil kalkulasinya lebih tepat... ;)

  2. Caton

    10 Jul 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.014 Poin

    Jika tidak salah ada kasus serupa diforum ini, tapi saya lupa linknya... :|. Namun sebagai contoh atau acuan, mas @Fajar bisa pelajari dari file terlampir.

  3. Om Caton, mohon maaf sekiranya bisa untuk file contoh nya dari yg terlampir aja om, rada lieur sayah.. T_T..

  4. Caton

    11 Jul 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.014 Poin

    Mas @Fajar... maaf juga euy :) Saat ini saya hanya bisa bantu pakai lampiran dari saya karena memang tidak ada lampiran contoh data dari mas @Fajar... :) Jika bisa, tolong diunggah ulang contoh file milik mas @Fajar... ;)

  5. terlampir om caton, hampuraaa

  6. Caton

    11 Jul 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.014 Poin

    Dicoba file terlampir mas @Fajar. Jika kurang sesuai, silahkan didiskusikan kembali. Sekedar informasi, ada dua konsep yang saya buat, pertama pencarian berdasarkan NIK dahulu baru NAMA+ALAMAT (Sheet2A). Kedua hanya berdasarkan NAMA+ALAMAT (Sheet2B). Menurut saya, yang terbaik adalah berdasarkan NIK, karena sifat NIK adalah unik tanpa duplikat. Hanya saja pada contoh data yang mas lampirkan, ada sedikit perbedaan pada kolom NIK (contoh baris ke 162, DADEN JAMALUDIN, 3201172008830000. Di Sheet1, nilainya 3201172008830002).

  7. saya coba dulu Om Caton,
    untuk data yg NIK itu, sepertinya yang ini 3201172008830000 yang benar, sesuai jumlah NIK. coba Om Caton samain sama jumlah NIK di KTP Om Caton ^_^

  8. Caton

    11 Jul 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.014 Poin

    Silahkan dicoba dan dikoreksi dahulu. Jika ada masalah, bisa kita diskusikan kembali. Mengenai NIK, perhatikan angka terakhirnya, agar kalkulasi lebih tepat, samakan nilai keduanya pada entiti yang sesuai (data di Sheet1 dan data di Sheet2). Panjang karakter keduanya sama kok. Mengenai mana yang benar, mas @Fajar bisa tentukan sendiri, karena mas @Fajar yang lebih tahu.... ;)

  9. mau bantu tapi pusing.. soalnya datanya ga logis.. lebih mudah berdasarkan NIK karena pasti hanya 1 jenis yang sama, tapi kalo rumah juga bisa (di data alamat rumahnya sama semua)..maaf pusing diawal..hehe

  10. Caton

    11 Jul 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.014 Poin

    Haha... Iya mas @Zolydck, awalnya saya juga bingung. Harapan saya kolom NIK semua terisi, ternyata tidak demikian. Karenanya saya buat 2 konsep. Utamanya cari berdasarkan NIK dahulu. Untuk konsep kedua (NAMA+ALAMAT), kemungkinan duplikat masih ada, namun setidaknya masih minimal. Mudah-mudahan mas @Fajar sudah bisa terbantukan... :)

  11. @Caton Dicoba file terlampir mas @Fajar. Jika kurang sesuai, silahkan didiskusikan kembali. Sekedar informasi, ada dua konsep yang saya buat, pertama pencarian berdasarkan NIK dahulu baru NAMA+ALAMAT (Sheet2A). Kedua hanya berdasarkan NAMA+ALAMAT (Sheet2B). Menurut saya, yang terbaik adalah berdasarkan NIK, karena sifat NIK adalah unik tanpa duplikat. Hanya saja pada contoh data yang mas lampirkan, ada sedikit perbedaan pada kolom NIK (contoh baris ke 162, DADEN JAMALUDIN, 3201172008830000. Di Sheet1, nilainya 3201172008830002).

    @Caton Dicoba file terlampir mas @Fajar. Jika kurang sesuai, silahkan didiskusikan kembali. Sekedar informasi, ada dua konsep yang saya buat, pertama pencarian berdasarkan NIK dahulu baru NAMA+ALAMAT (Sheet2A). Kedua hanya berdasarkan NAMA+ALAMAT (Sheet2B). Menurut saya, yang terbaik adalah berdasarkan NIK, karena sifat NIK adalah unik tanpa duplikat. Hanya saja pada contoh data yang mas lampirkan, ada sedikit perbedaan pada kolom NIK (contoh baris ke 162, DADEN JAMALUDIN, 3201172008830000. Di Sheet1, nilainya 3201172008830002).

    mantap rumusnya mas @Caton , harus belajar lagi aku.. ga nyampe logikanya...hehe

  12. Itu dia Om Zolydck, ga kesampean sayah ilmu nya.. mantep dah Om Caton

    oiya Om Caton dan Om Zolydck, itu contoh lampiran ada kesalahan di NIK.. saya ubah ke Number kemudian angka terakhir berubah jadi 0 (nol). makanya ada beberapa hasil nya BELUM.
    saya coba cari2 nih om, cara ubah jumlah angka di NIK agar bisa tertulis semua. barangkali ada yg punya link nya om ?
    kalau di file saya permasalahannya, NIK sudah tertulis semua dengan tanda petik di depan angkanya dan format cell nya General. saya coba formatnya diubah ke Number kemudian replace all hasilnya angka terkahir menjadi 0. kalau di ubah teks hasil nya ada xxx+13.

  13. Caton

    12 Jul 2017 Terverifikasi Jawaban Terpilih Indonesia + 12.014 Poin

    Untuk formulanya saya yakin mas @Fajar juga bisa. Sering mencoba dan belajar dari kasus-kasus Excel... :D Mengenai angka, ini memang kekurangan Excel ketika menangani angka lebih dari 15 digit. Salah satu artikel yang membahas hal ini, beserta jalan keluarnya bisa dibaca di artikel Memperbaiki Angka yang Berubah Otomatis Menjadi Nol atau Berakhiran Tanda Plus di Excel . Perbaiki perbedaan antara kedua sheet agar hasil kalkulasinya lebih tepat... ;)

  14. Om Caton, hatur nuhun buat bantuannya.

    soal NIK, akhirnya saya pakai fungsi MID om ^_^

  15. 8 bulan yang lalu

    bagaimana klo kriterianya bertambah banyak mas @Caton & mas@Zolydck ??
    sperti yang saya lampirkan

  16. Caton

    9 Peb 2018 Terverifikasi Indonesia + 12.014 Poin

    Terlampir contoh solusinya. Jika kurang sesuai, silahkan coba diobrak-abrik formulanya... :D Dan satu hal lagi, meski topik diskusinya sama, atau pertanyaannya mirip, lebih baik buat diskusi baru saja, lalu buat tautan (link) ke diskusi yang dirujuk... Demikian... ;)

  17. Di sunting 8 bulan yang lalu oleh goral

    ooow,..ternyata pakai kolom bantu ya,mas
    baik,mas ..trimakasih juga untuk formulanya :)

  18. Caton

    10 Peb 2018 Terverifikasi Indonesia + 12.014 Poin

    Sama-sama mas @Goral... ;)

    ... ternyata pakai kolom bantu ya ...

    Tanpa kolom bantu pun bisa, seperti pada diskusi sebelumnya. Masukkan saja formula pada kolom IDX ke dalam formula kolom CEK. Untuk lebih cepatnya, letakkan kursor pada sel I4, kemudian gunakan fitur Find and Replace (CONTROL H). Pada kolom Find what: masukkan nilai [@IDX] dan pada kolom Replace with: isi dengan =IFERROR(MATCH([@KODE];Table1[KODE];0);0):

    Shoot046.png

    Pada kasus dimana formulanya cukup kompleks, kolom bantu ada kalanya dibutuhkan. Kita dapat menggunakan kolom bantu untuk mengurai proses kalkulasi menjadi beberapa tahapan. Jika pada tahapan akhir kalkulasi sudah sesuai harapan (target), maka kita dapat menyatukan (jika memungkinkan) tahapan-tahapan tersebut ke dalam satu bentuk formula utuh. Seperti pada file yang saya lampirkan di atas, sengaja saya membiarkan formula pada kolom IDX tersebut tidak saya satukan ke dalam formula kolom CEK dengan harapan mas @Goral dapat mencoba menyatukannya sendiri (seperti contoh pada diskusi sebelumnya)... ;)

    Ada kalanya kolom bantu digunakan untuk menghindari formulasi menggunakan Array Formula, ada kalanya kolom bantu memang harus ada dikarenakan formulanya tidak memungkinkan untuk disatukan. Demikian sedikit gosip tentang kolom bantu... :D

  19. Di sunting 8 bulan yang lalu oleh goral

    iya,mas @Caton ..saya memang sedang mencari contoh formula2,yang sekiranya nanti memang saya mau coba modifikasi sendiri..:)kadang kalo sudah mentok,dicari2 formulanya sampai 1 hari gak ketemu2,baru tanya sana - sini..hihihi
    trimakasih untuk ilmunya ya,mas

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!