menu import data

  1. tahun lalu

    mas master semua. mohon solusi nya ya.

    saya lagi buat file excel. maksud hati ingin agar saya bisa mengimport data dari isi sheet file A ke file B. yang mau saya import tidak semua isi sheet. file ini mau saya fungsinya utk menginput nilai siswa.

    file master nya dipegang wali kelas. sedangkan file nilai dipegang guru. guru mengisi file dan setelah selesai menyerahkan ke wali kelas. wali kelas memasukkan isi sheet dengan cara mengimport file excel dari guru dan data sheet yang di maksud seperti nama siswa dan nilai langsung berpindah ke file master yang dipegang wali kelas. jadi wali kelas tidak perlu menginput semua data satu per satu.

    dan juga saya mau minta tolong script untuk tombol download file di excel untuk template file yang di isi guru.

    makasih master semua.

  2. Caton

    28 Jun 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.569 Poin

    Pengennya sih ada contoh file masternya, sehingga bisa dipahami apa dan bagaimana impor data yang diinginkan. Tapi, saya coba bantu saja dengan file terlampir. Silahkan dicoba dan dipelajari saja dulu. Jika tidak sesuai, silahkan dimodifikasi sesuai keinginan. Untuk masalah kedua, tentang tombol download, saya memahami maksudnya sebagai copy sebuah sheet (Template) ke Workbook baru. Mudah-mudahan demikian... :)

  3. pengguna baru ini pak, masih dipermasalahan diatas, yang saya tanyakan bagaimana jika yang import langsung semua sheet, (maksudnya semua nilai gabungan, tanpa harus memilih pada masing2 sheet). Trimakasih....

  4. saya tunggu ms caton...makasih

  5. tghfox

    4 Okt 2017 Terverifikasi Bekasi Barat + 436 Poin

    @Hendrik Hermawan saya tunggu ms caton...makasih

    Dlampirkan file contohnya sj pak, file sumber datanya spt apa dan nanti jadinya mau spt apa, nanti mas caton yg buatkan, hehe

  6. Caton

    5 Okt 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.569 Poin

    Mas @Hendrik Hermawan ... Silahkan dicoba, dipelajari dan dimodifikasi file terlampir. Mohon diperhatikan beberapa hal berikut:

    + Nama Range. Pada kode VBA yang saya susun, nama range sangat penting. Perhatikan, pada lembar kerja (Worksheet) dalam File Induk, terdapat nama range yang saya gunakan sebagai pengenal (Identifier) dari lembar kerja tujuan (Target Sheet). Nama range tersebut harus bersifat unik dan lingkup jangkauannya adalah Workbook. Nama range tersebut harus sinkron dengan nama range pada File Data. Jadi, pastikan saat membuat File Data yang nantinya akan diimpor ke dalam File Induk, pada lembar kerja dalam File Data diberikan nama range dengan awalan kata Sheet. (kata Sheet dan diikuti dengan tanda titik) dan diikuti dengan nama pengenal tambahan sesuai kebutuhan. Pada kode VBA yang saya susun tersebut, kata Sheet. merupakan kunci yang menandai bahwa lembar kerja tersebut merupakan lembar data sumber atau tujuan. Silahkan diperiksa pada file terlampir, pada sel A1 masing-masing pada sheet IPA dan sheet MTK dalam FIle Induk, dan pada sel A1 masing-masing pada sheet Data-MTK, sheet Data-IPA dan sheet Data-PAI dalam File Data.

    Shoot026.png

    + Mengaktifkan Macro. Untuk mengaktifkan macronya, gunakan tombol yang pada Ribbon Tab Data > Impor Data. Menu ini saya buat dengan Excel 2010. Mungkin di Excel 2007 masih bisa muncul. Jika tidak, mas @Hendrik Hermawan bisa membuat tombol sementara menggunakan Form Button atau Shape yang ditetapkan (assign) ke macro pada modul mdlCommon.

    Shoot027.png

    + Pilihan Impor. Saya coba buatkan pilihan impor data yang fleksibel, jadi bisa hanya satu sheet atau banyak sheet sekaligus. Tinggal centang pilihan Impor seluruh lembar kerja untuk mengimpor seluruh lembar kerja pada File Data. Proses hanya akan mengimpor lembar kerja apabila lembar kerja tujuan ada pada File Induk (proses pengenalan lembar kerja tujuan menggunakan nama range sebagaimana saya jelaskan di atas).

    Shoot029.png

    Masih ada kemungkinan terjadi kesalahan atau masalah sehingga pastikan untuk mencobanya dengan data sementara. Silahkan didiskusikan kembali jika ada kendala dan masalah... :)

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!