Kode Macro Validasi Membuka File dengan SN Harddisk

  1. 2 tahun lalu

    teman2. tolong bantu ya..

    saya mau buat validasi untuk membuka file excel dengan serial number harddisk

    saya udah buat userform penampil serial number nya.

    serial number nya saya letakkan di sheet1 pada cell A1

    gimana ya kode macro nya supaya sewaktu userform pada textbox menampilkan nomor yang sama dengan isi cell A1 di sheet1 maka workbook terbuka tetapi jika berbeda maka workbook otomatis akan tertutup.

    makasih ya jawaban nya.

  2. Caton

    22 Mei 2017 Terverifikasi Indonesia + 13.250 Poin

    Saya coba bantu mas @muhammad suriyanto ...

    Menurut saya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika hanya untuk melakukan komparasi antara teks pada Textbox dan nilai atau teks pada sebuah sel, misalnya:

    ...
    If (StrComp(Me.TextBox1.Text, Sheet1.Range("A1").Text) = 0) Then
         ' Teruskan proses untuk membuka Workbook
    Else
         ThisWorkbook.Close SaveChange:=False
    End If
    ...

    Atau cukup dengan:

    ...
    If (Me.TextBox1.Text<>Sheet1.Range("A1").Text) Then
         ThisWorkbook.Close SaveChange:=False
    End If
    ...

    Atau misalnya:

    ...
    If Not Module1.ValidasiSerial(Me.TextBox1.Text, Sheet1.Range("A1").Text) Then
         ThisWorkbook.Close SaveChange:=False
    End If
    ...

    Untuk yang terakhir, ValidasiSerial merupakan sebuah fungsi pada Module1 dengan tipe hasil Boolean yang akan berfungsi untuk memvalidasi serial number. Jadi, kita buatkan sebuah prosedur khusus yang akan menguji masukan (input) dari pengguna dan kode serial yang kita tentukan. Dan saya yakin masih banyak lagi cara lainnya... :D Mungkin ada rekan-rekan yang lebih berpengalaman bisa berbagi...

    Yang pasti, bagaimana kode programnya bergantung kepada pengetahuan pemrograman VBA kita, semisalnya terhadap logika dan sintaks pemrograman VBA, dan tentunya pengalaman. Sekali lagi, itu menurut pendapat saya... :D

  3. diditsatriyadi

    23 Mei 2017 Terverifikasi Surabaya + 1.103 Poin

    maaf rekan2 beorg, saya tidak terlalu paham dengan tujuannya membuat password protection excel via VBA?
    bukankah excel memiliki fasilitas untuk memprotek excel kita dengan cara saat menyimpan kita pilih tool > general options ? tersedia 2 opsi, password to open dan password to modify.. bukankah itu sudah cukup kuat sulit ditembus? hehehe :D

  4. Tujuannya supaya pengguna file excel tidak bisa menggunakan file hasil pengcopyan ... (He he he jadi aplikasi berbayar ... itu pendapat pribadi saya lho)

  5. diditsatriyadi

    23 Mei 2017 Terverifikasi Surabaya + 1.103 Poin

    benar @parjoboy, tapi kenapa membuat proteksi password dengan VBA? kan sudah ada fasilitas password to open dan password to modify?

  6. Caton

    23 Mei 2017 Terverifikasi Indonesia + 13.250 Poin
    Di sunting 2 tahun lalu oleh Caton

    Maaf mas @diditsatriyadi... saya coba bantu menjelaskan ya. Yang saya pahami, mas @muhammad suriyanto ini ingin agar aplikasi Excel yang dia buat nantinya hanya bisa digunakan pada komputer yang telah memilki serial number. Masalahnya, jika menggunakan fitur password to open dan password to modify sebagaimana yang mas @diditsatriyadi maksudkan, kelemahannya bukan pada proteksi filenya, namun pada proteksi penyalinannya.

    Misalnya begini, saya memberikan salinan (copy) aplikasi Excel yang saya buat kepada mas @diditsatriyadi . File tersebut saya berikan password untuk membuka atau memodifikasinya. Tentunya, saya harus memberi tahu mas @diditsatriyadi password dari file tersebut agar bisa mas gunakan. Kemudian ternyata mas @diditsatriyadi memberikan pula salinan file tersebut kepada mas @parjoboy berikut passwordnya, dan oleh mas @parjoboy file tersebut kemudian digunakan dan disimpan dengan tanpa menggunakan password. Suatu ketika, ternyata file tersebut ternyata disalin oleh mas @muhammad suriyanto dalam keadaan tanpa password untuk membuka atau memodifikasinya... dan seterusnya, file tersebut menyebar kemana-mana... :D

    Oleh karena saya tak ingin aplikasi Excel yang saya tersalin secara bebas, akhirnya saya membuat semacam proteksi yang akan memvalidasi apakah salinan file tersebut dapat digunakan pada komputer pengguna. Sehingga, meskipun file dari aplikasi Excel tersebut tidak tersimpan dalam keadaan terproteksi menggunakan password, namun masih ada proteksi lain yang membatasi penggunaannya. Silahkan filenya disalin secara bebas, namun untuk menggunakannya, harus ada nomor serialnya... :)

    Mungkin dari permisalan di atas, mas @diditsatriyadi bisa memahami tujuan dari proteksi yang diinginkan oleh mas @muhammad suriyanto. Intinya, sebagaimana yang diterangkan oleh mas @parjoboy, bukan proteksi untuk membuka dan memodifikasi filenya, namun proteksi terhadap penyalinan (copy) dan penggunaan filenya disembarang komputer.

    (Mohon maaf buat mas @diditsatriyadi, mas @parjoboy dan mas @muhammad suriyanto karena namanya dipinjam dalam permisalan di atas...)

  7. diditsatriyadi

    23 Mei 2017 Terverifikasi Surabaya + 1.103 Poin

    oke baru paham saya, terima kasih penjelasannya..

  8. Mas Suriyanto ... lebih baik serial number tidak diinputkan oleh pengguna sendiri (karena hal tersebut cenderung MERANGSANG pengguna untuk coba-coba), tetapi diperoleh dari hasil pendeteksian serial number flashdisk/hardisk oleh script VBA, sehingga mempersulit pengguna untuk mencoba-coba. Ide scriptnya: 1. Buat script VBA untuk membuat file Batch jenis text yang isinya "Vol" pada posisi path file excelnya. 2. Call applikasi CMD untuk menjalankan file batch tersebut yang hasilnya ditampilkan pada file teks baru. 3. Buat script membaca file teks baru tersebut yang dilanjutkan dengan melakukan parsing pada data serial number yang terletak pada file teks tersebut, letakan hasil parsing pada cell yang digunakan sebagai pembanding. 4. Hapus file Batch dan file teks baru tersebut.

    Hehehe selesai ... (Jadi begitu file excel dibuka secara otomatis serial number flashdisk/Hardisk terdeteksi hihihi ... kalo hasil pendeteksian tidak cocok ... tiba-tiba keluar dari file excel secara otomatis) ... Pengguna cenderung berpikir kenapa ya ..... Hihihi

  9. Paling paling tanya pada para master di be org ... ha ha ha

  10. Wah ikut nyimak ah

    Harusnya udah solve nih kan @muhammad suriyanto ?

    Ts nya respond dong biar jelas.

    @parjoboy .you're right bro..
    Lebih tepatnya lagi serial number hasil dari
    Serial no harddisk/unique string based on pc&custom string(*optiinal) dan kemudian menggunakan system encrypt&decrypt untuk metode R/W nya.
    1 hal yg ganjil.... kata "merangsang" nya itu lho bro...ga nahan.jadi ...

    hehe :D

  11. tahun lalu

    hehehe... maaf mas mas,, gk nimbul2.. insyaa Allah udah kelar masalah nya.. makasih ya ilmu nya.

  12. 8 bulan yang lalu

    permisi maas saya ada masalah yg seputaran soal kayak ini... soal aplikasi yng di buat dengan excel yang harus di minta serial number untuk penggunaanya ...kira'' gmana mas agar bisa menggunakan aplikasinya tampa registrasi?
    saya sudah bisa masuk untuk lihat vba nya tp belum bisa gunakan aplikasinya karena harus minta regristasi dulu aplikasinya ... mohon bantuanya mas .terimakasih

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!