Rumus penjumlahan tanpa pivot

  1. tahun lalu

    Mau tanya kak kalo cara menampilkan rekap nilai otomatis dalam 2 sheet tanpa menggunakan pivot. pake rumusnya gimana yah mohon bantuanya ?

    lampiran file

  2. Caton

    18 Mei 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin

    Maaf. Yang mau dikalkulasikan otomatis itu sel D8:H16 dengan kriteria sel C8:C16 (BG001 s.d. BG009) dan sel D6:H6 (A1 s.d. B2)...? Jika benar demikian, pakai fungsi COUNTIFS saja, seperti file terlampir. Klo salah, mungkin dapat diperjelas kembali deskripsi masalahnya. Atau mungkin ada para master yang akan turun tangan membantu :D ...

  3. sangat membantu terimakasih banyak kak. ^ ^

  4. kak mau tanya lagi supaya saya tambah pinter hehe.. bagaimana rumus countifs kalo saya mau bagi lagi per kolom dengan acuan per kota

    contoh saya lampirkan :

  5. Caton

    19 Mei 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin

    Sama saja mas @Armand, cuma menambahkan satu lagi kriteria pada fungsi COUNTIFS yang sudah digunakan. Pada dasarnya, fungsi COUNTIFS sama dengan fungsi COUNTIF, hanya saja pada fungsi COUNTIFS menampung lebih dari satu kriteria kalkulasi. Sehingga pada kasus mas @Armand, formulanya menjadi:

    =COUNTIFS(Sheet1!$E$4:$E$23;rekap!D$20;Sheet1!$F$4:$F$23;rekap!$C23;Sheet1!$G$4:$G$23;rekap!$D$21)

    atau dengan menggunakan Named Range menjadi:

    =COUNTIFS(DB.Kota;D$35;DB.Kode;$C38;DB.Sub;D$21)

    Saya pribadi lebih suka menggunakan formula kedua, karena lebih mudah untuk dievaluasi. DB.Kota merupakan nama untuk range E4:E23 pada Sheet1, DB.Kode untuk range F4:F23 pada Sheet1 dan DB.Sub untuk range G4:G23 pada Sheet1.

    Catatan: Pada lembar Sheet1, kolom nama kota (range E4:E23) jangan ada sel kosong. Bila ingin membuat tampilan tabel seperti demikian (ada baris kosong), jika hanya menggunakan fungsi COUNTIFS saja tidak akan menghasilkan kalkulasi yang tepat. Dalam kasus tersebut, dibutuhkan formula yang lebih kompleks.

  6. ok kak @Caton untuk pembahasanya tapi saya mau tanya kenapa hanya di kolom A1 saja muncul hasil nilainya. jangan digalakin yah saya masih newbie soalnya.
    mksih sebelumnya

  7. Caton

    19 Mei 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin

    @Armand jangan digalakin yah saya masih newbie soalnya.

    Haha... :D Tenang aja mas @Armand, saya juga masih belajar kok. Oia... tadi, karena terburu-buru, saya salah mengupload filenya >_< ... Maaf. Yang perlu diperhatikan adalah lokasi sel untuk referensi kriterianya:

    =COUNTIFS(Sheet1!$E$4:$E$23;$D$20;Sheet1!$F$4:$F$23;$C23;Sheet1!$G$4:$G$23;D$21)

    atau

    =COUNTIFS(DB.Kota;$D$35;DB.Kode;$C38;DB.Sub;D$36)

    Pada formula pertama, kriteria KOTA merujuk ke sel $D$20, dan dibuat absolut posisi kolom dan baris selnya. Untuk kriteria KODE, absolut pada posisi kolom selnya ($C23). Dan untuk kriteria SUB, absolut pada posisi baris selnya (D$21). Demikian pula untuk formula yang kedua. Perhatikan saja perbedaan dari posisi string dollar ($).

    Coba periksa kembali file terlampir... mudah-mudahan benar :)

  8. sepertinya harus belajar lebih keras lagi ini malah ga keluar nilainya haha.. salah memasukan posisi string dollarnya atau apaanya ini ? menggunakan cara name range malah bingung juga masukin db nya.
    makasih banyak untuk informasinya. andai saja bisa belajar langsung ^^

  9. Caton

    19 Mei 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin

    Sudah diperiksa file yang terakhir saya upload? Untuk Named Range, tekan tombol Control F3 untuk menampilkan jendela Name Manager, kemudian pilih salah satu definisi nama, dan kemudian klik pada kotak isian Refers to. Nanti secara otomatis Excel akan menampilkan area atau range yang telah didefinisikan dengan nama terpilih.

    Untuk COUNTIFS, bisa dipelajari di sini atau di sini ... :D

    Kalau memang masih ada kendala, upload filenya dan diskusikan saja lagi mas @Armand... biar kita sama-sama bisa belajar ;)

  10. sudah dibuka filenya cm pas saya buat ulang lagi sendiri malah ga bisa haha, untuk tutorial link diatas sih kalo dalam satu sheet masih bisa cuma kalo udah 2 sheet logika penggabungan rumusnya mumet -- maklum masih newbie :D

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!