Mengkategorikan Berdasarkan Konten

  1. tahun lalu
    Di sunting tahun lalu oleh d2pren

    Teman-teman, aku mau tanya nih.
    Saya punya list kategori: kitchen set, bedroom, living room, garden. Dan punya beberapa list data.
    Yang saya tanyakan, saya ingin mengkategorikan kolom TITLE berdasarkan list kategori tadi. Jika dalam list TITLE (gambar KIRI) ada satu atau dua kata dari kata ini (kitchen set, bedroom, living room, garden), maka pada kolom CATEGORY akan muncul kata yang sama tersebut (gambar KANAN)
    -image-

    Terima kasih sebelumnya :)

    saya buat 2 cara, yg cara I cukup 1 formula tapi ribet, dan cara II sederhana tapi menambah beberapa kolom tambahan

  2. diditsatriyadi

    6 Apr 2017 Terverifikasi Jawaban Terpilih Surabaya + 1.103 Poin

    saya buat 2 cara, yg cara I cukup 1 formula tapi ribet, dan cara II sederhana tapi menambah beberapa kolom tambahan

  3. @diditsatriyadi saya buat 2 cara, yg cara I cukup 1 formula tapi ribet, dan cara II sederhana tapi menambah beberapa kolom tambahan

    Sepertinya lebih aman pake cara yang pertama ya Mas. Soalnya kalo pake cara yang kedua, terus opsi kategorinya banyak, bakal makin melebar, heheheh...
    Oh iya, "qq" itu maksudnya jika tidak ada dalam kategori, maka hasilnya "qq" gitu ya?

    Btw, terima kasih untuk bantuannya mas :)

  4. diditsatriyadi

    6 Apr 2017 Terverifikasi Surabaya + 1.103 Poin

    begini penjelasannya.. karena cuma ada 4 kategori maka fungsi I cukup efektif utk masalah ini, rumus ini gabungan dari 4 fungsi yg mirip seperti IF(ISERROR(FIND("kitchen";B5));"";"kitchen, ") digabung dengan tanda &.
    hanya yg mengganggu hasil akhir penggabungannya ada tanda koma dan spasi (", ") untuk menyiasati di akhir hasil tanpa gangguan itu, maka penggabungan 4 fungsi tadi ditambahkan dengan "qq", lalu hapuskan kata yg mengandung ", qq" dengan "" menggunakan fungsi SUBSTITUTE, jadi "qq" itu trik saja biar bisa menghapus tanda koma di akhir hasil :)
    nah kalo opsi kategorinya semakin banyak maka fungsi ini jadi semakin panjang, kalo tidak salah excel memiliki keterbatasan untuk hal ini jadi cara ke II bisa jadi alternatif cuma akhirnya melebar ke kanan.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!