Rumus menjumlahkan angka berdasarkan kriteria tertentu

  1. 2 tahun lalu
    Di sunting 2 tahun lalu oleh fuad

    Bagaimana caranya membuat rumus menjumlahkan angka berdasarkan kriteria tertentu, tapi kriteria hanya di ambil 4 angka/huruf pertama saja.

    keterangan lebih jelas ada di dalam excel Sheet2.

    Book5.xlsx

    @fuad Bagaimana caranya membuat rumus menjumlahkan angka berdasarkan kriteria tertentu, tapi kriteria hanya di ambil 4 angka/huruf pertama saja.

    keterangan lebih jelas ada di dalam excel Sheet2.

    [attachment:587a24e85afca]

    coba ini gan :

    semoga membantu

    =SUMIF(Sheet1!$A$5:$A$19,"*"&LOOKUP(32768,SEARCH(Sheet2!$A$5:$A$22,A5),$A$5:$A$22)&"*",Sheet1!$B$5:$B$19)

    [attachment:587c2d93b7193]

  2. Fujiansyah92

    16 Jan 2017 Terverifikasi Jawaban Terpilih + 4.119 Poin

    @fuad Bagaimana caranya membuat rumus menjumlahkan angka berdasarkan kriteria tertentu, tapi kriteria hanya di ambil 4 angka/huruf pertama saja.

    keterangan lebih jelas ada di dalam excel Sheet2.

    coba ini gan :

    semoga membantu

    =SUMIF(Sheet1!$A$5:$A$19,"*"&LOOKUP(32768,SEARCH(Sheet2!$A$5:$A$22,A5),$A$5:$A$22)&"*",Sheet1!$B$5:$B$19)

    Book5.xlsx

  3. @Fujiansyah92 coba ini gan :

    semoga membantu

    =SUMIF(Sheet1!$A$5:$A$19,"*"&LOOKUP(32768,SEARCH(Sheet2!$A$5:$A$22,A5),$A$5:$A$22)&"*",Sheet1!$B$5:$B$19)

    [attachment:587c2d93b7193]

    Terima Kasih.. membantu banget.

  4. klo tulisan 32768 maksudnya apa ya gan?

  5. The maximum value pada binary number system yg 15 bits hanya sampai 32768 (atau 2^15) ..

    Intinya maximum value gan :D

  6. walau belum ngerti, tapi oke ajalah.. dan sekali lagi thanks untuk agan Fujiansyah92 :D

  7. @fuad walau belum ngerti, tapi oke ajalah.. dan sekali lagi thanks untuk agan Fujiansyah92 :D

    hahah...sama sama gan..

    anggap aja sama dengan 9999 gan ... bisa diganti ke value tsb ... :D

  8. klo misalkan berdasarkan 2 kriteria gimana?

    1. kriteria pertama berdasarkan kode seperti di atas.
    2. kriteria ke-dua berdasarkan tanggal (tulisannya 02/01/2017, tapi hanya di ambil tanggalnya saja)

    kira2 bisa ga ya?

  9. Bisa dibantu contoh filenya ?

  10. Mungkin seperti ini yg dimaksud (Pake sumifs) :
    =SUMIFS(Sheet1!$B$5:$B$19,Sheet1!$A$5:$A$19,"*"&LOOKUP(32768,SEARCH(Sheet2!$A$5:$A$22,A5),$A$5:$A$22)&"*",Sheet1!$C$5:$C$19,Sheet2!C5)

    Book5.xlsx

  11. @Fujiansyah92 Bisa dibantu contoh filenya ?

    contoh file Book6.xlsx

  12. @fuad contoh file

    Pake ini gan :D

    Book6.xlsx

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!