Cara Setting Format Number

  1. tahun lalu

    Selamat siang BEO,

    Sya butuh bntuan dong di excel sy error, gatau salah setting atau gmna
    misal, biasa Angka 33 & 1.300 sya klik comma style jadinya kan 33.00 & 1.300.00 ada penmbahan 2nol dibelakang koma nah kalau skrg keduanya sya klik comma style yg berubah cuma angka yg 33 aja jdi 33.00 yg ribuan dia tetap sma/gak berubah
    trus klau sya mau hilangkan 2 angka koma dibelakangnya dgn klik Decrease Decimal jadinya malah 33.. salahnya dmna ya?

    minta bantu juga sya klik format general angkanya knpa ga berubah ya
    contoh : 10.000.000,20 setelah di general biasanya jadi 10000000,20
    yg skrg kalau sya klik general gak ada yg berubah harusnya kan . (titik penghubungnya hilang)

    terimakasih tolong dibntu

  2. Caton

    10 May 2023 Terverifikasi Indonesia + 20.101 Poin

    @Merryyul ...

    Mungkin masalahnya ada di Regional Setting komputer yang dipakai, atau nilai sel yang seharusnya berupa angka (numerik) diinput dalam format teks. Untuk masalah pertama (Regional Setting), yang umum digunakan biasanya US dan ID. Klo US, pemisah nilai pecahan biasanya menggunakan tanda titik (tanda .), sedangkan untuk ID biasanya menggunakan tanda koma (tanda ,).

    Mungkin waktu memasukkan nilai ke dalam sel, nilai tersebut dimasukkan dengan memasukkan tanda pemisah nominal atau desimalnya?! Misalkan, di komputer dengan Regional Setting ID, Anda memasukkan nilai 1300 dengan mengetikkan 1.300?! Di Excel, untuk Regional Setting manapun (US atau ID), nilai angka (numerik) tidak perlu ditambahkan tanda pemisah nominal secara manual, kecuali untuk tanda pemisah pecahannya. Misalkan, untuk nilai 1.200.000, cukup diketik 1200000 ke dalam sel terkait. Atau misalkan untuk nilai 50,25 (ID) atau 50.25 (US), tanda pemisah pecahan disesuaikan dengan Regional Setting komputer yang digunakan. Sedangkan untuk menampilkan nilai numerik sesuai format Regional Setting-nya, baru digunakan fitur Format Cell.

    Untuk kemungkinan kedua, yakni nilai diinput dalam format teks, coba periksa format selnya. Ubah ke format general terlebih dahulu baru ubah ke format nilai yang diinginkan. Biasanya Excel akan mengubah nilai-nilai numerik pada setiap sel sesuai Regional Setting komputer secara otomatis.

    Waktu menginput sebuah nilai numerik, normalnya, Excel akan mengubah otomatis format nilai sel sesuai dengan Regional Setting dari komputer yang digunakan. Tapi ada kalanya tidak. Biasanya, untuk nilai-nilai hasil Copy Paste jarang yang dikonversikan dengan tepat oleh Excel.

    Mungkin itu yang terjadi. Klo bukan, mungkin bisa dilampirkan filenya agar bisa pelajari.

    Demikian.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!