hapus data,

  1. 7 bulan yang lalu

    selamat siang kakak semua, saya mau bertanya sama mau buat sistem database yang dinamis..
    saya ingin menghapus satu data di sheet employe disitu ada tombol delete.. jd kalau sudah di delete bisakah semua data di hubungkan di setiap sheet yang termasuk seperti sheet mouse,sheet komputer semua terhapus sesuai ID itu... tapi kalau di hapus di sheet masing" di sheet employe tidak terhapus.

  2. Caton

    29 Apr 2021 Terverifikasi Indonesia + 17.716 Poin

    @yusuf raja ;tamba ... kalau sudah di delete bisakah semua data di hubungkan di setiap sheet yang termasuk seperti sheet mouse,sheet komputer semua terhapus sesuai ID itu...

    Secara teori, bisa. Coba ekstrak file terlampir, di dalamnya ada file modProses.bas. Import file tersebut ke dalam VBE (di VBE, tekan CONTROL M). Kemudian eksekusi prosedur DeleteData. Untuk saat ini, perintah menghapus baris data saya non aktifkan dahulu, agar dapat diketahui apakah prosesnya sudah sesuai yang diharapkan. Lihat pada baris ke 47, pada perintah :

    xlRangeDst.Select ': xlRangeDst.Delete xlShiftUp

    script xlRangeDst.Delete xlShiftUp sengaja saya non aktifkan bisa dilihat dahulu apakah proses selanjutnya — yakni mengapus baris data pada sheet lainnya — sesuai dengan yang diharapkan. Pada baris ke 73, ada deklarasi variabel :

    sTargetSheet = "Sheet8"

    variabel sTargetSheet tersebut diisi dengan nama sheet (gunakan CodeName dari sheet terkait) yang menjadi target pencarian data yang akan dihapus. Misalkan untuk sheet Komputer_laptop = Sheet8, sheet MOUSE = Sheet13, maka variabel sTargetSheet dibuat menjadi :

    sTargetSheet = "Sheet8|Sheet13"

    Alasan lain mengapa script untuk menghapus baris data sengaja saya non aktifkan adalah karena saya tidak tahu pasti apakah data yang ingin dihapus hanya berdasarkan EMPLOYEE ID atau ada kriteria lainnya. Misalkan saja, jika pada sheet EMPLOYEE dihapus baris data dengan kode INA0280 pada baris ke-21 (brand = XPS 13 i7/16/512), maka pada sheet komputer_laptop baris data dengan kode INA0280 juga akan dihapus (brand = ASUS X441U/I3-7020U/4GB). Namun, meski masing-masing memiliki data brand komputer yang berbeda, data pada sheet komputer_laptop tersebut akan tetap dihapus.

    Kalau yang diinginkan adalah kedua kolom yakni kolom ID dan BRAND sama-sama match, maka komparasi data pada sheet lainnya harus dilakukan dengan menggunakan 2 kriteria.

    Silahkan dicoba dan dipelajari dahulu script pada file terlampir. Mungkin saja Anda punya ide untuk mengembangkan scriptnya. Jika memang ingin mencoba proses menghapus datanya, pada baris ke-47 dan baris ke-108, maka buang tanda kutip sebelum tanda titik dua ( : ) sehingga menjadi :

    xlRangeDst.Select : xlRangeDst.Delete xlShiftUp

    Demikian, selamat mencoba. Silahkan diskusikan kembali jika ada masalah.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!