Fungsi untuk Absensi karyawan

  1. ‹ Older
  2. 7 bulan yang lalu

    baik sebentar akan saya buatkan dulu supaya lebih sederhana, terimakasih

  3. Sudah saya buatkan file excel absensi karyawan dimana kita ingin tahu rumus untuk mendapatkan terlambat, alpa, pulang awal & pulang tidak absen, jika 1 berarti terlambat/alfa/pulang awal/pulang tidak absen, jika 0 berarti tidak terlambat/tidak alfa/tidak pulang awal/tidak pulang cepat, terima kasih atas bantuannya

  4. Mungkin ini bisa membantu, tinggal di kembangkan saja.

    Terima Kasih.

  5. Terima kasih bu Abigail, ada kendala saya terapkan di file hasil download absen HP.
    Berikut saya sertakan file asli dari hasil download supaya tidak error, sebab kemarin saya kira sama dengan contoh file yg saya buat, terimakasih.

  6. Selamat sore Pak Paul,
    Kalau saya lihat data yg pak Paul berikan :

    1. Datanya masih belum teratur, artinya setiap karyawan dalam sehari bisa absen beberapa kali dan ter-record, kemungkinan setting mesin absennya menghitung setiap kali karyawan yang check lock, kalau frekuensi check locknya sama mungkin tidak terlalu sulit menggunakan formula excel, tapi kalau frekuensinya masing-masing karyawan berbeda, bisa menggunakan VBA.
    2. Format print out dari mesin absen berupa format TEXT, jadi harus di konfersikan lagi sesuai format untuk perhitungan, contoh untuk tabel tanggal dan waktu masih format Text.

    Coba nanti saya pelajari lagi pak Paul.

    Terima Kasih.

  7. Terima kasih bantuannya bu Abigail

    Di kantor kami ada 3 kategori karyawan:
    1. Karyawan staff admin, biasanya karyawan ini melakukan absen check in & check out dalam sehari hanya 1x, karena berada di kantor terus kecuali ada masalah lokasi yg tidak terjangkau / absen error maka bisa melakukan absen check in check out lebih dari sekali.

    2. Karyawan sales, biasanya karyawan ini melakukan check in check out lebih dari sekali dalam sehari karena sering melakukan kunjungan customer. Jadi untuk menentukan terlambat/ tidak kita melihat check in pertama kali di hari itu, bukan check in yg kedua/ ketiga. Jika kita menentukan pulang awal/ tidak, kita melihat dari check out terakhir di hari itu dari ybs.

    3. Karyawan produksi, ini karyawan bagian pabrik ada 3 shift, shift pagi 07.00 - 15.00, shift siang 15.00 - 23.00, shift malam 23.00-07.00. karyawan ini juga biasanya melakukan check in check out sehari sekali kecuali ada absen error bisa melakukan absen lebih dari sekali dalam sehari.

    Terima kasih atas bantuannya bu

  8. Ok pak, kalau gitu coba saya gunakan VBA ya..

    Terima kasih..

  9. @Paul saya lihat pada file excelnya ada data dobel misalnya KARYAWAN1 pada tgl 23 Feb 2021 ada 3 data yang kedatangannya terlambat semua karena diatas 8:30, yang mau diambil datanya yang mana?

  10. Terima kasih pak Azumi, klo terlambat maka kita lihat check in yg pertama kali pada hari itu, apakah lebih dari 8.30 / tidak, jika lebih maka tercatat sudah terlambat

    Terima kasih atas bantuannya pak

  11. Selamat siang pak Paul,

    Saya buatkan menggunakan kombinasi VBA dan formula, di sini ada 5 Sheet:

    1. Sheet Data Print Out fungsinya untuk memasukan base data dari mesin absen.
    2. Sheet Convert fungsinya untuk mengkonfersikan data berdasar base data.
    3. Sheet Compare & Deleting_1 fungsinya untuk mengcompare frekuensi berapa sering karyawan absen, data yang akan di ambil adalah data pertama dan data terakhir, tapi perhatikan pada kolon "J3" dst adalah formula "Countifs", formula itu akan berubah sering fungsi delete dijalankan, jadi nanti di buat manual (tarik formula di J3 trus ke bawah sesuai data).
    4. Sheet Compare & Deleting_2 fungsinya untuk mengcompare kembali data yang berasal dari sheet compare & Deleting_1, yang semula 2 data menjadi 1data. Perhatikan juga pada Kolom G fungsinya sama seperti Kolom J di sheet Compare & Deleting_1, di buat manual sesuai kebutuhan.
    5. Sheet Result, di sheet ini ada tombol Proccess yang akan memproses seluruh program, sehingga untuk data yang diingini bisa tampil semua, pak Paul tinggal jumlahkan saja berapa yg telat, alpa dst...

    Jika data tidak sesuai, kemungkinan formula "Countifs" pada sheet Compare & Deleting_1 dan Kolom G pada sheet Compare & Deleting_2 berubah tidak sesuai dengan base data yang ada.
    Dibuatkan terpisah-pisah, biar nanti semua bisa belajar sama-sama..

    Terima Kasih.

  12. Silahkan @Paul solusi menggunakan rumus excel

  13. Terima kasih banyak bu Abigail & Pak Azumi yg membantu kesulitan absensi saya, besok akan saya pelajari, sekarang saya masih di luar

  14. Met siang @Eunike Abigail mohon bantuan untuk kiriman filenya,

    1. Bagaimana kita dapat melihat programming VBA nya?
    2. Untuk sheet convert, apakah dilakukan dgn VBA atau dgn rumus perkalian 1?

    Ada tombol 1, fungsinya apa? Ketika saya tekan langsung menuju sheet sebelahnya?
    3. Di sheet compare deleting 1 juga ada 2 tombol, fungsi kedua tombol tsb saya masih bingung?

    Saya biasa tarik data absen atau download data absen dari server 4 harian sekali, bagaimana cara memindahkan program VBA yg ada di contoh ke file data absen yg baru saya download?

    Terima kasih

  15. untuk melihat programnya:
    File--> Option ---> Customize Ribbon--->klik/centang developer
    Sheet1 hanya program copy paste aja, masing-masing tombol hanya di gunakan untuk manual saja pak, jika ada program yg error, kita bisa lihat errornya dimana, pak Paul langsung ke sheet 5 aja, ada tombol process, tinggal klik aja.
    untuk data absen yang di download langsung copy di sheet Print out data, pastikan templetenya sama (susunan datanya), didalam program, saya batasi hanya 400 data, tapi bisa di tambah sesuai kebutuhan, tinggal di tambahin saja dalam programnya, pokoknya yang ada angka 400 bisa diganti sesuai kebutuhan.

    Terima Kasih

  16. met malam @Eunike Abigail
    masih ada masalah dalam program vba. Disini saya sertakan contoh data absen yg lebih banyak agar semakin terlihat real.

    1. Telah saya ubah angka 400 menjadi 5000 tapi di sheet result tidak tampil semuanya.
    2. Karyawan 7 tgl 1, 2, 3 maret alpa tidak keluar laporan. kalau karyawan alpa maka tidak ada data absennya karena ybs tidak melakukan absen HP.
    3. Karyawan 7 tgl 10 harusnya tidak terlambat.
    4. Hari minggu & hari besar karyawan tidak alpa.
    5. Tolong tambahkan Total terlambat, total alpa, total pulang awal, total pulang tidak absen setelah akhir dari karyawan ybs.

    maaf bu ada perbaikan lagi, sebab data absen menyangkut gaji. Setelah saya menghitung absen, maka saya serahkan ke accounting yang akan membuat rincian gaji karyawan beserta potongan gaji karyawan tsb, baik potong gaji terlambat, potong gaji alpa, dll. Jadi harus saya usahakan jangan sampe salah menghitung.

    Terima kasih

  17. Selamat malam pak Paul,
    Saya coba jawab pak:

    1. Tidak tampil semua karena ada formula excel juga yang ada di beberapa sheet, jadi formula itu akan berubah jumlah cellnya seiring funsi delete yang ada di formula VBAnya, solusinya copy paste lagi awal formula excel tsb samapi ke bawah sesuai dengan data yang ada.
    2. Proses kumputasi program sesuai dengan data yang ada, jadi tidak bisa memproses data yang tidak ada.
    3. Proses Loop tergantung banyaknya data dan proses data itu sendiri, jadi belum tentu satu kali klik tombol semua proses loop terselesaikan. Solusinya saya sudah buatkan tombol total untuk masing-masing keterangan (terlambat, alpa dst,,).
    4. Dalam data hanya ada tanggal saja, data tidak tahu tanggal berapa hari libur..
    5. Sudah saya buatkan pak , tinggal dilihat dan di pelajari saja pak..

    Kalau ada pertanyaan lagi, dipersilahkan pak....

    Terima Kasih.

  18. Selamat sore @Eunike Abigail

    Ada beberapa hal yang ingin saya jelaskan

    1. Total dihitung per karyawan, bukan total seluruh karyawan, jadi setelah karyawan 1 tgl 20-3, maka ada total terlambat dsb.

    2. Untuk mengakomodir masalah karyawan alpa, mungkin dapat saya bantu alurnya.
    Di tempat kami ada 4 divisi dengan menggunakan 2 closing absensi dgn tgl yg berbeda.
    Pertama closing absensi tgl 20 & kedua closing absensi tgl 22.
    Misalnya jika divisi kami menggunakan closing absensi tgl 20 untuk periode bulan Maret 2021 seperti contoh, maka awal perhitungan absen dimulai tgl 21 Februari 2021 dan berakhir tgl 20 Maret 2021

    Jika closing absensi tgl 22 untuk periode Maret 2021, maka awal perhitungan absen dimulai tgl 23 Februari sampai 22 Maret 2021.

    Jadi diawal program kita memilih dulu akan menggunakan closing absensi tgl 20 / tgl 22. Jika kita pilih closing absensi tgl 20 maka program langsung menyiapkan deretan tgl dari tanggal 21 Februari hingga tgl 20 Maret 2021.

    Kita ada tabel tgl dan hari yang memberitahukan program kalau minggu/hari libur/ cuti bersama tidak dinilai alpa untuk karyawan yg tidak absen HP (sudah saya buatkan sheet data print out).

    Jadi karyawan yg tidak melakukan absen selain minggu/libur/cuti bersama maka karyawan tsb dianggap alpa.
    Terima kasih

  19. Selamat malam Pak Paul,

    Untuk data hari Minggu, libur maupun cuti, bisa di masukan secara manual, karena data minggu, libur dan cuti tidak terlalu banyak juga bukan data Primer yang ada.
    Coba file ini lg pak, mungkin sesuai.

    Terima Kasih,

  20. Selamat malam @Eunike Abigail

    Untuk laporan alpa karyawan belum tampil, maksud saya di awal program, akan disiapkan dulu deretan tanggal sesuai start date dan end date yg kita tentukan. di sheet data print out sudah saya buatkan tabel tanggal beserta harinya. Jadi program sudah mengetahui tanggal berapa yg minggu/ hari libur. Jadi jika selain minggu/ libur karyawan tidak ada check in maka karyawan tsb alpa.

    Terima kasih

  21. Selamat Malam @Paul

    Maaf saya kurang mengerti, dari program yg sudah saya buatkan, apa yang kurang dan apa yang pak Paul inginkan. (di gambarkan saja pak)

    Terima kasih.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!