rekap dari sheet berbeda

  1. 5 minggu lalu
    Di sunting 5 minggu lalu oleh bejo

    Assalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuh, salam Sejahtera untuk All mater @BE-Org yg saya hormati, kalau boleh minta bantuannya (lagi) , dengan permasalahan mengisi data pada lembar kerja, file saya rumusnya ada pada lembar kerja, hanya ketika ada baris yg dihapus (dengan sengaja) pada sheet data, rumus pada sheet rekap jadi tidak berfungsi / error dan prosesnya menjadi berat karena selalu membaca baris pada sheet data, mungkin dengan VBA macro dapat teratasi, mohon Master, gmana ya scrip VBA untuk sheet Rekap

  2. Caton

    Peb 28 Terverifikasi Indonesia + 16.044 Poin

    @bejo ...

    Wa'alaikumsalam. Saya tidak terlalu yakin, apakah dengan mengganti proses pengisian data dari formula ke macro VBA akan mempercepat proses kalkulasi. Ada kalanya, formula lebih baik daripada macro VBA. Macro VBA sangat bermanfaat saat ditemukan kasus atau kendala dimana penggunaan formula tidak memungkinkan.

    Untuk kasus pada file yang mas lampirkan, saya sarankan untuk mula-mula mengganti formula yang digunakan. Agar formula pada sheet REKAP tidak rusak ketika ada baris data pada sheet DATA dihapus, coba gunakan range dinamis menggunakan Named Range. Kemudian, pada sheet REKAP, hindari penggunaan Array Formula apabila masih bisa menggunakan formula biasa.

    Kemudian, coba matikan proses kalkulasi yakni melalui properti EnableCalculation, khususnya untuk sheet REKAP. Aktifkan proses kalkulasi saat sheet REKAP aktif atau dapat juga dengan menggunakan tombol untuk melakukan kalkulasi ulang secara manual (lihat contoh pada file terlampir). Mungkin ini bukan solusi terbaik, namun dapat dicoba untuk mengurangi lag saat mengedit data pada file tersebut.

    Demikian.

  3. Terima kasih banyak Master @Caton atas attensi dan ilmunya, smga anda dan keluarga selalu dalam keadaan sehat dan dilancarkan rezkinya, aamiin, akan saya pelajari master.

  4. Masdad

    Peb 29 Terverifikasi Demak + 1.467 Poin

    Fungsi Array yang banyak menjadi penyebab file excelnya jadi lambat saat proses kalkulasi, saran saya kalau menggunakan Excel min. versi 2010 SP1, coba deh olah datanya pakai POWER QUERY sepertinya bisa dipakai untuk olah data seperti ini.

  5. Terima kasih bnyak atas masukannya master, saya msh pakai ofice 2007, kalo gnti ofice, agak susah buat kerja sehari2, karena beda tmpilan,

  6. Masdad

    Peb 29 Terverifikasi Demak + 1.467 Poin

    Oh, OK. Untuk tampilan gak terlalu jauh bedanya, hanya untuk versi baru banyak fitur-fitur yang memudahkan dalam pengolahan data di Excel.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!