Kalkulator Deret Aritmatika

  1. 3 minggu lalu

    Hallo master VBA Excel, khususnya @Caton dan @manweljs_ yg super jenius, baik hati dan tdk sombong.. Saya mau minta tolong lagi nih. Di sini saya buat kalkulator untuk baris aritmatik dalam matematika. Mohon sederhanakan script yang berantakan dan apa adanya ini, lalu bagaimana agar kalkulator ini berlaku sebaliknya, maksudnya begini saya contohkan pake 2 soal:
    1. Tentukan jumlah 20 suku pertama dari deret 2+5+8+11+..........!
    Dalam hal ini mudah, cukup tuliskan 2 di kolom "K4", lalu bedanya 3 di kolom "K5" serta masukkan 20 di kolom "K6", tinggal dihitung beres.
    Tetapi bagaimana agar berlaku sebaliknya, seperti soal nomor 2 ini
    2. Suatu deret aritmatika suku pertamanya 2 dan suku ke-20 nya 59. Tentukan bedanya dan jumlah 20 suku pertamanya.!
    Nah di sini saya mohon bantuannya.. File terlampir. Terima kasih.

  2. Caton

    Nov 16 Terverifikasi Indonesia + 15.164 Poin

    @Tri Mahardika ...

    Saya tidak terlalu paham matematika, jadi saya coba buatkan seperti contoh terlampir...

    Demikian, semoga sesuai.

  3. Terima kasih sudah membantu, tp mungkin belum seperti yg saya maksud. Untuk deretnya sendiri tidak perlu ditampilkan utuh, hanya 3 suku saja lalu +......+ suku terakhir gitu. Tapi kendala saya menghitung sebaliknya, jadi andai kita mau hitung Suku ke-n dan juga jumlah n suku pertama tinggal masukkan suku pertama, selisih antar suku dan banyak suku lalu klik hitung seperti yg saya buat. Tp bagaimana cara menampilkan sebaliknya misal suku pertama atau selisih antar suku jika gantian yang diketahui adalah jumlah n suku dan juga suku ke n gitu mas. Tp its okelah karena di awal tadi mas @Caton tadi sudah mengatakan kurang suka matematika. Sukses selalu ya mas, semoga barangkali suatu saat bisa membuatkan solusi dari kendala saya ini.

  4. Caton

    Nov 18 Terverifikasi Indonesia + 15.164 Poin
    Di sunting 3 minggu lalu oleh Caton

    @Tri Mahardika ...

    Forum ini merupakan forum diskusi seputar Excel. Jadi, kalau ada yang belum sesuai, khan masih bisa didiskusikan lebih lanjut. Mohon maklum, tidak semua pertanyaan yang ditanyakan rekan-rekan dapat langsung dipahami maksudnya. Ada kalanya, pemahaman rekan yang mencoba membantu memberikan solusi berbeda dengan apa yang diharapkan rekan penanya.

    Dalam membantu rekan-rekan di forum ini, saya tidak selalu memberikan hasil akhir yang diinginkan rekan-rekan penanya. Adakalanya, saya hanya memberikan petunjuk cara yang dapat dicoba, dengan harapan yang bertanya dapat mencoba mempelajari dan mengembangkan sendiri dari petunjuk yang saya berikan. Dan ada kalanya saya selesaikan secara tuntas...

    Untuk kasus yang mas tanyakan, saya memang tidak terlalu suka matematika. Namun karena kasus yang ditanyakan terkait dengan masalah pemrograman VBA, jadi saya coba mencari solusinya melalui VBA. Mungkin secara rumus matematis caranya berbeda, tapi setidaknya tujuan atau hasil akhirnya tercapai secara pemrograman.

    Mengenai deret aritmatikan yang saya berikan secara utuh, bukan saya tidak paham yang mas maksudkan. Saya hanya hanya memberikan contoh yang bisa dipelajari apakah hasilnya sesuai. Dengan demikian, scripnya bisa dikembangkan kembali sesuai yang mas inginkan. Kalau ada hal yang tidak dipahami, atau ada yang kurang tepat, khan tinggal didiskusikan kembali. Begitu maksudnya...

    Ini contoh yang saya buat :

    deretaritmatika.gif

    Demikian.

  5. Mas @Caton mohon kirim file contohnya untuksaya pelajari

  6. Caton

    Nov 21 Terverifikasi Indonesia + 15.164 Poin

    @waluyo ...

    Terlampir contohnya mas. Semoga bermanfaat.

    Demikian.

  7. terima kasih mas @Caton

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!