If bertingkat

  1. 6 minggu lalu

    Dear All Master...
    Mohon bantuannya saya sdh nyerah ni...
    Saya memiliki file General Journal yg berisi sheet1 berupa Input Jurnal dan sheet2 berupa kode akun. Untuk menginput data saya menggunakan form GJ dgn txtTanggal, dan ada input utk Debet dan Kredit dgn jml 3 (masing2 nama akun, nama akun dan jumlah). Dengan menggunakan kode if saya hanya bisa memasukkan data dgn debet satu kali dan kredit satu kali. Namun begitu ada transaksi dgn debet 2 akun dan kredit 1 akun maka yg terinput hanya dua saja yaitu debet 1 dan kredit 1 begitu pula kalau menginput transaksi dgn jumlah akun dua debet dua kredit atau tiga debet dua kredit dst... yg terinput di sheet1 hanya satu satu... yaitu satu debet dan satu kredit. Bagaimana solusinya ya Abang Senior... Thanks. Berikut saya lampirkan file saya tsb...

    Terima kasih Mas @Caton atas bantuannya... Segera saya pelajari. Maaf telat respon krn lagi banyak kerjaan.

  2. Please help...help...

  3. Caton

    Nov 1 Terverifikasi Indonesia + 15.164 Poin

    @gunsir ...

    Terlampir contoh solusinya mas. Cara yang saya gunakan ini mengharuskan nama kontrol kolom Debit dan kolom Kredit berkesesuaian. Misalkan, untuk ComboBox nomor akun menggunakan prefiks nama kontrolnya cboNoAkun, maka untuk kolom Debit, ComboBox pertama diberi nama cboNoAkunD1 dan untuk kolom Kredit, ComboBox pertama diberi nama cboNoAkunK1 dan seterusnya, misalkan seperti berikut:

    Untitled.png

    Cara ini sebenarnya kurang efisien, terutama saat ingin menginput data dalam jumlah banyak. Dengan membuat satu baris field input untuk setiap data, maka jumlah data yang dapat diinput terbatas kepada jumlah field input yang disediakan, misalkan dalam kasus form input yang mas buat, terbatas hanya untuk 3 data debit dan 3 data kredit, atau maksimum 6 data yang bisa diinput sebelum data disimpan.

    Mungkin bisa dicoba dengan alternatif berbeda. Misalkan saja, data diinput dahulu melalui UserForm khusus. Data yang diinput kemudian ditampung dalam array, yang nantinya ditulis ke tabel saat pengguna menyimpan data. Contoh formnya bisa seperti ini:

    contoh.gif

    Demikian.

  4. 5 minggu lalu

    gunsir

    Nov 7 Jawaban Terpilih + 225 Poin

    Terima kasih Mas @Caton atas bantuannya... Segera saya pelajari. Maaf telat respon krn lagi banyak kerjaan.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!