Mohon Bantuan!! Cara Duplicate Value yang jumlahnya sangat banyak!!

  1. 3 bulan yang lalu

    Mohon Bantuannya para Master.. saya masih newbie..
    cara duplicate value yang berantakan seperti ini bagaimana ya?
    saya harus mencek data pengiriman agar tidak sama dengan data pengiriman yang sebelumnya (yang sudah terkirim) dan pengiriman dalam 1 tahun bisa sampai jutaan. pakai Duplicate value malah berat banget.
    jika ada saran mohon bantuannya...
    Terima Kasih..

  2. Caton

    Okt 21 Terverifikasi Indonesia + 15.609 Poin

    @Erric Beten ...

    Ini maunya menduplikasi nilai, menghilangkan duplikasi atau menghindari duplikasi? Kasih contoh apa dan bagaimana data rilnya. Atau kalau tidak bisa, saya kasih saran saja (dengan asumsi untuk menghindari duplikasi data):

    [1]. Hindari fungsi COUNTIF jika data berjumlah ribuan.

    [2]. Gunakan Power Query (Excel 2010 ~ Excel terakhir). Cuma, dari pengalaman saya, memproses data ratusan ribu lumayan berat. Solusinya, data displit beberapa bagian (misalkan per 250 ribu data). Dari setiap file hasil split data tadi, proses per file untuk menghasilkan nilai atau data yang tanpa duplikat (misalkan menggunakan fitur Remove Duplicate). Kemudian gabungkan kembali menjadi 1 file master, atau dengan Power Query datanya bisa dimerge.

    [3]. Konversikan data ke dalam bentuk Database (Ms. Acess, SQL, MySQL dan sebagainya). Dengan aplikasi database terkait (yang digunakan), lakukan proses Disctinct Query untuk menghasilkan tabel tanpa duplikat. Data kemudian dapat ditautkan ke Excel melalui Data Connection atau dikonversikan kembali ke Excel.

    Itu saja yang bisa saya sarankan. Silahkan ditambahkan bagi rekan-rekan yang punya pengalaman dalam kasus seperti ini.

    Demikian.

  3. Terima kasih sebelumnya pak @Caton sudah mau menjawab pertanyaan saya.
    berikut saya lampirkan data pengirimannya.
    saya pisahkan di sheet pengiriman perbulannya pak.
    contoh:
    jika ada pengiriman di bulan oktober, maka saya harus menduplikat kembali di pengiriman bulan sebelumnya, dst seperti itu.
    tujuannya agar tidak ada kesamaan nomor pengiriman di bulan sebelumnya.

  4. Caton

    Okt 22 Terverifikasi Indonesia + 15.609 Poin

    @Erric Beten ...

    ... maka saya harus menduplikat kembali di pengiriman bulan sebelumnya ....

    Apakah yang pak @Erric Beten lakukan adalah memeriksa terlebih dahulu data yang akan diinput dengan data bulan sebelumnya (untuk menghindari adanya duplikasi data yang diinput dengan data yang sudah ada)? Kemudian apakah data yang akan diuji diinput satu per satu atau sekaligus banyak (misalkan data diambil dari file data)?

    Saya masih belum paham apa target hasil akhir yang pak @Erric Beten inginkan, jadi belum tahu solusinya bagaimana. Perkirakan saya, solusinya mungkin harus menggunakan macro VBA. Tapi untuk pastinya, harus diketahui dahulu bagaimana alur proses yang pak @Erric Beten lakukan dan bagaimana target akhirnya yang bapak inginkan.

    Mungkin pak @Erric Beten bisa jelaskan dahulu target yang diinginkan, serta jelaskan alur proses kerja yang bapak lakukan. Kalau enggan dijelaskan di diskusi ini, bisa dilakukan melalui Diskusi Pribadi (Private Message) saja.

    Atau ada rekan-rekan yang bisa membantu...?!

  5. benar pak @Caton . misal kan ada 10.000 unit yang akan dikirim pada bulan november, maka saya harus mencek kembali (duplikasi) dari bulan sebelumnya. ini bagian proses pengecekan agar tidak ada unit yang sama dalam pengiriman sebelumnya pak.
    data tidak perlu diuji dan diinput kembali, nanti nya data yang sudah di cek, hanya akan disimpan dalam bentuk excel saja pak.
    mgkn pak @Caton punya saran untuk mempermudah proses ini pak, dikarenakan blm ada program atau aplikasi yang diterapkan saat ini. untuk saat ini saya hanya menggunakan excel untuk duplikasi, namun excel cukup berat dan lama saat proses duplikasi nya.
    berikut saya lampirkan file nya.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!