nama sheet/ lembar kerja didalam rumus excel bisa dibuat relatif

  1. 4 minggu lalu

    apakah nama sheet/ lembar kerja didalam rumus excel bisa dibuat relatif?

  2. Caton

    Agu 19 Terverifikasi Indonesia + 14.352 Poin

    @Hari Budiwaluyo ...

    Kalau relatif, sepertinya tidak bisa. Tapi kalau secara dinamis, bisa dicoba dengan menggunakan fungsi INDIRECT , misalkan seperti berikut:

    =INDIRECT(A1 & "!B1")
    =INDIRECT(A1 & "!$B$1:$B5")

    atau dengan tambahan tanda petik tunggal:

    =INDIRECT("'" & A1 &"'!B1")

    Pada formula di atas, sel A1 diisi dengan nama sheet yang dituju, misalkan Sheet1, Sheet2 dan sebagainya. Pada contoh formula kedua, tambahan tanda petik tunggal berguna untuk mengatasi kesalahan jika pada nama sheet yang dituju terdapat tanda spasi.

    Demikian.

  3. saya sudah coba menggunakan indirect tetapi tidak seperti yang saya harapkan
    saya punya rumus
    =IFERROR(VLOOKUP(LEFT($B10;FIND(" ";$B10)-1);'E:\Data\Hari\Penilaian\Penilaian TK-A1\PH\[jul.xlsx](1)'!$B$8:$AB$27;$C$5+3;0);" ")

    dimana nama sheet = (1) saya akan ganti dengan cell, akan tetapi tidak bisa, harapan saya di buat relatif supaya saat saya copy ke kolom berbeda membaca sheet berikutnya
    apakah ada solusi lain gan....

  4. Caton

    Agu 22 Terverifikasi Indonesia + 14.352 Poin
    Di sunting 4 minggu lalu oleh Caton

    @Hari Budiwaluyo ...

    Apa yang saya sampaikan di atas hanya berlaku jika nama Worksheet yang dituju berada di dalam satu Workbook (file) yang sama. Formula tersebut tidak akan berfungsi saat digunakan pada Workbook berbeda. Jika yang diinginkan memang berupa acuan dinamis antar sheet dalam satu Workbook yang sama, maka tidak perlu menggunakan alamat sel atau range secara lengkap (Path + Sheet + Range). Cukup gunakan nama sheet dan rangenya.

    Penggunaan acuan data antar Workbook (Data Links) tidaklah sederhana. Biasanya untuk hal tersebut, proses diotomasi melalui fitur Data Connection dan sebagainya. Namun, kita masih dapat menggunakan fungsi INDIRECT antar Workbook berbeda dengan beberapa trik, dengan satu syarat utama, Workbook dimana data akan diambil harus dalam keadaan terbuka. Atau bisa menggunakan trik Named Range, dimana setiap range data pada sheet tujuan dibuatkan 1 nama range. Silahkan dipelajari yang saya maksudkan dari file terlampir.

    Saya masih belum paham yang Anda inginkan. Mungkin dapatkan diberikan contoh file untuk membantu saya memahami maksud Anda. Siapa tahu tak harus pakai fungsi INDIRECT... :)

    Demikian.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!