Menampilkan data yang sama dengan beda tabel

  1. 5 minggu lalu
    Di sunting 5 minggu lalu oleh ezkinobita

    gan mau tanya

    apa rumus menampilkan angka yang sama dengan beda tabel.
    jadi saya mau memunculkan data tabel sebelah kanan sesuai dengan data tabel sebelah kiri.
    sesuai gambar yang saya buat.

  2. 4 minggu lalu

    Caton

    Agu 17 Terverifikasi Indonesia + 14.352 Poin

    @ezkinobita ...

    Contoh.png

    Dari gambar di atas, jika nilai pada setiap baris data pada kolom A1 akan dicari pada kolom A2 dan hasilnya diambil dari kolom B dengan indeks baris data yang sama pada kolom A2 (dengan asumsi A1 dan A2 berbeda tabel atau Worksheet), maka kita bisa menggunakan kombinasi fungsi INDEX + MATCH, atau fungsi LOOKUP atau kombinasi fungsi VLOOKUP + CHOOSE. Misalkan dengan menggunakan fungsi LOOKUP:

    =LOOKUP($A3;DATA!$C$2:$C$94;DATA!$B$2:$B$94)

    dimana A3 adalah nilai yang akan dicari, range DATA!$C$2:$C$94 adalah range dimana nilai tersebut akan dicari dan range DATA!$B$2:$B$94 adalah range nilai yang akan dikembalikan. Atau dengan kombinasi fungsi INDEX + MATCH:

    =INDEX(DATA!$B$2:$B$94;MATCH($A3;DATA!$C$2:$C$94;0))

    Pada kombinasi fungsi INDEX + MATCH, yang ditentukan terlebih dahulu adalah range nilai yang akan dikembalikan. Sedangkan indeks posisi data yang sesuai dengan nilai yang dicari di dapatkan melalui fungsi MATCH. Selain itu bisa juga dengan kombinasi fungsi VLOOKUP + CHOOSE (jika range pencarian nilai berada di kolom sebelah kiri dari range nilai yang akan dikembalikan), misalkan:

    =VLOOKUP($A3;CHOOSE({1\2};DATA!$C$2:$C$94;DATA!$B$2:$B$94);2;0)

    Notasi yang digunakan serupa dengan fungsi LOOKUP, hanya saja range pencarian dan range nilai yang dikembalikan dibentuk menjadi Array melalui fungsi CHOOSE (dengan mendahulukan range pencarian nilai, diikuti range nilai yang akan dikembalikan).

    Catatan: Jika solusi di atas tidak sesuai dengan masalah aktual atau belum sesuai hasil yang diharapkan, sebaiknya lampirkan contoh data yang dimaksud.

    Demikian.

  3. @ezkinobita gan mau tanya

    apa rumus menampilkan angka yang sama dengan beda tabel.
    jadi saya mau memunculkan data tabel sebelah kanan sesuai dengan data tabel sebelah kiri.
    sesuai gambar yang saya buat.

    yang saya lingkarin. saya susun dengan urut.

  4. Caton

    Agu 18 Terverifikasi Indonesia + 14.352 Poin
    Di sunting 4 minggu lalu oleh Caton

    @ezkinobita ...

    Sudah coba formula yang saya sarankan di atas? Jika belum, coba dulu... Kalau sudah dicoba, namun tidak sesuai, sudah saya ingatkan:

    Catatan: Jika solusi di atas tidak sesuai dengan masalah aktual atau belum sesuai hasil yang diharapkan, sebaiknya lampirkan contoh data yang dimaksud.

    Agar mudah dirumuskan, berikan juga contoh hasil yang ditargetkan (kalau perlu, tandai dengan warna tertentu). Atau jika tidak bisa melampirkan file contoh apa yang sedang dikerjakan, jelaskan saja dengan detil alur proses data yang diinginkan. Misalkan dari gambar yang Anda sertakan terakhir:

    -image-

    jelaskan data yang mau dicari ada pada kolom apa, akan dicari pada kolom mana dan hasil atau nilai yang akan dikembalikan berada pada kolom apa serta akan diletakkan di kolom apa. Saran saya, coba dahulu formula yang sudah saya contohkan, misalkan dengan fungsi LOOKUP, pada sel F2 diisi dengan formula:

    =LOOKUP($A2;$L$2:$L$1000;$T$2:$T$1000)

    Catatan: Untuk kolom L dan kolom T, sesuaikan dengan jumlah baris data aktual. Jika formula Error, coba ganti tanda titik koma dengan tanda koma. Kalau belum sesuai, silahkan baca kembali saran saya di atas. Atau bagi rekan-rekan lain yang ingin membantu mas @ezkinobita, dipersilahkan...

    Demikian.

  5. Caton

    Agu 18 Terverifikasi Indonesia + 14.352 Poin
    Di sunting 4 minggu lalu oleh Caton

    @ezkinobita ...

    Atau jika yang diinginkan adalah membandingkan nilai pada kolom F terhadap kolom J (atau kolom T) dengan kriteria kode pada kolom L = kode pada kolom A, maka bisa mencoba formula berikut (misalkan formula diletakkan pada kolom G):

    =IF(LEN($F2);(SUMIF($L$2:$L$1000;$A2;$T$2:$T$1000)=$F2)*1;"")

    Formula di atas akan menghasilkan nilai 1 jika total nilai pada kolom F sama dengan jumlah nilai setiap baris pada kolom L sesuai kriteria pada kolom A. Selain itu, hasilnya 0 jika tidak sama dan kosong jika baris pada kolom F juga kosong.

    Catatan: Untuk kolom L dan kolom T, sesuaikan dengan jumlah baris data aktual. Jika formula Error, coba ganti tanda titik koma dengan tanda koma.

    Demikian.

  6. Di sunting 4 minggu lalu oleh ezkinobita

    sebenarnya saya tarik satu-satu data tersebut karna berbeda file.

    saya belum menumukan rumusnya.

    data di file sebelah kanan ( History Penjualan )kolom B di masukan ke data file sebelah kiri ( Bulan 8 ) kolom J dan sesuai/urut dengan data di kolom A file sebelah kiri (Bulan 8).

    ada contoh sedikit sudah sy lakukan dan itu saya tarik manual.
    ada ribuan data yang saya tarik manual.
    mohon pencerahannya

  7. Caton

    Agu 18 Terverifikasi Indonesia + 14.352 Poin

    @ezkinobita ...

    Sayangnya Anda tidak menjelaskan dari awal masalahnya adalah pengambilan data dari file berbeda, berdasarkan kriteria data (tanggal dan kode) tertentu. Dengan demikian mungkin bisa ditentukan solusinya dari awal...

    Menarik data dari file berbeda bisa dilakukan melalui formula (Data Links), misalnya menggunakan fungsi SUMPRODUCT, INDEX + MATCH dan fungsi lainnya sesuai bentuk data yang akan diambil dan hasil yang diinginkan. Bisa juga menggunakan fitur Data Connections, dimana hasil tarikan data disimpan dahulu ke Worksheet tertentu baru kemudian diproses kembali menggunakan fungsi atau formula. Atau bisa juga menggunakan Power Query, dan dengan menggunakan macro VBA...

    Dari gambar yang Anda lampirkan:

    -image-

    kemungkinan bisa diproses menggunakan formula (Data Links), atau yang lebih direkomendasikan adalah dengan menggunakan macro VBA. Dengan macro VBA, proses dapat diotomasi berdasarkan logika atau kondisi tertentu yang akan memudahkan proses transfer data...

    Jika ada contoh data yang akan diproses (file induk dan file datanya), saya rasa akan lebih mudah dibuatkan contoh solusinya. Namun karena tidak ada contoh data sama sekali, hanya demikian yang bisa saya bantu. Mungkin rekan-rekan lain dapat membantu memberikan solusi yang lebih spesifik...

    Demikian.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!