Mengulang pertanyaan seputar vlookup dan if

  1. 2 tahun lalu

    Sebelumnya perkenalkan saya aris, bekerja di sebuah instansi, karena saya sambil belajar secara otodidak tentang komputer saya akhirnya mentok. Nah saya punya permasalah nyoba membuat rekap absen karyawan sebuah institusi. Nah permasalahannya adalah sbb:

    Saya punya 2 sheet dalam satu file. sheet satu saya kasih nama Finger (karena data diambil dari data Mesin Absen FingerPrint, sedangkan sheet kedua saya kasih nama OlahFinger sebagai tempat saya untuk mengolah data di sheet Finger).

    Nah pertanyaannya adalah dengan rumus apakah saya bisa memindahkan data jam di sheet finger ke sheet olahfinger secara otomatis karena saya sudah mencoba dengan cara yang saya bisa ternyata gagal, saya mencoba dengan menggunakan IFNA(VLOOKUP atau dengan IF(VLOOKUP semisal dengan rumus seperti ini =IFNA(VLOOKUP($D6,Finger!$A$2:$AG$500,7,FALSE)=E$1,IFNA(VLOOKUP($D6,Finger!$A$2:$AG$500,4,FALSE),"")), dimana yang akan saya munculkan adalah jam IN dan jam OUT saja sedangkan NIPH/NIP dan tanggal adalah patokan bahwa pemilik NIPH/NIP tersebut IN jam (G2 kolom 7) atau OUT jam (H2 kolom 9) pada tanggal tersebut pada kolom D2 kolom 4, dengan rumus tersebut begitu saya pindah ke tanggal berikutnya rumus tersebut tidak berhasil.
    Apakah dari teman teman di forum ini ada yang bisa membantu bagaimana seharusnya. atas responnya saya ucapkan terima kasih. saya ikutkan file REKAP ABSEN.xlsx

  2. Masdad

    5 Jun 2016 Terverifikasi Demak + 611 Poin

    Saya lihat ini ceritanya ingin mengambil Data dengan VLOOKUP dengan dua kriteria:

    1. Berdasarkan NIPH / NIP / NIK.
    2. Berdasarkan Tanggal.

    Bener begitu???

    Penyelesaiannya:
    Saran saya bisa coba rumus alternatif VLOOKUP yaitu INDEX+MATCH yang lebih mudah di pakai untuk menangani kriteria yang banyak, Misalnya untuk rumus pada sel E3 Sheet OlahFinger:

    =INDEX(Finger!$A$2:$AG$500,MATCH(1,(Finger!$A$2:$A$500=$C3)*(--Finger!$D$2:$D$500=$E$1),0),5)


    Selanjutnya tekan tombol Ctrl + Shift + Enter untuk membuatnya menjadi Array Formula.
    Untuk Sel senajutnya silahkan disesuaikan rumusnya.

    Yang perlu diperhatikan adalah data Tanggal pada sel D2 dst pada sheet Finger, itu bisa saja salah terbaca. Karena waktu saya coba buka di Excel 2007 dengan setting Indonesian ternyata pada D2 (5/2/2016) dibaca sebagai 5 Feb 2016 bukan 2 Mei 2016 sehingga ketika digunakan rumus VLOOKUP maupun INDEX+MATCH hasilnya akan #N/A karena data dianggap tidak ada.

    Sekian n semoga ada member yang lain yang bisa ngasih solusi yang lebih mudah lagi...

  3. Baik terima kasih akan saya coba dulu. thx

  4. Sangat betul apa yg disampaikan Master Masdad.
    Format tanggal dan jam pada sheet Finger sebaiknya disesuaikan dg format standar excel

  5. Terima kasih kawan dan para Master atas bantuannya, namun sekarang pertanyaannya adalah apabila si A tidak absen berarti tidak ada data IN dan atau OUT, nah pada keadaan seperti ini akan muncul "#N/A" bagaimana cara menghilangkan "#N/A" ini untuk persamaan dengan INDEX dan MATCH (file terlampir diblok kuning dan lainnya), sedangkan untuk IF bisa diatasi dengan penggunaan IFNA. terima kasihREKAP ABSEN.xlsx

  6. Bisa saya bantu... rumus atau formula index-match dari pak Masdad ditambah iferror aja di depannya.
    =iferror(INDEX(Finger!$A$2:$AG$500,MATCH(1,(Finger!$A$2:$A$500=$C3)*(--Finger!$D$2:$D$500=$E$1),0),5),""), kira-kira demikian.

  7. @Syaifu Rotasouw terima kasih bantuannya, karena sebelumnya saya coba gak berhasil, dan sekarang sudah bisa. terima kasih kawan-kawan master suhu bantuannya

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!