Menunjuk cell sebelumnya

  1. 3 tahun lalu

    Mohon bantuannya.
    Contoh attachment 1.
    Kolom C adalah kue yang terpakai hari itu, pada kolom D saya isi dengan sisa kue yang ada. Kolom D2 dan selanjutnya menggunakan rumus: =if(C2=0,0,D1-C2). Pada cell D5 ingin saya isi dengan sisa kue yang ada. Saya gunakan rumus =if(D4>0,D4,D3)

    Permasalahannya terjadi ketika diantara baris 3 dan 4 disisipkan sebuah baris baru (attachment 2). Maka jika cell D5 menggunakan rumus tadi otomatis rumusnya akan menjadi: =if(D5>0,D5,D3)
    Sehingga Sisa kuenya akan merujuk pada D3, dan cell D4 akan dilompati. Nah pertanyaan saya bagaimana caranya untuk merujuk cell sebelumnya, sehingga kalau secara logika rumusnya jadi seperti ini: =if(D4>0,D4,D4-1). -1 disini saya bermaksud untuk mengurangi cell D4 menjadi cell D3. Rumus atau fungsi seperti apa yang bisa saya gunakan?

    Terima kasih.

  2. Sebenarnya saya masih bingung dengan yang dimaksudkan, tapi sekilas saya tangkap dari pertanyaannya adalah mencari nilai yang ada pada baris terakhir, jika seperti itu coba gunakan rumus ini:

    =INDIRECT(ADDRESS(COUNTA(B2:B15)+1,COLUMN()))

    Sel B2:B15 bisa disesuaikan,,,

  3. Terima kasih mas Aries.
    Sedikit saya koreksi. Disini saya ingin menggunakan perintah IF, karena apabila baris terakhir nilainya 0 maka dia akan merujuk ke baris sebelumnya.
    Saya mencoba menggunakan rumus:

    =IF(D5>0,D5,INDIRECT(ADDRESS(COUNTA(D1:D5)-1,COLUMN())))


    Sebenarnya pakai rumus itu bisa tapi ternyata ada 1 masalah lain. Apabila kolom D5=0 dan kolom D4=0 maka cellnya akan diisi oleh nilai dari D4 yaitu 0. Sebenarnya yang saya inginkan itu, selama suatu baris nilainya 0 maka akan di rujuk ke baris sebelumnya.
    Pertanyaannya apakah di excel bisa menggunakan perintah looping tanpa harus menggunakan VB?
    Atau adakah rumus yang lebih sesuai untuk ini?

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!