excell report

  1. 3 tahun lalu

    Hi Mas Caton,

    Aku mau tanya, ada cara untuk bikin report pakai excell seperti yang terlampir gak ya.

    Jadi di lampiran ada 3 sheet :

    1. All Sales (Data Mentah)
    2. Detail
    3. Rekap

    dari sheet 1, akan dibuat report 2 (pernama sales), lalu dari report 2 dibuat report 3 (rekap all sales)

    mohon bantuannya.

  2. Caton

    6 Nov 2018 Terverifikasi Indonesia + 17.577 Poin

    @mieru ... Aku mau tanya, ada cara untuk bikin report pakai excell seperti yang terlampir gak ya ...

    Hi juga mbak @Mieru ...

    Excel khan umumnya memang digunakan untuk menyusun laporan (Report) ... ;) Dari apa yang ditanyakan, kemungkinan membuat laporan seperti yang dimaksud bisa saja dilakukan. Mungkin hal-hal yang perlu ditentukan adalah apakah laporan per sales akan dibuat per sheet (1 sheet 1 nama), atau cukup 1 sheet saja namun data dapat difilter sesuai nama sales yang dipilih (lebih direkomendasikan).

    Bagaimana formulanya? Tergantung bagaimana data akan diambil dan bentuk (layout) laporan yang diinginkan. Pada forum ini ada banyak diskusi serupa yang membahas bagaimana membuat laporan dari sebuah tabel data mentah menjadi per entiti dan rekap seluruh entiti (meski judul diskusinya yang sulit ditentukan). Umumnya, menggunakan kolom bantu atau Array Formula untuk memfilter data dari sumber data mentahnya.

    Jadi, bagaimana bentuknya akan bergantung kepada data yang dimiliki. Dan sepertinya, file yang berisi data dimaksud tidak terlampir ... :)

    Demikian.

  3. wah iya, ketinggalan lampirannya.

    terlampir mas.

  4. Caton

    7 Nov 2018 Terverifikasi Indonesia + 17.577 Poin

    @mieru ... dari sheet 1, akan dibuat report 2 (pernama sales), lalu dari report 2 dibuat report 3 (rekap all sales) ...

    Terlampir contohnya (sheet TES DETAIL dan sheet TES REKAP). Untuk memudahkan memahami formulanya, saya menggunakan kolom bantu pada kolom X dan kolom Y. Beberapa hal yang mungkin perlu diperhatikan adalah:

    — Pada sheet TES DETAIL, kunci pengisian data ada pada sel yang saya tandai dengan warna kuning. Untuk SALES (contoh sel C3), cukup dipilih dari Data Validation List yang ada. Sedangkan untuk kolom A, berikan sembarang nilai untuk menampilkan data (jika ada).

    — Untuk menyalin tabel, salin berdasarkan keseluruhan baris tabel yang akan disalin. Contoh, seleksi mulai baris ke-2 sampai ke-13 lalu tekan tombol menu Copy (atau CONTROL C). Kemudian seleksi baris ke-27 lalu tempelkan (CONTROL V atau tombol menu Paste). Tujuannya agar kolom bantu ikut tersalin dan formula yang ada pada kolom tersebut terkalkulasi dengan benar.

    — Untuk menambahkan baris pada tabel, baiknya tambahkan pada 1 baris sebelum baris akhir data (bukan baris jumlah). Contohnya, sisipkan pada baris ke 21. Lalu seleksi dan salin baris di atas baris yang baru disisipkan (baris yang ada formulanya), lalu seleksi baris yang baru dibuat lalu tempelkan (paste). Tujuannya agara formula tersalin denganbenar, terutama formula pada kolom bantu.

    Intinya untuk sheet TES DETAIL, pastikan formula pada kolom bantu tersusun dengan benar. Sedangkan untuk sheet TES REKAP, juga menggunakan kolom bantu pada kolom Q dan kolom R. Oleh karena formula pada kolom ini merujuk ke sheet TES DETAIL, maka perubahan layout tabel (dikarenakan penambahan atau pengurangan baris tabel) mungkin akan berpengaruh terhadap formulanya. Maka pastikan saja range yang dirujuk sama dimensinya. Saya tetapkan rujukan ke sheet TES DETAIL kepada range B1:B10000. Jadi jika range tersebut berubah, tetapkan kembali range kepada range B1:B10000. Demikian juga dengan rujukan lainnya, seperti range C1:C10000. Intinya, setiap range yang dirujuk harus berdimensi sama.

    Demikian yang dapat saya bantu.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!