Bagaimana cara agar makro berjalan lebih cepat

  1. 5 tahun lalu

    Selamat sore .
    Mohon arahan dan informasinnya
    Saya selalu menggunakan record makro dalam membuat program makro yg saya butuhkan . Tetapi setelah saya jalankan programnya lambat dan selalu membutuhkan waktu yg lama .

    Mohon arahannya agar program makro yg saya buat bisa lebih cepat berjalan walaupun banyak data yg saya gunakan .

    Terimakasih

    Salam
    Roni

  2. Di sunting 5 tahun lalu oleh manweljs_

    @Roni134832

    tergantung skripnya

    pada dasarnya saat merekam makro aktifitas layar yang bahkan tidak diperlukan akan ikut terekam. misalnya scroll atau select cell dll...

    hal yang mungkin sangat mempengaruhi adalah proses kalkulasi otomatis. bisa jadi saat anda menjalankan skrip makro pada saat yang sama terjadi juga proses kalkulasi pada file anda. coba dibuat kalkulasinya manual dahulu misalnya pada awal skrip tambahkan baris:

    ...
    application.calculation = xlcalculationmanual
    ...

    kemudian pada akhir skrip :

    ...
    application.calculation = xlcalculationautomatic
    ...

    namun sekali lagi, tergantung skripnya

    seandainya dilampirkan contoh filenya lengkap dengan skrip makro yang digunakan saat ini, mungkin teman2 di sini bisa memberikan solusi yang lebih tepat.

  3. SAS

    15 Nov 2018 Jakarta Timur + 210 Poin

    Mohon izin memberi komentar ya, kebetulan lagi senggang.
    Biasanya macro baru agak lambat prosesnya kalau Workbook sangat banyak menggunakan Formula yang kompleks misalnya Vlookup atau sejenisnya. Atau Formula dalam Formula misalnya Vlookup dikombinasi dengan Match, dikombinasi dengan IF.
    Untuk kondisi seperti itu, benar penjelasan mas Manweljs, kemungkinan jalan keluarnya adalah menambahkan script calculation Manual dan Automatic sesuai konteks.
    Salah satu pengalaman saya kenapa Macro sering lambat dan Error, adalah kondisi Laptop/PC dimana CPU sudah terkuras oleh program lain atau malware. Pada kondisi normal, biasanya penggunaan CPU berkisar 0 ~15 %.
    Sebelum jalankan makro, coba cek penggunaan CPU dengan cara masuk ke Task Manager biasanya menekan CTRL-ALT-DEl secara bersamaan. Kalau terlihat penggunaan CPU sudah diatas 30%, berarti ada applikasi lain yang memboroskan CPU resources. Maka umumnya macro akan jadi lambat bahkan Hang.
    Bila kondisi seperti ini terjadi maka sumber masalah di OS Windows harus diselesaikan dulu.
    Demikian berbagi pengalaman, semoga bermanfaat.

    Salam,

    SASCPU.PNG

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!