setting 2 halaman dalam 1 sheet

  1. 7 minggu lalu

    assalamualaikum,
    master @Caton bisakah 1 sheet excel kita mensetting dalam 2 halaman yakni dalam portrait dan landscape, karena saya punya data yang memiliki keterkaitan namun satu data diketik dalam portrait dan satu biar nggak terpotong halaman harus dalam keadaan landscape, terimakasih ...

  2. Caton

    Okt 5 Terverifikasi Indonesia + 12.602 Poin
    Di sunting 7 minggu lalu oleh Caton

    @DERY FEBRIAN assalamualaikum ... bisakah 1 sheet excel kita mensetting dalam 2 halaman yakni dalam portrait dan landscape ...

    Wa'alaikumsalam. Yang saya tahu dan pernah saya coba, standarnya, hal tersebut tidak bisa dilakukan secara langsung dan kontinyu, misalnya saat mencetak halaman 1 orientasinya Potrait, langsung dilanjutkan mencetak ke halaman 2 yang orientasinya Landscape dan seterusnya. Namun bisa dilakukan secara manual atau menggunakan bantuan macro.

    [1]. Secara manual. Asumsikan saya punya range yang akan dicetak pada A1:T161, dimana area cetak dengan orientasi Potrait mulai dari kolom A sampai dengan kolom J, dan area cetak dengan orientasi Landscape mulai dari kolom A sampai dengan kolom T.

    — 1A. Seleksi area cetak, dengan orientasi Potrait (kolom A sampai dengan kolom J), lalu atur sebagai Print Area. Atur orientasi cetak menjadi Potrait. Kemudian Hide baris-baris yang masuk area cetak untuk orientasi Landscape. Gunakan mode tampilan PageBreak Preview untuk mengatur ulang batas halaman. Cetak halaman untuk orientasi Potrait.

    — 1B. Setelah proses 1A, tampilkan kembali (Unhide) baris-baris yang masuk area cetak untuk orientasi Landscape. Hapus (Clear) PrintArea. Atur orientasi cetak menjadi Landscape, kemudian Hide baris-baris yang masuk area cetak Potrait. Gunakan mode tampilan PageBreak Preview untuk mengatur ulang batas halaman. Cetak halaman untuk orientasi Landscape.

    Repot tentunya ... :) Namun, untuk mengotomasi perpindahan dari orientasi cetak Potrait ke orientasi cetak Landscape, dapat digunakan fitur Custom Views:

    — 1C. Reset (hapus atauCelar) PrintArea yang sudah dibuat. Lalu pilih ribbon View dan klik menu Custom Views, seperti berikut:

    Custom-View.png

    Pada jendela Custom Views, klik tombol Add. Pada jendela Add View, masukkan nama tampilan, misalkan Normal. Lakukan proses seperti langkah 1A di atas. Kemudian tampilkan kembali jendela Custom Views, lalu Add View dan masukkan nama tampilan, misalkan Potrait. Buka kembali jendela Custom Views, lalu klik item Normal dan klik Show (ini akan mengembalikan tampilan ke tampilan pertama).

    Lakukan kembali proses seperti langkah 1B di atas, lalu tampilkan jendela Custom Views, lalu Add View dan masukkan nama tampilan, misalkan Landscape. Buka kembali jendela Custom Views, lalu klik item Normal dan klik Show (ini akan mengembalikan tampilan ke tampilan pertama).

    Custom-View-2.png

    Untuk berpindah ke mode tampilan tertentu, tampilkan jendela Custom Views, pilih item mode tampilan yang sudah dibuat, lalu pilih tombol Show ... ;) Namun, meski sudah diotomasi seperti demikian, mungkin prosesnya masih tetap merepotkan ...

    [2]. Menggunakan Macro VBA. Cara ini lebih efektif karena kita dapat mengotomasi proses cetak meski orientasi cetaknya berbeda. Prosesnya dapat dimulai dari proses mencetak orientasi Potrait dahulu, baru kemudian mencetak orientasi Landscape, atau sebaliknya.

    Untuk memahami kedua cara, silahkan lihat contohnya dari file terlampir. Catatan, untuk sheet dengan otomasi mcro, gunakan kombinasi tombol CONTROL P untuk mengeksekusi macronya.

    Demikian, semoga bermanfaat.

  3. kalau untuk perintah cetaknya bisa nggak master melalui asign macro tombol cetak yang sudah disiapkan ( menggunakan kode vba ), terimakasih .

  4. Caton

    Okt 5 Terverifikasi Indonesia + 12.602 Poin

    @DERY FEBRIAN ... kalau untuk perintah cetaknya bisa nggak melalui asign macro tombol cetak yang sudah disiapkan ( menggunakan kode vba ) ...

    InsyaAllah, bisa. Silahkan mas @DERY FEBRIAN coba ...

  5. Di sunting 7 minggu lalu oleh DERY FEBRIAN

    ya ternyata bisa, terimakasih master @Caton, sekedar untuk mengisi waktu luang dengan memperindah tampilan excel, mau tanya master @Caton bisa nggak kita memasukkan background belakang gambar pilihan namun hanya sebatas range tertentu misalnya pada range (A1:H4) * dimerge cell, terus bagaimana membuat tulisan berjalan pada excel tanpa mengganggu sistem kerja excel atau juga membuat tulisan tersebut tidak berhenti saat kita mengetik. terimakasih.

  6. @DERY FEBRIAN ya ternyata bisa, terimakasih master @Caton, sekedar untuk mengisi waktu luang dengan memperindah tampilan excel, mau tanya master @Caton bisa nggak kita memasukkan background belakang dengan gambar pilihan namun hanya sebatas range tertentu misalnya pada range (A1:H4) * dimerge cell, terus bagaimana membuat tulisan berjalan pada excel tanpa mengganggu sistem kerja excel atau juga membuat tulisan tersebut tidak berhenti saat kita mengetik. terimakasih.

  7. Caton

    Okt 6 Terverifikasi Indonesia + 12.602 Poin

    @DERY FEBRIAN ... ya ternyata bisa, terimakasih mas @Caton ...

    Sama-sama ... :)

    @DERY FEBRIAN ... bisa nggak kita memasukkan background belakang gambar pilihan namun hanya sebatas range tertentu ...

    Sayang sekali, tidak bisa ...

    @DERY FEBRIAN ... bagaimana membuat tulisan berjalan pada excel tanpa mengganggu sistem kerja excel ...

    Gunakan kontrol Web Browser + Marquee Object. Contoh terlampir ...

  8. terimakasih banyak master@Caton, bisa nggak minta langkah2nya, soalnya td saya praktekkan kok ada sedikit masalah , teks yang berjalan yang terletak pada kode module bukan pada sheet

  9. Caton

    Okt 6 Terverifikasi Indonesia + 12.602 Poin
    Di sunting 7 minggu lalu oleh Caton

    @DERY FEBRIAN ... bisa nggak minta langkah2nya, soalnya td saya praktekkan kok ada sedikit masalah , teks yang berjalan yang terletak pada kode module bukan pada sheet ...

    Masalahnya apa? Teksnya gak tampil? Langkah-langkahnya:

    [1]. Sisipkan objek Custom ActiveX Control:

    Step01.png

    [2]. Pilih Web Browser Control:

    Step02.png

    [3]. Letakkan Web Browser Control tersebut pada lokasi yang diinginkan di Worksheet. Beri nama (opsional) melalui Name Box atau jendela Control Properties.

    [4]. Langkah terpenting adalah menavigasikan Web Browser Control tadi ke URL atau file atau secara langsung mengisi Document Script-nya (seperti yang saya contohkan). Kalau mau dibuat di modul standar, coba susun script seperti berikut:

    Option Explicit
    
    Private Function BuildBody() As String
    ...
    End Function
    
    Public Sub RunMarquee()
        With Sheet2.wbMarquee
            .Navigate2 "about:blank"
            DoEvents
            .Document.body.scroll = "no"
            .Document.write BuildBody
        End With
    End Sub

    Untuk script pada prosedur Function BuildBody, gunakan seperti yang sudah saya contohkan di atas. Salin saja dari contoh tersebut. Kemudian, pada modul objek ThisWorkbook, susun script sebagai berikut:

    Option Explicit
    
    Private Sub Workbook_Open()
        Call RunMarquee
    End Sub

    atau bisa juga pada modul objek Worksheet (misalkan modul Sheet2):

    Option Explicit
    
    Private Sub Worksheet_Activate()
        Call RunMarquee
    End Sub

    atau menggunakan Button Control dan sebagainya. Simpan file, tutup dan buka kembali. Lihat apakah scriptnya berhasil dan Marquee (Scrolling Text) tampil pada Worksheet dimana objek Web Browser diletakkan.

    Catatan: Dari artikel yang pernah saya baca, Web Browser Control ini tidak berfungsi pada Excel 2013+. Saya tidak tahu apakah hal tersebut benar, karena belum pernah mencoba atau menguji script di atas pada Excel 2013+ ...

    Demikian, semoga berhasil.

  10. Di sunting 7 minggu lalu oleh DERY FEBRIAN

    sudah berhasil master, terimakasih, hanya bagaimana ya marquee tersebut langsung otomatis berfungsi ketika kita membuka file excel.

  11. Caton

    Okt 6 Terverifikasi Indonesia + 12.602 Poin

    @DERY FEBRIAN ... bagaimana ya marquee tersebut langsung otomatis berfungsi ketika kita membuka file excel ...

    Harusnya itu langsung berfungsi dengan script berikut:

    Option Explicit
    
    Private Sub Workbook_Open()
        Call RunMarquee
    End Sub

    Saat Workbook (file) dibuka, khan langsung mengeksekusi prosedur Sub Workbook_Open yang kemudian mengeksekusi prosedur Sub RunMarquee untuk mengaktifkan marquee tersebut.

    Demikian.

  12. iya, permasalahannya disini master,
    Option Explicit

    Private Sub Workbook_Open()
    Call RunMarquee1
    End Sub

    Private Sub Workbook_Open()
    Application.Visible = False
    UserForm1.Show
    Application.Visible = True
    End Sub

    sub workbook nya sama, maka ketika dibuka hanya salah satu yang dieksekusi, jadi bagaimana solusinya master...

  13. Caton

    Okt 7 Terverifikasi Indonesia + 12.602 Poin

    @DERY FEBRIAN ... permasalahannya disini master ...

    Bukankah scriptnya bisa dimasukkan ke dalam prosedur Sub Workbook_Open yang sudah mas susun sebelumnya, misalkan saja di akhir baris:

    Private Sub Workbook_Open()
       Application.Visible = False
       UserForm1.Show
       Application.Visible = True
      
       Call RunMarquee1
    End Sub

    Apakah kalau disusun seperti di atas akan menyebabkan masalah (mungkin karena ada hal-hal yang membuat kedua script tidak dapat disatukan)?

    Demikian ... :)

  14. 6 minggu lalu

    iya, terimakasih master @Caton , sudah bisa ...

  15. assalamualaikum master @Caton tentang mencetak halaman 1 sheet dengan halaman portrait dan landscape, saya belum mengerti sepenuhnya, kiranya master bisa membantu menyelesaikannya, untuk file saya sertakan ...

  16. maaf master @Caton sudah bisa, baru lihat kode vba nya pada file yang master kirim ...

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!