Macro Hide Ribbon

  1. 3 minggu lalu

    Selamat siang,

    Mohon bantuannya. Bagaimana macro agar ribbon ter hide hanya pada satu workbook saja tanpa mempengaruhi workbook lain yang dibuka.

    terima kasih.

  2. Caton

    Sep 27 Terverifikasi Indonesia + 12.008 Poin

    @Anton Indra ... Bagaimana macro agar ribbon ter hide hanya pada satu workbook saja tanpa mempengaruhi workbook lain yang dibuka ...

    Setiap Workbook yang sudah memiliki Custom Ribbon, pada dasarnya hanya akan berfungsi (aktif) pada Workbook tersebut saja. Ketika Workbook yang memiliki Custom Ribbon tersebut aktif, maka Excel akan mengeksekusi proses untuk menampilkan atau menyembunyikan Ribbon yang ditentukan. Kecuali Add-In Object yang biasanya muncul disetiap Workbook.

    Demikian yang saya pahami.

  3. Maaf mas, saya masih agak bingung :)
    Yang saya maksud begini, apakah ada perintah macro khusus untuk meng hide ribbon yang hanya berlaku pada workbook yang saya beri macro hide ribbon tsb, tanpa mempengaruhi workbook yang lain. Misal saya tulis script untuk menghide ribbon pada WB A, ketika saya membuka WB B, ribbon pada WB tidak ikut ter hide. Saya coba2 namun masih belum menemukan perintah yang bisa mengeksekusi hal ini, yang ada ketika macro saya tulis di WB A di run lalu ribbon terhide, maka ketika saya membuka WB B, ribbon ikut terhide.

  4. Application.ExecuteExcel4Macro "Show.ToolBar(""Ribbon"",False)

    Ini script untuk hide ribbon yang saya buat, namun berlaku untuk semua excel yang saya buka, karena menggunakan "Application...", nah untuke mengganti Application menjadi misal ThisWorkbook...belum nemu juga.

    Mohon pencerahannya

  5. Caton

    Sep 27 Terverifikasi Indonesia + 12.008 Poin
    Di sunting 3 minggu lalu oleh Caton

    @Anton Indra Maaf mas, saya masih agak bingung :) ... misal saya tulis script untuk menghide ribbon pada WB A, ketika saya membuka WB B, ribbon pada WB tidak ikut ter hide ...

    Maksud saya begini. Yang saya tahu, sampai saat ini tidak ada cara lain untuk menyembunyikan Ribbon Tab, Ribbon Group atau Ribbon Menu secara spesifik berlaku hanya pada sebuah Workbook, selain dengan cara menyusun ulang Ribbon melalui Custom Ribbon (Custom UI). Artinya, kita bisa membuat konfigurasi sendiri terhadap Ribbon yang akan ditampilkan, termasuk menyusun Ribbon (Tab Group atau Menu) yang kita inginkan sendiri. Namun, sekali lagi yang saya ketahui, ini berlaku secara ekslusif terhadap Workbook yang menerapkannya. Contohnya, pada diskusi di sini dan diskusi di sini.

    Pada contoh diskusi yang pertama, Ribbon Tab Rapor K13 hanya akan muncul pada Workbook terkait saja, yakni Workbook dimana Custom Ribbon tersebut dibentuk. Sedangkan pada contoh diskusi kedua, merupakan contoh Add-in yang akan memunculkan Ribbon Group dan Ribbon Menu sendiri (diskusi aslinya di sini) pada semua Workbook.

    Coba cari diskusi mengenai Ribbon di forum ini, atau cari mengenai Custom UI di internet. Mengenai script macro:

    Application.ExecuteExcel4Macro "Show.ToolBar(""Ribbon"",False)

    scope atau lingkupnya memang secara global (Application). Perintah tersebut berguna untuk menyembunyikan Ribbon secara keseluruhan (berguna saat bekerja secara Full Screen). Lalu apakah ada perintah (script) khusus yang dapat menyembuyikan Ribbon secara spesifik (baik Standard maupun Custom) menggunakan VBA? Setahu saya, tidak ada.

    Demikian, semoga tidak bertambah bingung.

  6. Terima kasih Mas @Caton , Insya Allah sudah tidak bingung lagi.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!