Pengelompokan List Kriteria tertentu

  1. 7 minggu lalu

    gan, mohon bimbingannya. saya punya data acak. nah data tersebut akan dikelompokkan dan ditotal per jumlahnya. di file excell lain, data kedepan dinamis bisa tambah atau kurang bagaimana solusi tersebut agar formnya tetap. jadi jika kita ingin mengambil data tersebut kita hanya perlu edit link. mohon bantuannya. data ada di sheet data, form format ada di sheet form form ini nanti jadi alat untuk mengecek yang tinggal edit link.

  2. Caton

    Sep 25 Terverifikasi Indonesia + 12.498 Poin

    @sofu ... data tersebut akan dikelompokkan dan ditotal per jumlahnya. di file excell lain, data kedepan dinamis bisa tambah atau kurang bagaimana solusi tersebut agar formnya tetap ...

    Maaf mas @Sofu ... Saya tidak paham benar maksud mas @Sofu tersebut. Jadi, saya coba buat contoh dengan asumsi saya sendiri. Jadi, pada lampiran ada 2 file, yakni:

    — Tes - DATA.xlsx
    — Tes - FORM.xlsx

    Pada file yang pertama (Tes - DATA), tabel data pada sheet DATA dapat bertambah atau berkurang, berubah nilai pada kolom JUMLAH dan data pada kolom JENIS tersusun secara acak. Sedangkan file kedua (Tes - FORM), akan merujuk ke tabel data pada file pertama tersebut.

    Dalam hal ini, cara yang saya gunakan adalah sebagai berikut:

    [1]. Mendefinisikan nama range dinamis pada file yang pertama. Sebagai contoh, range dinamis tersebut saya beri nama Data.Induk. Jika ingin lebih otomatis tanpa formula (misalkan dengan fungsi OFFSET), gunakan saja Table Object. Untuk contoh, saya gunakan tabel biasa saja. Formula untuk nama range Data.Induk pada file pertama ini adalah:

    =OFFSET(DATA!$A$2;1;0;COUNTA(DATA!$A$3:$A$1000);3)

    [2]. Pada file kedua, buat nama range yang sama yakni dengan nama range pada file pertama, yakni Data.Induk (nama range bisa apa saja, namun tujuan saya membuatnya sama agar lebih mudah diingat dan dipahami saja). Formula untuk nama range Data.Induk pada file kedua ini adalah:

    ='Tes - DATA.xlsx'!Data.Induk

    [3]. Lanjutkan dengan menyusun formula yang diinginkan pada file kedua.

    Catatan:
    Pada saat membuat nama range pada file kedua, file pertama harus dalam keadaan terbuka agar proses membuat nama range tersebut tidak menghasilkan kesalahan. Demikian juga saat akan pertama kali proses update data pada file kedua terjadi (biasanya saat membuka file), atau pada saat menyusun (mengubah) formula yang merujuk ke nama range Data.Induk pada file kedua. Solusinya, pada file kedua dibuatkan tabel data serupa dengan tabel data pada file pertama. Tabel pada file kedua tidak harus mutlak serupa, bisa juga dengan hanya mengambil baris atau kolom yang dibutuhkan saja. Kemudian, formula-formula pada file kedua yang akan merujuk ke tabel data pada file pertama dialihkan ke tabel data pada file kedua tersebut. Intinya, kalau terjadi error, buka file pertama ... :)

    Demikian, semoga dapat dipahami dan tentunya sesuai yang ditanyakan.

  3. sebelumya terimakasih bantuanya,
    "@sofu ... data tersebut akan dikelompokkan dan ditotal per jumlahnya. di file excell lain, data kedepan dinamis bisa tambah atau kurang bagaimana solusi tersebut agar formnya tetap ..."
    ini maksutnya di data itu ada kemungkinan item-itemnya bisa bertambah/berkurang nah di data sekarang ada 16 item semua jenis. ada kemungkinankedepan itemnya berkurang seperti buah almon pada musim tertentu tidak ada, atau ada kemungkinan data ditambah seperti strobery yang musim tertentu banyak. nah di form tersebut tetep mengakomodir sesuai data tersebut. mohon bantuanya

  4. jadi di form sudah terkelompok tidak usah per abjat tidak papa
    buah pisang 4
    buah apel 5
    buah semangka 5
    buah anggur 6
    bumbu lengkuas 7
    bumbu cabe 9
    bumbu merica 8
    bumbu kunyit 4
    biji kacang 1
    biji jagung 3
    biji almond 3
    jamu kencur 1
    jamu jahe 3
    sayur sawi 1
    sayur bayam 5
    sayur brokoli 8

    berurutan seperti tersebut untuk memudahkan ketika diprint dan untuk pengecekan, dan data tabel samping kanan sudah benar seperti itu

  5. Caton

    Sep 25 Terverifikasi Indonesia + 12.498 Poin

    @sofu ... di data itu ada kemungkinan item-itemnya bisa bertambah/berkurang nah di data sekarang ada 16 item semua jenis. ada kemungkinankedepan itemnya berkurang ...

    Coba simak kembali apa yang saya sampaikan di atas:

    @Caton ... Pada file yang pertama (Tes - DATA), tabel data pada sheet DATA dapat bertambah atau berkurang, berubah nilai pada kolom JUMLAH dan data pada kolom JENIS tersusun secara acak ...

    Bukankah asumsi saya ± sama dengan yang mas @Sofu maksudkan? Saya sampaikan demikian agar mas @Sofu paham bahwa saya menggunakan nama range dinamis pada file yang pertama tersebut (yakni file Tes - DATA). Sehingga pada file kedua (Tes - FORM), data pun ikut berubah secara dinamis.

    Coba pada file pertama, tambahkan data, hapus data, ubah nama dan sebagainya. Lihat pada file kedua, apakah ada perubahan. Jika yang diinginkan, data pada file kedua juga turut menyesuaikan ketika data pada file pertama difilter, maka perlu penyesuaian khusus dalam formulanya.

    Berikut saya berikan kembali contoh berbeda, dimana kali ini file pertama tidak perlu dibuka. Jadi, pada saat file Tes - FORM dibuka, cukup klik Update saat notifikasi Link Update. Jika masih belum sesuai, mungkin sebaiknya ditunggu solusi dari rekan-rekan lain yang paham maksud mas @Sofu ...

    Demikian.

  6. naaaah, ini sudah sesuai gan. terimakasiiiih bantuanyaaa. . . . .

  7. Saya memberikan opsi lain dengan rumus array

    regards
    Azumi

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!