Email otomatis dengan beberapa kriteria jika terpenuhi

  1. 8 minggu lalu

    Assalamualaikum
    Selamat pagi/siang/sore/malem para master excel,

    Perkenankanlah saya untuk meminta pencerahan dari para master disini, saya percaya diforum ini dapat memberikan solusi dari case yang sedang saya hadapi, langsung aja yah, pada file yang saya lampirkan terdapat sebuah template tabel yang merupakan data informasi jadwal lelang, nah permasalahannya apakah bisa data pada jadwal lelang tersebut terkirim otomatis ke alamat yang ada pada sheet alamat email sesuai kriteria-kriteria sbb :

    1) Subject email Info Jadwal Lelang Baru :
    Data pada row yang baru diinput terkirim otomatis jika kolom No, Nama, Alamat Aset, Tgl Lelang, Jam Lelang, Limit
    Harga telah terisi semua

    2) Subject email Info Jadwal Lelang H-1 :
    Semua jadwal lelang yang akan jatuh tempo H-1 sejak hari ini terkirim otomatis / muncul pesan konfirmasi email jadwal lelang H-1
    mau dikirim / tidak (kirim email tidak satu per satu melainkan seluruhnya jika terdapat lebih dari 1 jadwal yang sama harinya)

    3) Subject email Info Hasil Lelang :
    Email otomatis terkirim jika user menginput hasil lelangnya

    kalo melihat dari 3 kriteria tsb sepertinya dapat diakomodir dengan penggunaan event worksheet_change yah ? tapi saya masih belum terlalu paham akan penggunaan event tsb karena masih newbie, mungkin para master yang ada disini dapat membagikan sedikit ilmunya, oiya untuk email saya menggunakan ms. outlook diharapkan kepada para master memberikan solusi dengan menggunakan ms. outlook juga, Terima kasih

    Salam Excelers,
    Dzakathar

  2. 7 minggu lalu

    Caton

    Sep 23 Terverifikasi Indonesia + 12.498 Poin

    @Dzakathar Assalamualaikum ... permasalahannya apakah bisa data pada jadwal lelang tersebut terkirim otomatis ke alamat yang ada pada sheet alamat email sesuai kriteria-kriteria ...

    Wa'alaikumsalam. Untuk pertanyaan yang disampaikan, jawabannya bisa saja. Bisa saja menggunakan Event Procedure Sub Worksheet_Change, atau dibuatkan UserForm khusus untuk menangani data yang akan dikirim (saya lebih suka opsi yang terakhir ini).

    Contoh yang saya lampirkan ini memanfaatkan Event Procedure Sub Worksheet_Change, dan masih memerlukan banyak penyesuaian script. Coba dipelajari dan dikembangkan. Hanya saja, contoh yang saya lampirkan ini sementara hanya untuk kasus Jadwal Lelang Baru dan Hasil Lelang. Untuk kasus Jadwal Lelang H-1, saya rasa Event Procedure [b]Sub Worksheet_Calculate/b] lebih tepat untuk digunakan. Namun saya belum sempat buatkan contohnya — InsyaAllah saya coba buatkan nanti kalau sempat ... :)

    Demikian.

  3. Terima kasih mas @Caton atas contoh yang diberikan walaupun masih kurang 1 kondisi yang belum sempet diberikan, namun dari contoh yang diberikan sungguh sangat membantu saya, dan saya akan coba pelajari dari script yang ada untuk dikembangkan lagi, semoga mas @Caton diberikan umur yang panjang dan berkah Aamiin.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!