Early Warning System

  1. 2 bulan yang lalu

    Dear Pak @Caton

    Berdasarkan tabel terlampir mengenai masa berlaku lisensi karyawan,
    bagaimana cara untuk membuat filter (dropdown) untuk mengetahui karyawan yang lisensi-nya akan berakhir (H-7 & H-30)
    dari akhir tanggal lisensi.
    Pada cell berwarna kuning yg tidak ada tanggalnya berarti karyawan tsb tidak memiliki lisensi.

    Terima kasih

  2. manweljs_

    Sep 12 Terverifikasi + 5.786 Poin

    @suarto priyandono

    coba difilter aja terus di sort oldest atau newest

  3. Dear @manweljs_

    Tks atas solusinya, tp dengan cara itu tidak akan terlihat lisensi yg akan berakhir H-7 dan H-30.
    Dgn adanya filter diharapkan, pd saat kita akan melihat data lisensi yang akan berakhir H-7, data lain yang tidak dalam lingkup filter tidak akan terlihat.
    Kalau data hanya 10 karyawan spt dalam contoh mgkn tidak akan menjadi masalah, tp akan menjadi masalah apabila data lebih dari 1000 karyawan.

  4. Caton

    Sep 12 Terverifikasi Indonesia + 12.569 Poin

    Mungkin pak Suarto bisa menjelaskan seperti apa bentuk filter DropDown yang diharapkan. Jika pak Suarto menginginkan sebuah daftar (tabel hasil) sesuai kriteria yang dimaksud, artinya filter yang dilakukan harus melalui formula (atau VBA), bukan DropDown. Jika melalui DropDown, contoh sudah ada di atas.

    Demikian ... :)

  5. Dear Pak @Caton

    Dropdown (data validation) yang sy maksud seperti dalam file terlampir (sheet 2).
    Apakah memunginkan ?

  6. manweljs_

    Sep 12 Terverifikasi + 5.786 Poin

    @suarto priyandono

    coba cek file terlampir, apakah demikian ?

  7. Caton

    Sep 12 Terverifikasi Indonesia + 12.569 Poin

    @suarto priyandono ... Dropdown (data validation) yang sy maksud seperti dalam file terlampir (sheet 2). Apakah memunginkan ...

    Memungkinkan atau tidak, bisa ya bisa tidak ... :) Jadi sebaiknya diperiksa file yang sudah dilampirkan mas @manweljs_ di atas atau alternatif lainnya pada file yang saya lampirkan.

    Demikian.

  8. Dear Pak @Caton

    Rumus dr Pak @Caton sdh sesuai, tp sy coba terapkan di tabel lain sepertinya msh blm bisa jalan sptnya ada kesalahan rumus.

    Untuk data validasi TIPE LISENSI (sheet filter), kriteria ditambah 1 yaitu ALL (menampilkan seluruh lisensi),
    Untuk data validasi BATAS AKHIR (sheet filter), kriteria ditambah 1 yaitu "> dari tgl hr ini".

    Mhn bantuannya kembali Pak. Tks

  9. Caton

    Sep 14 Terverifikasi Indonesia + 12.569 Poin
    Di sunting 2 bulan yang lalu oleh Caton

    @suarto priyandono ... sy coba terapkan di tabel lain sepertinya msh blm bisa jalan sptnya ada kesalahan rumus. Untuk data validasi TIPE LISENSI (sheet filter), kriteria ditambah 1 yaitu ALL (menampilkan seluruh lisensi), Untuk data validasi BATAS AKHIR (sheet filter), kriteria ditambah 1 yaitu "> dari tgl hr ini" ...

    Terlampir contohnya pak. Periksa saja dahulu, saya tidak tahu apakah sudah sesuai atau belum. Kali ini saya gunakan tabel bantu berhubung TIPE LISENSI-nya bertambah (banyak). Kalau data yang akan dicari per 1 lisensi, mungkin tabel bantu bisa saja ditiadakan. Hanya saja, jika data yang akan dicari diseluruh lisensi, tanpa kolom atau tabel bantu, formulanya mungkin akan lebih kompleks ... (^_^)/

    Catatan:
    Formula yang saya susun ini pada dasarnya adalah Array Formula. Jadi perlu dimaklumi juga, jika data set-nya banyak, mungkin sedikit membuat Excel tersendat. Mungkin, untuk 1 lisensi saja, tidak terasa. Namun kalau untuk seluruh lisensi ... ya bisa terasa banget. Asumsi saja, data set ada 1000 baris x 11 kolom, maka total ada 11.000 sel yang harus diuji ... :D

    Demikian dan semoga sesuai.

  10. manweljs_

    Sep 14 Terverifikasi + 5.786 Poin

    mas @Caton

    bisa tolong dijelaskan formula pada tabel bantunya

    thanks before ;)

  11. Caton

    Sep 14 Terverifikasi Indonesia + 12.569 Poin

    @manweljs_ ... bisa tolong dijelaskan formula pada tabel bantunya ...

    Apanya yang mau dijelaskan mas @manweljs_ ... ?! Masa sih sekelas master minta dijelaskan? Itu khan hanya formula kondisional biasa saja, pakai fungsi IF, fungsi OR, fungsi AND ... :D

  12. manweljs_

    Sep 14 Terverifikasi + 5.786 Poin

    ya udah kalo gak mau :P (^_^)/

  13. Caton

    Sep 14 Terverifikasi Indonesia + 12.569 Poin
    Di sunting 2 bulan yang lalu oleh Caton

    @manweljs_ ... ya udah kalo gak mau ...

    Kalau menurut saya yang bertanya memang butuh penjelasan, ya akan saya coba bantu memberikan penjelasan. Masalahnya, sekelas mas @manweljs_ dengan poin 4K+ minta penjelasan formula kondisional biasa saja, mau ngerjain ... :(

    Sebagaimana yang sudah saya tanyakan:

    Apanya yang mau dijelaskan ... ?

    Bagian mana dari formula tersebut yang tidak dipahami:

    =IF(AND(ISNUMBER(Finish.Actual);Finish.Actual>0);IF(OR(AND(Date.Limit=1;Finish.Actual>TODAY());AND(Date.Limit>1;Date.Check>=Finish.Actual-Date.Limit;Date.Check<=Finish.Actual));ROW(Finish.Actual);"");"")

    Saya rasa tidak ada yang aneh dari formula di atas. Bukankah mas @manweljs_ sendiri bahkan mampu menyusun formula yang jauh lebih rumit dari formula tersbut di atas.

    Ada-ada saja ...

  14. manweljs_

    Sep 14 Terverifikasi + 5.786 Poin
    Di sunting 2 bulan yang lalu oleh manweljs_

    baiklah jika mas @Caton memaksa :)

    bagian yang saya tdak pahami sebenarnya adalah pada saat filter datanya "SELURUH LISENSI"

    itu indexnya ambil kolom yang mana mas ?
    maksud saya misalkan Karyawan_1 punya 4 macam lisensi yang sesuai kriteria tanggal pencarian, kolom mana yang diambil. apakah semuanya ? jika memang semuanya bagaimana caranya bisa demikian ?

  15. manweljs_

    Sep 14 Terverifikasi + 5.786 Poin
    Di sunting 2 bulan yang lalu oleh manweljs_

    tambahan :

    1. setelah bolak balik ngecek formulanya, ternyata benar2 kompleks. kalo saya pasti saya pake makro dari pada pusing2 bikin formula muter2 gitu :D (^_^)/

    2. ada baiknya jika mas @Caton tambahkan kolom nama lisensinya di sheet filter

    :)

  16. Caton

    Sep 14 Terverifikasi Indonesia + 12.569 Poin
    Di sunting 2 bulan yang lalu oleh Caton

    @manweljs_ ... yang saya tdak pahami sebenarnya adalah pada saat filter datanya "SELURUH LISENSI" itu indexnya ambil kolom yang mana mas ? maksud saya misalkan Karyawan_1 punya 4 macam lisensi yang sesuai kriteria tanggal pencarian, kolom mana yang diambil. apakah semuanya ? jika memang semuanya bagaimana caranya bisa demikian ? ...

    Nilai pada tabel bantu itu sebenarnya tidak penting mas @manweljs_ ... Nilai pada tabel tersebut khan tujuannya cuma buat trigger saja, apakah datanya perlu diambil atau tidak. Selama nilainya numerik, mau berupa indeks kolom, indeks baris, nilai pada sel datanya dan sebagainya, tidak masalah. Asalkan numerik. Itu hanya trigger saja ... Jadi mau pake formula:

    =IF(AND(ISNUMBER(Finish.Actual);Finish.Actual>0);IF(OR(AND(Date.Limit=1;Finish.Actual>TODAY());AND(Date.Limit>1;Date.Check>=Finish.Actual-Date.Limit;Date.Check<=Finish.Actual));ROW(Finish.Actual);"");"")

    atau

    =IF(AND(ISNUMBER(Finish.Actual);Finish.Actual>0);IF(OR(AND(Date.Limit=1;Finish.Actual>TODAY());AND(Date.Limit>1;Date.Check>=Finish.Actual-Date.Limit;Date.Check<=Finish.Actual));COLUMN(Finish.Actual);"");"")

    atau

    =IF(AND(ISNUMBER(Finish.Actual);Finish.Actual>0);IF(OR(AND(Date.Limit=1;Finish.Actual>TODAY());AND(Date.Limit>1;Date.Check>=Finish.Actual-Date.Limit;Date.Check<=Finish.Actual));Finish.Actual;"");"")

    tidaklah menjadi masalah. Kunci utamanya ada pada nama range Result.Data. Pelajari saja hasilnya, maka mas @manweljs_ akan menemukan indeks baris dan kolomnya ... :)

    Jadi kolom mana yang diambil. Seluruh kolom jika masuk kriteria. Tidak ada informasi dari TS mengenai bagaimana dan kolom mana yang harus diambil. Lagian datanya juga seperti itu ...

    @manweljs_ ... kalo saya pasti saya pake makro dari pada pusing2 bikin formula muter2 gitu ...

    TS lebih prefer pakai formula biasa.

    @manweljs_ ... ada baiknya jika mas @Caton tambahkan kolom nama lisensinya di sheet filter ...

    Nanti sajalah. saya rasa kalau TS-nya mau mencoba sendiri, tidak akan terlalu sulit.

    Demikian.

  17. Dear Pak @Caton

    Sangat rumit untuk saya sepertinya. Sdh 2 hari sy coba2 msh gagal paham.
    Sy coba modifikasi untuk "Batas Terakhir" dan "Tipe Lisensi", sepertinya efeknya ke data range.
    Terlampir data yg sy coba modifikasi.
    Terima kasih sebelumnya Pak @Caton

  18. Caton

    Sep 17 Terverifikasi Indonesia + 12.569 Poin
    Di sunting 2 bulan yang lalu oleh Caton

    @suarto priyandono ... Sangat rumit untuk saya sepertinya ...

    Mungkin pak Suarto tidak akan terlalu pusing jika saja sedari awal bapak sudah melampirkan bentuk tabel seperti pada lampiran yang terakhir. Sebelumnya, saya sendiri sudah merevisi formula yang saya susun mengingat kemungkinan masalah seperti yang pak Suarto alami (namun belum saya upoad karena menunggu apakah ada masalah lainnya).

    [1]. Pokok masalah utamanya adalah pola judul (header) dari tabel tidak lagi berupa LISENSI n (n = indeks), misalkan LISENSI 1, LISESI 2 dan seterusnya. Hasilnya, range kolom bantu yang ditargetkan hanya berlaku jika TIPE LISENSI = SELURUH LISENSI. Karena hanya item tersebut yang dikenali formula. Misalkan saja, teks pada kriteria TIPE LISENSI = LISENSI 1, maka formula berikut:

    =IF(ISNUMBER(SEARCH("SELURUH";FILTER!$D$3));0;RIGHT(FILTER!$D$3;2)*1)

    akan mengambil nilai pada kata LISENSI 1 dari kanan yang akan menghasilkan nilai 1. Demikian pula jika teksnya adalah LISENSI 11 yang akan menghasilkan nilai 11, dan sebagainya. Lalu bagaimana hasilnya ketika formula tersebut diterapkan dengan nilai yang bapak susun? Ambil contoh QUALITY SYSTEM, formula tersebut akan menghasilkan kesalahan #VALUE!. Alhasil, formula lainnya yang bergantung kepada nama range License.Type menjadi tidak berfungsi.

    [2]. Masalah berikutnya adalah pada kriteria BATAS TERAKHIR. Sebelumnya, kriteria yang pak Suarto ajukan adalah > Tanggal Hari Ini. Namun, pada file terlampir, pak Suarto membuatnya menjadi < Tanggal Hari Ini. Secara kontekstual, teks tersebut memang tidak berpengaruh terhadap formula, oleh karena formula yang mengadaptasi kriteria tersebut disusun secara langsung. Formula yang saya maksud adalah formula pada sheet DATA, range tabel bantu (kolom AP sampai dengan kolom AZ).

    =IF(AND(ISNUMBER(Finish.Actual);Finish.Actual>0);IF(OR(AND(Date.Limit=1;Finish.Actual>TODAY());
      AND(Date.Limit>1;Date.Check>=Finish.Actual-Date.Limit;Date.Check<=Finish.Actual));ROW(Finish.Actual);"");"")

    Perhatikan pada formula tersebut, ada notasi:

    ... Finish.Actual>TODAY() ...

    yang seharusnya disesuaikan menjadi:

    ... Finish.Actual<TODAY() ...

    Selain itu ada beberapa formula lainnya yang juga harus disesuaikan kembali.

    Terlampir revisinya. Patut dipertimbangkan untuk menggunakan VBA (macro) dalam penyelesaian ini, jika memungkinkan ...

    Demikian.

  19. manweljs_

    Sep 17 Terverifikasi + 5.786 Poin

    @Caton ... Patut dipertimbangkan untuk menggunakan VBA (macro) ...

    nah kan :P ;)

  20. Caton

    Sep 17 Terverifikasi Indonesia + 12.569 Poin
    Di sunting 2 bulan yang lalu oleh Caton

    @manweljs_ nah kan :P ;)

    Baca kembali: TS lebih prefer pakai formula biasa. Saya hanya menyarankan. Kalau saya pribadi sedari awal memang memilih VBA ...

  21. Newer ›
 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!