Rumus stok barang

  1. ‹ Older
  2. 8 bulan yang lalu

    adji30

    2 Okt 2018 Tangerang & Pandeglang + 134 Poin

    pagi ms @manweljs_

    mas sy ada problem dgn file yg dulu,

    1. sy input stok awal per tgl 17 sept namun di sheet bln Sept kolom "Jumlah Keluar" ada yg beda padahal kalo dilihat rumusnya di kolom tsbut sama, mohon dikoreksi mas
    2. mas minta tolong bgm caranya kalo sy mau print out hasil stok per minggunya

    trimakasih.

  3. adji30

    2 Okt 2018 Tangerang & Pandeglang + 134 Poin

    tambahan lagi mas @manweljs_

    di kolom helper barang keluar ada salah satu item misal "62072024" tidak mau input keluar dari sheet bln Sept, mohon bantuannya mas.
    terimakasih

  4. @adji30

    bisa tolong ditandai di filenya dengan warna atau komentar atau catatan bagian yang error?
    untuk pertanyaan

    1. saya cek barang masuk tanggal 25 bukan tanggal 17
    2. silahkan buat format tabel untuk print out nya.
    3. saya cek baik2 aja
  5. 7 bulan yang lalu

    adji30

    3 Okt 2018 Tangerang & Pandeglang + 134 Poin

    malam mas @manweljs_

    maaf sebelumnya mas, teryata filenya ada perubahan dikarenakan spt yg point no.2 awalnya minta print out per tanggal, sekarang filenya saya rubah jadinya banyak tambahan sheet per tanggal dan di sheet "Rekap" ada kolom tanggal untuk menampilkan hasil akhir dari keluar/masuk barang.

    1. Disini teryata ada kendala di sheet "Rekap" di kolom tanggal hasil akhir tidak mengacu di sheet per tanggalnya, mohon bantuannya untuk pemecahan rumus formulanya.
    2. File ini dlam 1 bulan nanti berkelanjutan, jadi file yg sy lampirkan bulan Septmber, untuk file bulan Oktober nanti terpisah namun masih ada kelanjutan dr bulan September, jadinya bulan2 berikutnya nanti ada sling keterkaitan.

    saya sertakan file contohnya.

    terimakasih.

  6. Caton

    3 Okt 2018 Terverifikasi Indonesia + 13.524 Poin

    Mas @manweljs_

    Izin memberikan komentar ya ...

    @adji30 ... ada kendala di sheet "Rekap" di kolom tanggal hasil akhir tidak mengacu di sheet per tanggalnya ...

    Masalah pada file terlampir dari hal yang yang mas @adji30 tanyakan adalah nilai yang dicari atau sel rujukan pada formula yang digunakan. Ambil contoh, pada sel G6 sheet REKAP, formula yang digunakan adalah:

    =IFERROR(VLOOKUP('17'!B6; '17'!$B$6:$M$100; 7; FALSE()); "0")

    Jika tujuannnya ingin mendapatkan hasil yang sesuai untuk item sesuai KODE BARANG pada baris yang sama (yakni item dengan kode 20094724, sel B6 sheet REKAP), maka seharusnya nilai yang dicari dirujuk ke sel B6 pada sheet yang sama, yakni sheet REKAP. Jika diurai, formula di atas akan mencari nilai yang diambil dari sheet 17, yakni 62019609. Kenyataannya, nilai pada sel B6 sheet REKAP adalah 20094724. Kalaupun formula tersebut menghasilkan sebuah nilai, tentunya hasilnya menjadi tidak tepat karena kode barang 62019609 tidak sama dengan kode barang 20094724. Jadi, ± seharusnya formula pada sel G6 sheet REKAP tersebut adalah:

    =IFERROR(VLOOKUP($B6; '17'!$B$6:$M$100; 7; 0); 0)

    @adji30 ... jadinya bulan2 berikutnya nanti ada sling keterkaitan ...

    Saya tidak tahu apa maksud atau bagaimana contoh ketertaitan yang mas @adji30 maksudkan, mungkin bisa dijelaskan lebih jauh atau diberikan contoh terkait.

    Satu hal yang ingin saya komentari adalah terkait susunan tabel yang mas @adji30 buat pada sheet REKAP. Menurut saya, susunan tabel seperti yang mas buat cukup baik, hanya saja penggunaan banyak objek tabel (yakni untuk setiap tanggal digunakan 1 tabel terpisah) menurut saya tidak efektif. Karena pada dasarnya, cukup 1 objek tabel untuk mencakup seluruh data yang akan direkap. Kalaupun ingin dibuat terpisah, maka tabel data per tanggal cukup menggunakan 1 tabel saja.

    Sebagai contoh, pada file terlampir saya buatkan contoh menggunakan 2 objek tabel, 1 untuk data induk (tabel dbRekap) dan 1 untuk data harian (tabel dbHarian). Pada tabel dbHarian, kunci untuk membuat pencarian data secara dinamis ada pada:

    — header grup kolom tabel (baris ke-5) dan header per kolom (baris ke-7).
    — nama tabel pada masing-masing sheet harian. Misalkan, pada sheet 17, nama tabelnya db17092018, pada sheet 18, nama tabelnya adalah db18092018 dan seterusnya.
    — dan nama range dinamis, dimana setiap objek tabel pada setiap sheet dirujuk menggunakan fungsi INDIRECT secara dinamis berdasarkan header pada masing-masing kolom.

    Demikian, semoga bermanfaat.

  7. adji30

    3 Okt 2018 Tangerang & Pandeglang + 134 Poin

    pagi mas @Caton

    terimakasih atas masukannya,
    maksutnya saling keterkaitan, hasil akhir di tgl akhir bulan nanti dibaca di file tgl awal bulan berikutnya.
    File nya saya pelajari dulu ya mas @Caton

    terimakasih

  8. adji30

    4 Okt 2018 Tangerang & Pandeglang + 134 Poin

    pagi mas@Caton

    terimakasih sebelumnya,

    1. mas @Caton di table dbharian kolom hasil akhir tanggal hasilnya koq tidak mengurangi dr table dbRekap kolom awal ya (di file sudh sy beri komen)
    2. mas @Caton, untuk menambah sheet harian hy perlu copy dr sheet sblumnya ? dan nama tableny diganti disesuaikan dgn tanggalnya ya ? (misal dari db18092018, db19092018, db20092018 dst...begitu y mas) apakah rumus formulanya berubah mas ?
    3. di sheet Rekap, di table dbharian kolom tanggal hy tinggal di copy untuk tanggal selanjutnya y mas ? dan rumusnya apakah berubah ?

    terimakasih mas@Caton

  9. Caton

    4 Okt 2018 Terverifikasi Indonesia + 13.524 Poin
    Di sunting 7 bulan yang lalu oleh Caton

    @adji30 ... di table dbharian kolom hasil akhir tanggal hasilnya koq tidak mengurangi dr table dbRekap kolom awal ya ...

    Tinggal disesuaikan saja formulanya menjadi (atau lihat file terlampir):

    = IF(dd.Target.Exist; IF(dd.Target.Sum<>"N/A"; SUMIF(INDIRECT(dd.Target.Range); dbRekap[@KD];
      INDIRECT(dd.Target.Sum)); (IF(COUNTIF($G$5:G$5; ">0")=1; dbRekap[@SA]; F8)+G8)-H8); "")

    @adji30 ... untuk menambah sheet harian hy perlu copy dr sheet sblumnya ? dan nama tableny diganti disesuaikan dgn tanggalnya ya ...

    Benar, ± seperti itu tahapannya. Jadi, langkah-langkahnya:

    [1]. Salin salah satu sheet harian (misalkan sheet 18), lalu ubah nama sheet hasil copy tersebut.
    [2]. Pada sheet yang baru, ubah nama tabelnya sesuai pola tanggal, misalkan menjadi db19092018, db20092018 atau db21092018, sesuai tanggal input data.
    [3]. Pada sheet dbRekap, salin terlebih dahulu header pada baris ke-5 dan ke-6 ke kolom selanjutnya dan ubah tanggalnya (pada baris ke-5):

    header01.png

    [4]. Kemudian, pada baris ke-7, ketik header (misal 20M, 20K dan 20A) untuk menambah kolom tabel, dimulai dari kolom berdampingan. Nama header pada baris ke-7 ini berpola serupa dengan header kolom-kolom sebelumnya, dan akan digunakan oleh formula pada nama range untuk menentukan tabel target.

    header02.png

    [5]. Salin formula dari grup tanggal sebelumnya (misalkan dari range G8:I8) dan paste pada grup tanggal yang baru. Jika sheet data belum ada, maka kolom pada grup tanggal tersebut akan kosong). Sebaliknya, jika sudah ada sheet dan tabel datanya, namun hasilnya tidak muncul, coba lakukan kalkulasi manual (tekan tombol F9) agar formula bekerja. Penting, formula harus dicopy dan dipaste dari dan pada baris pertama data, bukan dari atau pada baris kedua atau baris lainnya.

    Jadi, pada dasarnya tidak ada formula yang diubah, karena formula intinya sudah disusun menjadi otomatis dinamis sesuai kunci target data sebagaimana yang sudah saya jelaskan. Cukup membuat (menyalin) kunci-kunci inti tersebut ...

    Demikian.

  10. adji30

    4 Okt 2018 Tangerang & Pandeglang + 134 Poin

    siang mas @Caton

    sy coba dulu y mas.

    terimakasih

  11. adji30

    4 Okt 2018 Tangerang & Pandeglang + 134 Poin

    siang mas @Caton

    file sudah sy coba dan praktekan, cukup puas...namun disini sy masih bingung, sy mau ganti file u bulan oktober yg jadi pertanyaan sy :
    *. apakh hasil di bulan Septmber tinggal di copy sj yg di kolom akhir tgl berakhirnya bulan u/ dijadikan sbg Stok awal ?

    terimakasih

  12. Caton

    4 Okt 2018 Terverifikasi Indonesia + 13.524 Poin

    @adji30 ... apakh hasil di bulan Septmber tinggal di copy sj yg di kolom akhir ...

    Teorinya begitu. Semisalnya untuk bulan September ke bulan Oktober,

    — Salin saja file bulan September tersebut menjadi file untuk bulan Oktober.
    — Pada file bulan Oktober, modifikasi kembali tanggal pada header group tanggal harian pada sheet REKAP. Untuk header tabelnya (header per kolom per group tanggal), cukup disesuaikan untuk kelompok tanggal data yang baru dibuat saja, misalkan untuk tanggal 01/10/2018 yang belum ada, maka header kolom tabelnya harus berupa 01M, 01K dan 01A.
    — Ubah nama tabel untuk setiap sheet harian, menyesuaikan dengan grup data pada sheet REKAP.
    — Untuk stok awal bulan Oktober, copy data pada kolom terakhir (kolom 30A, atau kolom terakhir bersufiks A yang ada isinya) pada file bulan September dan Paste As Value (penting!)
    — Periksa kembali nama range (CONTROL F3), jangan sampai ada link ke file sebelumnya (file bulan September).

    Saya kira, itu saja langkah-langkah yang perlu dilakukan. Namun, sepertinya mas @adji30 sudah punya gambaran apa yang harus dikerjakan. Diskusikan saja jika ada kendala ...

    Demikian.

  13. adji30

    4 Okt 2018 Tangerang & Pandeglang + 134 Poin

    malam mas @Caton

    ok mas @Caton , terimakasih sudah dicerahkan dan dibantu untuk filenya.

  14. Caton

    4 Okt 2018 Terverifikasi Indonesia + 13.524 Poin

    @adji30 ... terimakasih sudah dicerahkan dan dibantu untuk filenya ...

    Sama-sama mas @adji30 ... Berikut ini saya berikan revisi dari file sebelumnya. Kali ini, pada file terlampir, mas @adji30 tidak perlu banyak melakukan perubahan jika akan digunakan pada bulan selanjutnya. Jadi, untuk menambah sheet harian, cukup salin sheet harian yang sudah ada dan kemudian ubah nama tabelnya menjadi:

    dbTBL + 2 digit tanggal hari.

    Jadi, misalnya untuk tanggal 5 menjadi dbTBL05, untuk tanggal 6 menjadi dbTBL06 dan seterusnya. Dengan demikian, jika file terkait sudah lengkap digunakan 1 bulan, untuk membuat rekap bulan selanjutnya, yang perlu dilakukan adalah:

    — Salin file tersebut untuk digunakan pada bulan selanjutnya. Untuk nama-nama tabel pada setiap sheet harian tidak perlu diubah lagi. Cukup kosongkan (hapus) saja datanya, atau isi dengan data baru.
    — Untuk stok awal, langkahnya sama dengan penjelasan sebelumnya.
    — Untuk header kelompok tanggal, jika belum ada, cukup diisi angka untuk tanggal terkait, misalkan 1, 2, 10, 11 dan seterusnya. Jika sudah lengkap 1 bulan, tidak perlu diubah lagi. Demikian juga untuk header tabel per kolom, untuk membuat header kolom baru, ikuti saja pola nama header dari contoh pada file terlampir. Jika sudah lengkap 1 bulan, tidak perlu diubah lagi.
    — Periksa kembali nama range (CONTROL F3), jangan sampai ada link ke file sebelumnya (file bulan September).

    Demikian, semoga bermanfaat.

  15. 3 bulan yang lalu

    adji30

    Peb 1 Tangerang & Pandeglang + 134 Poin

    Slmat pagi mas @Caton

    salam jumpa lagi mas, mas @Caton sy coba merubah table name yg sy sesuaikan dgn tgl/bln/thn malah muncul error y (file error jpeg terlampir), ini caranya bgm mas ? (sebelum2ny tdk ada masalah, hy pas masuk k bln febuari sy rubah di table name malah muncul error, file excel sy lampirkan).
    terimakasih mas @Caton .

  16. adji30

    Peb 3 Tangerang & Pandeglang + 134 Poin

    Slamat siang para admin
    mas @Caton n mas @manweljs_ kira2 bisa dibantu masalah sy ? (lampiran ada di atas)

  17. manweljs_

    Peb 4 Terverifikasi + 8.556 Poin

    @adji30 ...mas @manweljs_ kira2 bisa dibantu masalah sy ?...

    dilanjut sama mas @Caton aja yak ;)

    btw beliau kemana yak

  18. Caton

    Peb 4 Terverifikasi Indonesia + 13.524 Poin

    @adji30 ... sy coba merubah table name yg sy sesuaikan dgn tgl/bln/thn malah muncul error y (file error jpeg terlampir), ini caranya bgm mas ...

    Informasinya sudah jelas pada pesan yang muncul:

    -image-

    Kemungkinannya:

    — Nama Tabel mengandung karakter tertentu yang tidak diizinkan seperti koma, titik koma, titik dua, garis miring, tanda minus, sama dengan dan sebagainya.
    — Nama Tabel dimulai dengan karakter Underscore (garis bawah). Tanda Underscore hanya diizinkan setelah karakter huruf atau angka.
    — Nama Tabel sudah ada pada Workbook tersebut.
    — Nama Tabel serupa dengan nama (alamat) sel.

    Saya menduga kemungkinan terakhir adalah masalahnya. Coba buka jendela Go To ... (CONTROL G). Pada kolom Reference: masukkan teks DB01022019 lalu tekan tombol OK. Jika tidak ada pesan kesalahan, maka biasanya Excel akan memindahkan kursor (pointer) ke sel DB1022019, dan hal tersebut menunjukkan bahwa alamat sel valid dan Nama Tabel yang mas buat konflik dengan alamat sel tersebut.

    Contoh solusinya adalah dengan menambahkan tanda garis bawah atau karakter titik, misalkan DB_01022019 atau DB.01022019 atau lain sebagainya yang akan membuat Nama Tabel menjadi unik.

    Demikian.

  19. adji30

    Peb 5 Tangerang & Pandeglang + 134 Poin

    malam mas @Caton

    sebelumnya terimakasih atas bantuannya, dan saat ini sudah sy coba dgn merubah nama tabel dgn menambahkan . atau _ sdh tidak muncul error lagi, namun di sheets "REKAP" di kolom dbharian untuk tgl 01.02.2019 tidak bisa menampilkan hasil di kolom masuk/keluar/akhir, apakah ini pengaruh dr nama tabelnya yg dirubah unik ? dan solusinya bagaimana mas @Caton ?
    (sy sertakan filenya mas)

    terimakasih.

  20. Caton

    Peb 6 Terverifikasi Indonesia + 13.524 Poin

    @adji30 ... namun di sheets "REKAP" di kolom dbharian untuk tgl 01.02.2019 tidak bisa menampilkan hasil di kolom masuk/keluar/akhir, apakah ini pengaruh dr nama tabelnya yg dirubah unik ...

    Maaf, saya gak bisa balas dengan cepat ... :)

    Pada tabel dbHarian sheet REKAP, formulanya bergantung kepada nama range dd.Target. Formula yang digunakan nama range tersebut adalah:

    ="db"&TEXT(LOOKUP(2;1/(REKAP!$G$5:G$5>0);REKAP!$G$5:G$5);"ddmmyyyy")

    Pada formula tersebut, terlihat notasi db yang menjadi prefiks acuan pencarian nama tabel (atau nama range). Pada formula di atas, jika sel G5 berisi nilai 43497, maka nama range dd.Target akan bernilai db01022019.

    Oleh karena mas @adji30 sudah mengubah nama tabel pada sheet 01 menjadi db.01022019, maka formula pada tabel dbHarian sheet REKAP akan mengalami kesalahan oleh karena tidak dapat menemukan tabel atau range dengan nama db01022019.

    Solusinya, ubah dahulu formula yang digunakan nama range dd.Target menjadi seperti formula berikut:

    ="db."&TEXT(LOOKUP(2;1/(REKAP!$G$5:G$5>0);REKAP!$G$5:G$5);"ddmmyyyy")

    Perhatikan tambahan tanda titik pada notasi db. Jika perubahan benar, maka pada tabel dbHarian sheet REKAP untuk kolom-kolom 01.02 akan berubah ...

    Selanjutnya, ubah nama setiap tabel pada setiap sheet (kecuali sheet REKAP) dengan menambahkan tanda titik setelah kata db pada nama tabelnya, semisal db.02022019, db.04022019 dan seterusnya. Jika nilai pada tabel dbHarian sheet REKAP tidak berubah, coba lakukan edit formula pada tabel terkait, namun tidak perlu mengubah formula (tekan tombol F2 lalu langsung tekan tombol ENTER), atau tekan tombol F9 untuk merefresh formula pada Worksheet ...

    Demikian, semoga terbantu ... :)

  21. adji30

    Peb 6 Tangerang & Pandeglang + 134 Poin

    malam mas @Caton

    terimakasih mas @Caton atas infonya, segera sy coba dulu. terimakasih.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!