mencari hasil dari referensi data

  1. 5 minggu lalu

    Assalamualaikum...saya ingin mendapatkan hasil dari referensi data yang ada,lebih jelasnya file terlampir
    atas bantuannya saya sampaikan terimakasih

  2. mohon maaf untuk pertanyaan ini tidak usah dijawab tidak apa2...

  3. Caton

    Agu 20 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin

    @farud ... untuk pertanyaan ini tidak usah dijawab tidak apa2 ...

    Saya memang tidak paham tentang aturan K13 ini. Namun, menurut saya pribadi, apa yang mas @Farud tanyakan pada dasarnya bisa saja diselesaikan dengan Excel. Hanya saja, tentunya ada banyak hal yang perlu mas persiapkan!

    Untuk pertanyaan ... adakah cara yang lebih cepat dan baik ..., yang dimaksud lebih cepat dan lebih baik ini dalam hal apa? Apakah formula yang lebih efisien, misalkan formula yang dinamis. Asumsikan ini adalah yang mas maksudkan, maka untuk mengambil data dari sheet KD, ada beberapa hal yang harus pertimbangkan:

    — Merujuk kepada bentuk tabel pada sheet KD, maka untuk mengambil data pada sel tertentu, kita membutuhkan indeks kolom dan indeks baris sebagai acuan posisi data yang akan diambil. Dimana:

    Indeks Kolom = Merujuk kepada tabel masing-masing kelas.
    Indeks Baris = Merujuk kepada kode KD yang akan diambil.

    — Dengan ketentuan bahwa harus ada indeks kolom dan indeks baris yang harus ditentukan, artinya mas @Farud harus menentukan terlebih dahulu darimana kedua nilai indeks tersebut akan diambil. Sebagai contoh, perhatikan ilustrasi berikut:

    Indeks Kolom.gif

    Pada ilustrasi tersebut, sel dengan border hijau berisi formula:

    ="Ananda" & " " & $B5 & " " & $D5 & " " & INDIRECT("KD!" & INDEX(db.KD.Kelas;$C$2) & 5)

    dimana rujukan (Refers To) dari nama range db.KD.Kelas adalah:

    ={"D";"V";"AN"}

    — Yang menjadi masalah adalah mendapatkan indeks barisnya. Darimana referensi indeks baris akan diambil? Dan indeks baris yang mana yang akan diambil? Dari eBook Panduan Penilaian K13 halaman 60, yang saya pahami adalah untuk mendapatkan deskripsi capaian ditentukan dari:

    Nilai Capaian Tertinggi digabungkan dengan nilai dari Capaian Terendah, dimana masing-masing capaian merujuk kepada kode KD tertentu. Contoh untuk Capaian Tertinggi ada pada KD 3.5 dan Capaian Terendah ada pada KD 3.3.

    Dari ketentuan tersebut, setidaknya ada 2 nilai rujukan yang harus diambil. Pada file yang mas lampirkan, tidak diketahui dari mana referensi indeks baris tersebut akan diambil. Sedikit gambaran dari file yang mas lampirkan. Jika Muatan Pelajaran AKIDAH AKHLAK untuk semester GANJIL memiliki nilai Capaian Tertinggi 90 pada KD 3.4 dan nilai Capaian Terendah pada KD 3.2, dan predikat siswa adalah B, maka dapat disusun deskripsinya ± sebagai berikut:

    Ananda Farud BAIK dalam memahami perilaku akhlak terpuji hidup bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari dan cukup dalam mengenal dua kalimah syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama.

    Sekali lagi, saya tidak paham benar tentang K13. Jadi contoh-contoh di atas hanyalah berdasarkan pemahaman saya saat ini, sehingga mungkin saja tidak tepat. Namun pokok bahasan yang hendak saya sampaikan adalah:

    — Tentukan dahulu referensi-referensi nilai yang menjadi inti dari formula yang akan disusun.
    — Susun tabel-tabel data yang praktis untuk diambil nilainya melalui formula yang akan dibuat.
    — Jika ada nilai-nilai tertentu yang merupakan hasil kalkulasi dari beberapa referensi tertentu, maka susun dahulu formula-formula untuk menghasilkan nilai tersebut.
    — Untuk memudahkan proses pengambilan nilai rujukan, bisa menggunakan jalan pintas dengan menyusun Nama Range dengan nama-nama unik yang mudah dipahami.

    Saya tidak tahu apakah penjelasan saya di atas ada korelasinya dengan pertanyaan mas @Farud yang sebenarnya. Jika pun tidak sesuai, mudah-mudahan dengan penjelasan di atas dapat memberikan gambaran langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan ...

    Demikian.

  4. file dibawah adalah aplikasi raport k13 yg diperoleh dari pendidikan madrasah kabupaten. dalam penilaian hasil akhir / raport di aplikasi ini jika memperoleh predikat B maka deskripsinya "BAIK" dan deskripsinya BAIK untuk semua KD karena nilai B itu adalah rata2 dari semua KD mas sedangkan nilai B didapat dari mengacu pada nilai KKM.jika nilai KKM A : 90 B : 80 dan C : 70 maka jika didapat nilai rata2/nilai akhir 76 maka mendapat predikat C karena belum menjangkau nilai 80 jadi deskripsinya CUKUP BAIK ...... (sesuai KD yg ada dan contoh di aplikasi diambil dari dua KD yg diacak jadi deskripsi diambil dari nilai rata2 yg menjadi nilai akhir,klo saya lihat di aplikasi) terus terang sebagai guru saya kalah dengan mas caton yang sudah membaca panduan penilaian K13 sedangkan saya masih belum baca berhubung untuk tahun ini kelas saya yaitu kelas 6 masih penilaian KTSP jadi petunjuk saya dalam membuat aplikasi ini adalah aplikasi pemberian dari kabupaten.
    terus terang mas klo disuruh mengisi dan mengikuti aplikasi yg kami dapat, kami harus mengisi dari awal saya malas untuk lakukan karena tempat ngajar saya di pedesaan dimana yang terpenting sudah bisa baca,tulis dan berhitung itu sudah luar biasa.jadi saya ingin membuat aplikasi yg langsung menulis nilai rata2 atau nilai akhirnya saja dimana dari nilai akhir tersebut akan berpatokan pada KKM yang nantinya akan menghasilkan deskripsi dengan mengambil dua KD.
    ini adalah aplikasinya

  5. Caton

    Agu 21 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin
    Di sunting 5 minggu lalu oleh Caton

    @farud ... file dibawah adalah aplikasi raport k13 yg diperoleh dari pendidikan madrasah kabupaten ...

    File tersebut sudah mas lampirkan pada pada diskusi sebelumnya. Mas @Farud tahu tidak, pada file tersebut, untuk mendapatkan nilai B itu, formulanya mengalir kemana-mana (termasuk kolom bantu yang banyak sekali)? Alur formulasinya tidak semudah yang mas katakan. Saya tidak akan membahas bagaimana saya mengetahuinya dan tidak akan membahas cara yang digunakan pada file tersebut. Bukan itu pokok bahasan diskusi ini ...

    @farud ... sesuai KD yg ada dan contoh di aplikasi diambil dari dua KD yg diacak jadi deskripsi diambil dari nilai rata2 yg menjadi nilai akhir ...

    Pada file tersebut, nilai atau deskripsi pada salah satu sheet Rapor (Ganjil atau Genap) itu memiliki referensi ke beberapa sheet, beberapa kolom bantu, ke beberapa nama range dan ke beberapa sel tertentu. Prosesnya sekilas akan terlihat kompleks, namun alur proses referensinya jelas, tidak acak sebagaimana yang mas sampaikan. Ini yang saya maksudkan:

    — Tentukan dahulu referensi-referensi nilai yang menjadi inti dari formula yang akan disusun.

    Pada kasus yang mas tanyakan, mas @farud perlu menentukan 2 nilai referensi untuk mendapatkan kode KD yang tepat untuk Capaian Terendah dan Capaian Tertinggi. Kalau ini diimplementasikan di dalam formula Excel, nilai ini yang menentukan indeks baris mana yang akan diambil. Sebagaimana yang mas sampaikan sendiri (nilai 90 dan nilai 70):

    @farud ... jika memperoleh predikat B maka deskripsinya "BAIK" dan deskripsinya BAIK untuk semua KD karena nilai B itu adalah rata2 dari semua KD mas sedangkan nilai B didapat dari mengacu pada nilai KKM.jika nilai KKM A : 90 B : 80 dan C : 70 maka jika didapat nilai rata2/nilai akhir 76 maka mendapat predikat C karena belum menjangkau nilai 80 jadi deskripsinya CUKUP BAIK ...

    Pernyataan dan deskripsinya BAIK untuk semua KD itu, sebagaimana yang saya contohkan:

    ... Jika Muatan Pelajaran AKIDAH AKHLAK untuk semester GANJIL memiliki nilai Capaian Tertinggi 90 pada KD 3.4 dan nilai Capaian Terendah pada KD 3.2, dan predikat siswa adalah B ...

    Pernyataan saya predikat siswa adalah B korelasinya adalah pernyataan mas @Farud deskripsinya BAIK untuk semua KD. Pernyataan ini jika dibuat deskripsinya ± akan menjadi:

    Ananda Farud BAIK dalam memahami perilaku akhlak terpuji hidup bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari dan BAIK dalam mengenal dua kalimah syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama.

    Perhatikan deskripsi tersebut, ada 2 pernyataan yang digabungkan di dalamnya. Dimana untuk Capaian Tertinggi adalah:

    BAIK dalam memahami perilaku akhlak terpuji hidup bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari.

    Dan untuk Capaian Terendah adalah:

    BAIK dalam mengenal dua kalimah syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama.

    Pada aplikasi di atas, kedua Capaian diambil dari sheet tertentu (dalam hal ini sheet QH) yang bisa saya buktikan sebagai berikut:

    Screenshoot009.png

    nilai kolom 3.1. tersebut menggunakan formula:

    =IFERROR(AVERAGE(K34QH!C11);"")

    dimana sheet K34QH berisi tabel yang merupakan tabel input pengguna:

    Screenshoot011.png

    Ini kalau saya lanjutkan akan sangat panjang uraiannya. Melihat betapa rumitnya susunan tabel yang digunakan dan berbelitnya rujukan (referensi) pada aplikasi tersebut, maka saya sarankan kepada mas @farud untuk:

    — Susun tabel-tabel data yang praktis untuk diambil nilainya melalui formula yang akan dibuat.

    Penjelasan saya bukan sekedar asal komentar. Sebelum memberikan penjelasan, saya pelajari dahulu aplikasi yang mas berikan, baru kemudian saya sampaikan apa saja yang saya ketahui dan saya pahami, termasuk saran apa saja yang bisa mas @farud lakukan.

    @farud ... jadi saya ingin membuat aplikasi yg langsung menulis nilai rata2 atau nilai akhirnya saja dimana dari nilai akhir tersebut akan berpatokan pada KKM yang nantinya akan menghasilkan deskripsi dengan mengambil dua KD ...

    Saya kasih contoh bagaimana menerapkan apa yang saya sarankan:

    — Tentukan dahulu referensi-referensi nilai yang menjadi inti dari formula yang akan disusun.
    — Susun tabel-tabel data yang praktis untuk diambil nilainya melalui formula yang akan dibuat.
    — Jika ada nilai-nilai tertentu yang merupakan hasil kalkulasi dari beberapa referensi tertentu, maka susun dahulu formula-formula untuk menghasilkan nilai tersebut.
    — Untuk memudahkan proses pengambilan nilai rujukan, bisa menggunakan jalan pintas dengan menyusun Nama Range dengan nama-nama unik yang mudah dipahami.

    Dalam hal ini, deskripsi diambil secara acak dari tabel rujukan. Sekali lagi, yang saya berikan ini adalah contoh saja! Jika perlu, modifikasi file tersebut sesuai kebutuhan, misalkan sesuaikan dengan apa yang mas maksudkan, akan berpatokan pada KKM.

    Analisa apa yang hendak mas buat. Melakukan copy dan paste itu wajar saja. Namun jangan sampai tidak paham dengan apa yang disalin dan apa yang ditempelkan!

    Demikian.

  6. terimakasih atas saran-sarannya mas...

    File tersebut sudah mas lampirkan pada pada diskusi sebelumnya. Mas @Farud tahu tidak, pada file tersebut, untuk mendapatkan nilai B itu, formulanya mengalir kemana-mana (termasuk kolom bantu yang banyak sekali)? Alur formulasinya tidak semudah yang mas katakan. Saya tidak akan membahas bagaimana saya mengetahuinya dan tidak akan membahas cara yang digunakan pada file tersebut. Bukan itu pokok bahasan diskusi ini ...

    untuk yang ini boleh tau ilmunya gak mas itupun kalo boleh biar saya tau juga alur-alurnya hehehehehe

    Penjelasan saya bukan sekedar asal komentar. Sebelum memberikan penjelasan, saya pelajari dahulu aplikasi yang mas berikan, baru kemudian saya sampaikan apa saja yang saya ketahui dan saya pahami, termasuk saran apa saja yang bisa mas @farud lakukan

    saya tau kalo mas @Caton mempelajari dulu sebelum menjelaskan buktinya mas caton sampai bela-belain mempelajari panduan penilaian K13 terimakasih mas dan maaf merepotkan
    saya akan mencoba mempelajari file yang mas @Caton berikan dan bila nanti saya butuh bantuan dari mas caton mohon dibantu ya mas..
    tapi intinya saya mau buat yg simpel2 saja mas langsung nilai akhir yg akan tertulis di raport

  7. iya mas...klo untuk mendapatkan deskripsi seperti file terlampir bagaimana caranya
    klo di aplikasi yg saya kirim itu ada di KI-1 dan KI-2

  8. Caton

    Agu 21 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin

    @farud ... untuk yang ini boleh tau ilmunya gak mas itupun kalo boleh biar saya tau juga alur-alurnya ...

    Saya kirim lewat PM saja filenya...

    @farud ... saya tau kalo mas @Caton mempelajari dulu sebelum menjelaskan ...

    Rekan-rekan di forum ini pada dasarnya akan membantu memberikan solusi masalah-masalah seputar Excel, bukan membuatkan aplikasi dalam Excel. Tujuan saya menjelaskan hal tersebut agar mas @Farud sendiri yang terlebih dahulu mempelajari dahulu materi yang ingin mas buatkan aplikasinya. Dengan demikian, jika ada masalah yang akan ditanyakan, mas sudah paham dasarnya dan bisa menjelaskan masalahnya dengan lebih detil.

    Kadang kala, saya pribadi, butuh waktu lebih lama dalam memahami pertanyaan yang disampaikan daripada waktu untuk menemukan atau mencari solusinya ... (^_^)/

    @farud ... tapi intinya saya mau buat yg simpel2 saja mas langsung nilai akhir yg akan tertulis di raport ...

    Sebaiknya begitu. Aplikasi Excel yang mas berikan itu, menurut saya pribadi, jauh dari unsur simple. Ada banyak hal yang dapat disederhanakan, namun entah mengapa tidak dilakukan oleh pembuatnya ...

    @farud ... iya mas ...

    Iya apa mas @Farud ...?

    @farud ... klo untuk mendapatkan deskripsi seperti file terlampir bagaimana caranya ...

    Yang paling simple, gunakan kolom bantu, namun bisa juga menggunakan macro. Terlampir dengan menggunakan kolom bantu.

    Demikian, semoga bermanfaat.

  9. terimakasih mas caton atas jawabannya dan maaf merepotkan mas caton terus...biar saya pelajari dulu file yang mas caton berikan ini
    kembali ke masalah sebelumnya mas saya lagi mempelajari juga apa yang mas caton berikan cuma ada rumus

    =IF(LEN($H5),AcakIndeksBaris(0,$H5),"")

    untuk mendapatkan "AcakIndeksBaris" ini klo boleh tau darimana ya mas...?????
    atas jawabannya saya sampaikan terimakasih

  10. Caton

    Agu 22 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin
    Di sunting 5 minggu lalu oleh Caton

    @farud ... terimakasih mas caton atas jawabannya dan maaf merepotkan mas caton terus ...

    Sama-sama mas, saya coba bantu semampu saya. Selama yang ditanyakan jelas, tidak ambigu, dan tidak membuat pusing ... :)

    @farud ... untuk mendapatkan AcakIndeksBaris ini klo boleh tau darimana ya ...

    =IF(LEN($H5),AcakIndeksBaris(0,$H5),"")

    Buka VBE (VBA Editor — ALT F11), buka modul Module1, dan temukan prosedur :

    Function AcakIndeksBaris(PrevIndex As Long, MaxRow As Long) As Long

    Prosedur tersebut dikenal sebagai UDF atau User Defined Function, fungsi yang didefinisikan oleh pengguna. Layaknya fungsi-fungsi bawaan Excel (seperti SUMPRODUCT, COUNTIF dan sebagainya), kita juga dapat membuat prosedur sendiri yang akan mengembalikan nilai-nilai tertentu (dalam VBA dikenal sebagai FUNCTION, berbeda dengan prosedur SUB, yang bertujuan untuk mengerjakan proses tertentu tanpa mengembalikan nilai).

    Contoh sederhana, buat sebuah prosedur seperti berikut:

    Function Hitung(Nilai As Long) As Long
        Hitung = Nilai * 5
    End Function

    Lalu pada sembarang sel, masukkan formula:

    =Hitung(A1)

    dimana sel A1 berisi nilai numerik sembarang. Atau bisa juga:

    =Hitung(25)

    Demikian, semoga bermanfaat.

  11. gak kepikiran ada script VBA di module mas..biar saya pelajari dulu mas dan terimakasih atas penjelasan dan juga file hasil bongkarannya...semoga mas @Caton selalu dilindungi Allah panjang umur dan banyak rejekinya.aamiinn

  12. Caton

    Agu 22 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin

    @farud ... semoga mas @Caton selalu dilindungi Allah panjang umur dan banyak rejekinya ...

    Allahumma Aamiin. Semoga kebaikan serupa untuk mas @Farud. Aamiin.

  13. Mas @Caton...mau minta petunjuknya lagi mas saya sudah buat formula deskripsi seperti yg mas @Caton berikan cuma ada masalah kadang muncul masalah ketika diubah siswanya.contoh KD Qur-dits ada 3 tapi yang diambil sampai KD ke 4 sehingga hasil deskripsi jadi tidak ada keterangnnya (tidak setiap ganti siswa terjadi hal seperti ini ).untuk lebih jelasnya file terlampir

  14. seperti ini mas

  15. Caton

    Agu 23 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin
    Di sunting 5 minggu lalu oleh Caton

    @farud ... Yang saya blok kuning ini fungsinya untuk mencari nilai tertinggi kd yang harus diambil ya ...

    Salah. Yang diblok kuning itu indeks kolom maksimum per baris data mata pelajaran. Contoh untuk indeks data AH01A, kolom maksimumnya adalah 2, untuk indeks data AH07A kolom maksimumnya adalah 3 dan sebagainya.

    @farud ... saya sudah buat formula deskripsi seperti yg mas @Caton berikan cuma ada masalah kadang muncul masalah ketika diubah siswanya.contoh KD Qur-dits ada 3 tapi yang diambil sampai KD ke 4 sehingga hasil deskripsi jadi tidak ada keterangnnya (tidak setiap ganti siswa terjadi hal seperti ini ) ...

    Untuk formula pada sel AD24:

    =IFERROR(INDEX(data.KD3;MATCH(INDEX(mupel;MATCH($AB24;INDEX(mupel;0;2);0);1)
    & TEXT($S$1;"00") & $T$1;indeks.KD3;0);COLUMNS(data.KD3));"")

    pada bagian formula:

    TEXT($S$1;"00")

    harusnya merujuk kepada kelas siswa (sel W7), bukan merujuk kepada indeks data siswa (sel S1).

    Saran saya, sebaiknya, di sel AA7 dibuatkan formula:

    =$W$7

    dan di sel AA8 dibuatkan formula:

    =IF($W$8="Ganjil";"A";"B")

    dan formula pada sel AD24 diubah menjadi:

    =IFERROR(INDEX(data.KD3;MATCH(INDEX(mupel;MATCH($AB24;INDEX(mupel;0;2);0);1)
    & TEXT($AA$7;"00") & $AA$8;indeks.KD3;0);COLUMNS(data.KD3));"")

    dan sel AG24 formulanya diubah menjadi:

    =IFERROR(INDEX(data.KD4;MATCH(INDEX(mupel;MATCH($AB24;INDEX(mupel;0;2);0);1)
    & TEXT($AA$7;"00") & $AA$8;indeks.KD4;0);COLUMNS(data.KD4));"")

    Demikian.

  16. 4 minggu lalu

    terimakasih buat mas caton dan maaf baru balas soalnya baru balik dari mudik hehehehe...
    sudah saya terapkan mas dan sudah bisa namun ketika diubah nama siswanya,KD yang diambil tetap itu2 saja untuk semua siswa.contoh di al-qur'an hadits yang diambil KD 3.1 dan KD 3.3 maka dari siswa no.urut 1 sampai akhir KD yang diambil tetap KD 3.1 dan KD 3.3
    bisa tidak mas KD yang dipilih itu bergerak dinamis setiap ganti siswa..?
    atas bantuannya saya sampaikan terimakasih

  17. Caton

    Agu 26 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin
    Di sunting 4 minggu lalu oleh Caton

    @farud ... ketika diubah nama siswanya,KD yang diambil tetap itu2 saja untuk semua siswa ...

    Formula dikolom AF dan kolom AI (misalkan pada sel AF24 dan AI24) masih kurang tepat. Contoh pada sel AF24 dan AI 24 yang masing-masing berisi formula:

    AF24 = IF(LEN($AE24);AcakIndeksBaris($AE24;2);"")
    AI24 = IF(LEN($AH24);AcakIndeksBaris($AH24;2);"")

    yang mana kedua sel seharusnya berisi formula:

    AF24 = IF(LEN($AE24);AcakIndeksBaris($AE24;$AD24);"")
    AI24 = IF(LEN($AH24);AcakIndeksBaris($AH24;$AG24);"")

    @farud ... bisa tidak mas KD yang dipilih itu bergerak dinamis setiap ganti siswa ...

    Pada prosedur Function AcakIndeksBaris, tambahkan baris script seperti berikut:

    Function AcakIndeksBaris(PrevIndex As Long, MaxRow As Long) As Long
        Dim lIndex As Long
        Dim bDone As Boolean
        
        '+-- Tambahkan baris script berikut:
        Randomize
        Application.Volatile
        
        If (MaxRow > 0) Then
            ...
        End If
    End Function

    Namun, perubahan atau pengacakan indeks KD tetap bergantung kepada banyaknya jumlah kolom data yang akan diambil. Bila jumlah kolom data ada 3, hanya ada 6 kemungkinan kombinasi KD yang muncul (n^2 - n).

    Selain itu, karena proses memunculkan nilai bersifat acak, maka kombinasi yang muncul untuk setiap siswa kemungkinan akan berubah-ubah ketika terjadi perubahan indeks data siswa — mungkin mas @Farud sendiri sebenarnya sudah paham masalah ini. Untuk hal semacam ini, solusinya antara lain dengan membuat tabel yang berfungsi untuk menyimpan hasil proses penentuan indeks KD, dimana jika siswa terkait indeks KD-nya sudah ditentukan, maka data indeks KD diambil dari tabel. Jika belum, dilakukan proses penentuan indeks KD kemudian hasilnya disimpan pada tabel khusus tersebut. Dengan demikian, indeks KD-nya mejadi lebih konstan. Flowchart ± seperti berikut:

    Screenshoot008.png

    Bagaimana implementasinya, silahkan dipikirkan sendiri. Intinya, gunakan VBA agar nilainya langsung tersimpan.

    Demikian.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!