Membuat Fungsi IF Dengan Beberapa Syarat

  1. 5 bulan yang lalu
    Di sunting 5 bulan yang lalu oleh Dhimasanggoro

    Permisi agan-agan, mohon dibantu, saya mau buat rumus if dengan beberapa kondisi, namun masih salah saya buatnya. mudah-mudahan ada agan-agan yang bisa bantu. saya lampirkan file nya.

    terima kasih

  2. manweljs_

    Agu 15 Terverifikasi + 6.736 Poin

    @Dhimasanggoro saya lampirkan file nya...

    lampirannya di sebelah mana gan ?

  3. maaf gan @manweljs_ ketinggalan

  4. manweljs_

    Agu 15 Terverifikasi + 6.736 Poin
    Di sunting 5 bulan yang lalu oleh manweljs_

    @Dhimasanggoro

    coba dicek file terlampir, apakah demikian?

    oh iya, btw 20-50kg harusnya 21-50kg, karena nilai 20kg sudah dipakai disebelahnya

  5. agan @manweljs_ iya betul gan seperti itu. makasih banyak gan. makasih

  6. Pagi agan @manweljs_ mau nanya lagi.

    kalo ada penambahan nama shipper yang untuk Harga Nestle,bagaimana ya Gan?

    Tadinya kan hanya Nestle Indonesia saja, nah ini ada Unilever juga. jadi jika di kolom shipper ada nama Nestle Indonesia / Unilever maka menggunakan harga khusus Nestle.

    makasih Gan

  7. manweljs_

    Agu 21 Terverifikasi + 6.736 Poin

    @Dhimasanggoro

    tambahkan aja logika OR Unil*** pada formulanya , misalnya :

    =IF(OR(D3="Nestle Indonesia",D3="Unilever"),$G3*.....dst

  8. @manweljs_ @Dhimasanggoro

    tambahkan aja logika OR Unil*** pada formulanya , misalnya :

    =IF(OR(D3="Nestle Indonesia",D3="Unilever"),$G3*.....dst

    oke Makasih banyak Gan @manweljs_

  9. 6 minggu lalu

    Mas @manweljs_ untuk sheet "KONFIRMASI INVOICE AGENT" kolom H "RATE SISTEM" itu kalau ada penambahan nama shipper dengan rumus yang lebih sederhana gimana ya gan? bakal ada tambahan nama shipper "Danone" dan "Wyeth". Sebelumnya Mas @manweljs_ menyarankan begini

    tambahkan aja logika OR Unil*** pada formulanya , misalnya :

    =IF(OR(D3="Nestle Indonesia",D3="Unilever"),$G3*.....dst

    Makasih.

  10. manweljs_

    Des 10 Terverifikasi + 6.736 Poin

    @Dhimasanggoro ...untuk sheet "KONFIRMASI INVOICE AGENT" kolom H "RATE SISTEM" itu kalau ada penambahan nama shipper dengan rumus yang lebih sederhana gimana ya...

    bisa gak dilampirkan file yang ada datanya biar bisa dipelajari? file terlampir tidak ada datanya.
    coba di copy value dahulu formula yang link ke workbook lain sebelum di save as dan di dilampirkan ke diskusi ini.

  11. bisa gak dilampirkan file yang ada datanya biar bisa dipelajari? file terlampir tidak ada datanya.
    coba di copy value dahulu formula yang link ke workbook lain sebelum di save as dan di dilampirkan ke diskusi ini.

    Ini lampiran nya Mas @manweljs_ begini mas?

  12. manweljs_

    Des 10 Terverifikasi + 6.736 Poin
    Di sunting 6 minggu lalu oleh manweljs_

    @Dhimasanggoro ...Ini lampiran nya...

    sorry saya tambah bingung (^_^)/

    file yang saya maksud tidak ada data adalah file KONFIRMASI PENGECEKAN INVOICE AGENT.xlsx
    jadi yang saya ingin pelajari adalah file tersebut namun yang ada datanya.

  13. maaf Gan @manweljs_ , penjelasan saya bikin bingung hehe

    ini saya lampirkan file yang sudah disimulasikan, pada file ini di sheet "KONFIRMASI INVOICE AGENT" itu di kolom H "Rate Sistem" itu kalau ada nama "Unile**r, Ne**le Indonesia, maka akan akan mengambil data di kolom U,V,W,X,Y,Z (kolom ini diambil dari File "Master HPP 2018 for Agent - (Nestle Unilever Danone) Final".

    Nah pertanyaannya, kalo di kolom C "SHIPPER" nantinya akan bertambah nama shippernya seperti "Dan*ne, Wy*eth. itu bagaimana ya formulanya gan yang lebih sederhana.

  14. manweljs_

    Des 10 Terverifikasi + 6.736 Poin
    Di sunting 6 minggu lalu oleh manweljs_

    @Dhimasanggoro

    terlampir contohnya menggunakan kolom daftar Shipper Khusus, jadi kalau ada tambahan shipper tinggal ditambahkan saja di kolom tersebut

  15. jadi kalau ada tambahan shipper tinggal ditambahkan saja di kolom tersebut

    ini di kolom AC ya mas @manweljs_ ditambahin nya?

    *10^5 ini fugsinya apa ya Mas? kalo ga keberatan boleh dikasih tau mas kegunaan nya?

  16. manweljs_

    Des 10 Terverifikasi + 6.736 Poin
    Di sunting 6 minggu lalu oleh manweljs_

    @Dhimasanggoro ...ini di kolom AC ya mas...

    iya betul, untuk saat ini batasnya sampai AC19, kalau lebih banyak harus diedit rangenya pada formula, lebih tepatnya pada bagian :

    =IF(ISNUMBER(MATCH(TRIM($C4),$AC$4:$AC$19,0)).... <--bagian AC4:AC19

    @Dhimasanggoro *10^5 ini fugsinya apa ya ...

    bagian formula untuk yang Shipper Khusus :

    ...INDEX($V4:$AA4,,SUMPRODUCT((MIN(($F4>$V$2:$AA$2)*10^5+COLUMN($V$2:$AA$2)))-COLUMN($U$2)))...


    formula tersebut tujuannya adalah mengambil nilai dari Kolom INDEX V4:AA4

    kolomnya yang mana akan ditentukan oleh fungsi MIN. jika pada F4 nilanya adalah 23 maka F4>V2:AA2 akan menghasilkan

    {23>1,23>10,23>20,23>50,23>100,23>100000} = {TRUE,TRUE,TRUE,FALSE,FALSE,FALSE}


    nilai ini kemudian dikalikan dengan 10^5 (100000) menjadi :

    {100000,100000,100000,0,0,0}
    
    Note :
    TRUE * 100000 = 1 * 100000 = 100000
    FALSE * 100000 = 0 * 100000 = 0

    hasil ini kemudian ditambahkan dengan nilai Kolom V2:AA2 menjadi :

    {100000,100000,100000,0,0,0} + {22,23,24,25,26,27} = {100022,100023,100024,25,26,27}


    nilai MIN dari array tersebut adalah 25, kemudian dikurangi nilai kolom U2 :

    25 - COLUMN(U2) = 25 - 21 = 4

    maka INDEX kolom ke 4 dari V4:AA4 = Y4 = Kolom 21-50 Kg

    perhitungan seperti ini dimungkinkan dengan menggunakan SUMPRODUCT sebagai pengganti Array Formula

    demikian yang bisa saya jelaskan.

  17. Makasih banyak Mas @manweljs_ udah dibantu.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!