buat form login dengan password yang ada dalam daftar

  1. 3 bulan yang lalu

    bagaimana membuat form login yang passwordnya sudah ada dalam daftar file terlampir.kepada mas caton dan semua master excel disini saya mohon bantuannya

  2. Caton

    Agu 10 Terverifikasi Indonesia + 12.596 Poin

    Mas @Farud ...

    Tergantung maunya bagaimana. Saya buatkan contoh script sederhana seperti pada file terlampir. Silahkan dipelajari dan dimodifikasi. Kalau tidak sesuai, silahkan didiskusikan kembali...

  3. sudah hampir sesuai mas caton..cuma ketika form login terbuka saya ingin sheet excelnya itu tertutup dulu baru setelah login baru terbuka

  4. dan juga mas..ketika form login muncul apabila dipilih cancel malah masuk ke sheet-nya tersebut..mohon bantuannya dari dua hal ini

  5. Caton

    Agu 10 Terverifikasi Indonesia + 12.596 Poin

    Untuk menyembunyikan jendela aplikasi Excel, gunakan script:

    Application.Visible = False

    misalkan pada saat Workbook dibuka, pada prosedur Sub Auto_Open:

    Sub Auto_Open()
        Application.Visible = False
        Percobaanku Sheet4.Name
        UserForm1.Show
    End Sub

    dan pada module UserForm1, pada Event Procedure CmdLogin_Click, pada blok jika login berhasil, tambahkan script untuk menampilkan jendela Excel:

    ...
    If Err.Number = 0 Then
       '+-- Blok script jika NSM ditemukan!
       MsgBox "Anda berhasil login! Index NSM #" & lIndex, vbInformation Or vbOKOnly
       '+-- Tambahkan script berikut, untuk menampilkan
       '+-- kembali jendela Excel!
       Application.Visible = True
       Unload Me
    Else
       '+-- Blok script jika NSM tidak ditemukan!
       MsgBox "NSM tidak ditemukan!", vbCritical Or vbOKOnly
       TextBox1.SetFocus
    End If
    ...

    @farud ... ketika form login muncul apabila dipilih cancel malah masuk ke sheet-nya tersebut ...

    Ya... itu khan memang sebatas contoh mas. Mau bagaimana proses selanjutnya jika pengguna membatalkan login, khan saya tidak tahu. Beikut saya kasih contoh script jika pengguna membatalkan login (menekan tombol CANCEL), maka proses akan menampilkan jendela Excel sekaligus menutup Workbook:

    Private Sub CmdCancel_Click()
        Unload Me
        Application.Visible = True
        Application.DisplayAlerts = False
        ThisWorkbook.Close
    End Sub

    Atau berikut ini jika pengguna membatalkan login (menekan tombol CANCEL), maka proses akan menampilkan jendela Excel dan menampilkan sheet OKE:

    Private Sub CmdCancel_Click()
        Unload Me
        Application.Visible = True
        With Sheet5
            .Visible = xlSheetVisible
            .Select
        End With
        Sheet4.Visible = xlSheetVeryHidden    
    End Sub

    Demikian.

  6. untuk kasus yang kedua dimana ketika klik cancel sudah bisa mas,cuma kasus yg pertama ketika form login terbuka sheet excel dibelakangnya juga masih ikut terbuka.mohon solusi selanjutnya

  7. Sub Auto_Open()
    Application.Visible = False
    Percobaanku Sheet4.Name
    UserForm1.Show
    End Sub

    Script ini saya tempatkan di workbook gak bisa & saya gantikan yang ada di module juga tetap gak bisa mas..mohon bantuannya

  8. Caton

    Agu 11 Terverifikasi Indonesia + 12.596 Poin
    Di sunting 3 bulan yang lalu oleh Caton

    Mas @Farud ...

    Setiap kali sebuah Workbook dibuka, jika macro aktif dan pada Workbook tersebut terdapat script macro, Excel biasanya akan mencari 2 buah prosedur yang masuk kategori Autorun Macro, yakni Sub Workbook_Open pada modul ThisWorkbook, atau Sub Auto_Open pada modul Standard. Excel akan mencari dan mengeksekusi prosedur Sub Workbook_Open (jika prosedur ini ada) terlebih dahulu kemudian mencari dan mengeksekusi Sub Auto_Open (jika prosedur ini ada).

    Demikian juga saat Workbook ditutup. Excel biasanya akan mencari prosedur Sub Workbook_BeforeClose pada modul ThisWorkbook (jika prosedur ini ada), baru kemudian mencari dan mengeksekusi Sub Auto_Close pada modul Standard (jika prosedur ini ada).

    Dengan demikian, seharusnya jika mas @Farud menggunakan modul ThisWorkbook, maka scripnya ± dapat disusun sebagai berikut:

    Private Sub Workbook_Open()
       Application.Visible = False
       UserForm1.Show
    End Sub

    atau jika menggunakan module Standard, maka scriptnya ± terlihat sebagai berikut:

    Sub Auto_Open()
        Application.Visible = False
        Percobaanku Sheet1.Name
        UserForm1.Show
    End Sub

    Gunakan salah satu event procedure saja untuk menampilkan Login Form-nya. Jangan letakkan di kedua prosedur. Cukup gunakan Sub Workbook_Open saja, atau cukup gunakan Sub Auto_Open. Begitu juga jika ada script-script tambahan yang harus dieksekusi saat file dibuka, letakkan di salah satu prosedur, kecuali jika ada alasan tertentu yang mengharuskan script-scriptnya dipisah. Meski secara umum antara Sub Workbook_Open dan Sub Auto_Open sama, namun beda keduanya:

    Sub Workbook_Open akan dieksekusi saat file dibuka secara manual maupun secara otomatis, misalkan saat Workbook dibuka melalui script dari Workbook berbeda. Jika kedua prosedur ada, maka prosedur ini akan dieksekusi terlebih dahulu.

    Sayangnya, jika script berikut ini dieksekusi:

    Application.EnableEvents = False

    simsalabim... prosedur seperti Sub Workbook_Open atau Sub Workbook_BeforeClose tidak akan tereksekusi ... Jadi, pastikan dengan cermat script-scriptnya akan diletakkan dimana! Psst...! Jangan bilang siapa-siapa ya ... :D :D :D

    Sub Auto_Open hanya akan dibuka saat file dibuka secara manual. Jika tidak salah, prosedur ini untuk kompatibiltas dengan versi Excel sebelum 2003. Jadi, bisa dikatakan prosedur Sub Workbook_Open adalah versi update dari prosedur Sub Auto_Open.

    Catatan: Coba mas @Farud buka kembali modul Module1 pada file Tes - Login.xls tersebut, pastinya mas akan melihat prosedur Sub Auto_Open ada pada modul tersebut. Mas @Farud sudah menggunakan prosedur tersebut, cuma (mungkin) lupa ... :)

    Terlampir contoh yang sudah saya modifikasi. Saya gunakan event procedure pada modul ThisWorkbook. Untuk prosedur Sub Auto_Open dan Sub Auto_Close saya hapus saja.

    Demikian, penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat.

  9. Alhamdulillah sudah sesuai mas caton...untuk sementara sekian dulu tapi mungkin kapan2 ada pertanyaan lagi tentang hal lain.terimakasih banyak dan semoga mas caton panjang umur,sehat selalau dan semoga ilmunya barokah.aamiinn....

  10. Caton

    Agu 11 Terverifikasi Indonesia + 12.596 Poin

    Alhamdulillah. Allahumma Aamiin. Terima kasih atas do'anya. Semoga kebaikan dan keberkahan juga kepada mas @Farud. Dan semoga saya pun tetap bisa membantu... :) Aamiin.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!