cara menghitung probabilitas

  1. 3 bulan yang lalu

    Selamat siang semua,

    Saya mau tanya, apakah ada rumus yang dimana kita punya master data mengenai unit price, terus kita punya satu nilai katakan X.
    Terus kita bikin rumus dimana, rumus tersebut menjumlahkan seluruh master data unit price sampai mendapatkan nilai X tersebut. Tidak harus sama persis dengan nilai X, mendekati nilai X sekalipun tidak masalah.
    Lengkapnya ada di file excel ya bapak dan ibu sekalian.
    Mohon sekali untuk bantuannya.
    Terima kasih

  2. manweljs_

    Agu 2 Terverifikasi + 5.718 Poin

    @ferdy

    bisa ditambahkan penjelasannya? itu yang merah2 10 baris maksudnya untuk apa? coba diberikan contoh hasil yang diinginkan.

    atau jika ada teman2 yang sudah paham, silahkan di bantu saudara @ferdy

  3. Caton

    Agu 2 Terverifikasi Indonesia + 12.523 Poin

    @ferdy ...

    Sebelumnya maaf, saya tidak paham mengenai hitung-hitungan probabilitas (matematika). Meski Excel bisa digunakan untuk hal tersebut, namun karena saya tidak paham dasarnya, jadi saya melakukan pendekatan melalui formula Excel umum saja. Setahu saya, (mungkin) mas @diditsatriyadi yang lebih paham masalah probabilitas. Sayangnya, beliau sudah lama tidak ikut memberikan solusi-solusi ... mungkin sibuk dengan Excelin Aja ... (^_^)/ :)

    Terlampir contoh yang bisa saya berikan. Selain dengan formula, mas @ferdy juga bisa mencoba menggunakan Excel Add-In Solver . Dari beberapa kali percobaan, saya lihat hasilnya mendekati target nilai yang dicari (lihat contohnya pada sheet SOLVER). Di Excel 2010, tampilannya seperti berikut:

    Screenshoot004.png

    Demikian, semoga bermanfaat... ;)

  4. diditsatriyadi

    Agu 2 Terverifikasi Surabaya + 1.103 Poin

    malam mas @Caton, jumpa lagi iya ini belum sempat bantu2 seperti dulu lagi.. penjelasan mas @Caton sudah tepat dengan tiga teknik itu, ditotal perbaris hingga mendekati nilai target, atau disort descending dulu baru dijumlah hingga mendekati nilai target..
    kalo dengan kombinasi 0 dan 1 secara manual tidak disarankan, karena jika terdapat n buah data nilai maka kombinasinya adalah 2 pangkat n (2^n) walaupun menggunakan vba sekalipun prosesnya sangat lama..
    menggunakan solver juga merupakan solusi yang baik, namun sekali lagi kembali ke keinginan mas @ferdy seperti apa... selamat mencoba dan belajar :)

  5. manweljs_

    Agu 2 Terverifikasi + 5.718 Poin

    ternyata mas @diditsatriyadi kalo dicolek gatal juga ya :P

    nuhun

  6. Caton

    Agu 2 Terverifikasi Indonesia + 12.523 Poin

    Wah ... Akhirnya mas @diditsatriyadi hadir juga. Terima kasih atas kehadiran dan ulasannya mas ... :) Tetap ditunggu solusi-solusinya. Terkait soalan dari mas @ferdy ini, saya sempat mencoba dengan menentukan frekuensi munculnya nilai, namun hasil akhirnya tidak memuaskan, jadi saya pakai yang mudah saja. Mungkin saja mas @diditsatriyadi punya trik-trik lainnya yang bisa disumbangkan?

    Oia, mengenai kombinasi 0 dan 1 itu, asli itu bukan buatan saya. Jadi pas mencoba dengan Solver, hasil akhir dari solver itulah yang berupa angka 0 dan 1. Kedua bit tersebut yang nantinya dijadikan acuan mana saja nilai yang ada pada sel disebelahnya yang masuk kualifikasi nilai akhir. Namun, untuk solusi dengan Solver ini, sebagaimana yang mas @diditsatriyadi sampaikan, memang tidak disarankan jika jumlah datanya cukup banyak. Setidaknya, dengan contoh data yang ada saja, butuh 2 sampai 3 menit dengan metode Evolutionary — klo dengan metode GRG Non Linear, malah harus dihentikan prosesnya secara manual ... :) Namun hasilnya memang lebih baik dari formula yang saya buat.

    Sekali lagi terima kasih buat mas @diditsatriyadi. Semoga jika mas @diditsatriyadi senggang, bisa tetap memberikan masukan-masukan dan solusi di forum ini. ... :)

    Buat mas @ferdy silahkan dicoba solusi di atas dengan formula. untuk solusi dengan Solver, sebenarnya tidak sulit prosesnya, namun lain waktu saya jelaskan. Klo untuk VBA, saya persilahkan kepada rekan-rekan lain untuk memberikan solusinya... ;)

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!