MENGHITUNG KARYAWAN TERLAMBAT, TIDAK ABSEN DAN PULANG CEPAT DALAM 1 RUMUS

  1. 2 bulan yang lalu

    Teman2 mau tanya nih, misal mau cari rumus untuk menghitung karyawan yang terlambat, cepat pulang dan tidak absen gimana ya dengan rumus excel????jadi ketika kita narik eksport data dari mesin finger pindah ke excell maka nanti muncul karyawan karyawan yang terlambat, cepat pulang dan tidak absen ( dalam 1 rumus ).Mohon bantuan ya teman2.. ^_^

  2. Caton

    Jul 20 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin

    Sayangnya mbak Dewi Prasetiyawati tidak melampirkan contoh data atau contoh hasil yang diinginkan, jadi cuma bisa menebak saja maksud yang mbak jelaskan di atas. Misalkan saja seperti ilustrasi berikut:

    Screenshoot002A.png

    sel di bawah header KETERANGAN (mulai sel D6) berisi formula inti sebagai berikut:

    =CONCATENATE(IF(B6="";"TIDAK ABSEN MASUK, ";"");IF(C6="";"TIDAK ABSEN PULANG, ";"");IF(B6>$C$2;"TELAT MASUK, ";"");IF(C6<$C$3;"PULANG CEPAT, ";""))

    Apakah demikian yang dimaksud? Jika tidak sesuai, sebaiknya lampirkan contoh data dan hasil yang mbak Dewi inginkan... :)

  3. manweljs_

    Jul 20 Terverifikasi + 5.020 Poin

    mas @Caton

    gimana caranya ngilangin koma di akhir statement yg dihasilkan formula tersebut?
    misalnya :
    Capture.PNG

    dari formula tersebut kan harusnya ada koma (,) di akhir PULANG CEPAT

  4. Caton

    Jul 20 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin
    Di sunting 2 bulan yang lalu oleh Caton

    Mas @manweljs_ ...

    Iya... pake fungsi SUBSTITUTE ... ;) Selengkapnya:

    =SUBSTITUTE(CONCATENATE(IF(B6="";"TIDAK ABSEN MASUK, ";"");IF(C6="";"TIDAK ABSEN PULANG, ";"");IF(B6>$C$2;"TELAT MASUK, ";"");IF(C6<$C$3;"PULANG CEPAT, ";""));", ";"";IF(($B6="")+($C6="")+($B6>$C$2)+($C6<$C$3)>0;($B6="")+($C6="")+($B6>$C$2)+($C6<$C$3);1000))

    Karena saya cuma mau menjelaskan formula intinya, jadi gak semua formula saya tampilkan. Ini khan hanya akal-akalan saja mas, biar enak melihat hasil akhirnya... :D

  5. manweljs_

    Jul 20 Terverifikasi + 5.020 Poin
    Di sunting 2 bulan yang lalu oleh manweljs_

    nah, kan jadi cocok sama hasilnya ;) :P

  6. Saya mau tanya bgm menghitung akumulasi keterlambatan utk menjadi alpha (tidak absen/tidak masuk) karena keterlambatan, misalnya seorang pns setiap hari terlambat berarti ybs terlambat dihitung 7,5 jam. Terima kasih

  7. Caton

    Jul 22 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin

    Mbak @Medyana melyasari ...

    Sayang sekali mbak juga tidak melampirkan contoh yang diinginkan, sehingga tidak dapat dipastikan bagaimana hasil yang sebenarnya mbak inginkan. Mungkin mbak bisa gunakan fungsi COUNTIF atau fungsi COUNTIFS untuk menghitung jumlah keterlambatan dan fungsi SUMIF atau fungsi SUMIFS untuk menghitung jumlah jam keterlambatan. Mungkin mbak bisa lihat dan pelajari dari contohnya terlampir. Mungkin saja sesuai... ;)

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!